Tips Memilih Hewan Qurban yang Tepat Pada Moment Idhul Adha

0

Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari besar lain yang dikenal sebagai Idhul Adha. Agak berbeda jika dibandingkan dengan Idhul Fitri karena disini ada tradisi menyembelih hewan qurban, tentunya bagi mereka yang berqurban, nantinya daging dari hewan tersebut akan dibagikan kepada para umat muslim. Hal ini sama seperti tradisi berbagi kepada orang lain, mengingat pada dasarnya memang tidak semua orang mampu untuk makan daging setiap saat.

Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan agar nantinya Anda bisa wujudkan keinginan untuk berqurban, mulai dengan menabung, buka tabungan qurban Anda jauh-jauh hari dan bisa digunakan ketika waktunya tiba. Dalam hal berqurban sendiri tentunya Anda juga harus selektif dalam memilih hewan yang akan diqurbankan tersebut, tidak boleh dilakukan secara sembarangan, berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Ketahui hewan qurban yang urutannya paling afdol, mulai diantaranya adalah unta, sapu kemudian domba dan juga kambing. Untuk unta dan sapi bisa digunakan oleh 7 orang, sedangkan domba dan kambing hanya untuk 1 orang.
  2. Usahakan untuk memilih hewan yang jantan, karena lebih diutamakan dibandingkan dengan hewan betina.
  3. Utamakan juga untuk memilih hewan yang bertanduk dibandingkan dengan yang tidak.
  4. Pilihlah hewan terbaik, diantaranya adalah yang memiliki ciri-ciri badannya gemuk, warna yang putih bersih lebih diutamakan dan juga dalam kondisi yang sehat. Tidak terindikasi memiliki penyakit tertentu, apalagi yang dapat menular kepada manusia.
  5. Lebih diutamakan juga bagi orang berqurban yaitu mereka yang menyembelih dengan tangannya sendiri, namun tidak masalah jika seandainya memang ingin diwakilkan.

Bank Syariah Bukopin termasuk salah satu lembaga keuangan yang nyatanya memang menawarkan produk khusus untuk tabungan rencana seperti qurban ini, meskipun jangka waktunya pendek namun cocok untuk Anda yang sudah sejak lama berencana ini berqurban. Masih banyak juga diantara produk-produk unggulan lainnya yang mereka miliki, seperti diantaranya adalah pembiayaan modal kerja syariah yang memang menjadi salah satu favorit masyarakat, patut dipertimbangkan untuk Anda yang ingin memulai bisnis, namun terkendala modal.