Mengukir Kenangan Romantis di Tepian Sungai Mahakam, Samarinda

0
Samarinda lebih dikenal sebagai Kota Tepian karena letak geografisnya yang berada di sepanjang alur tepian Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Dulunya, Sungai Mahakam menjadi urat nadi utama penunjang transportasi warga Samarinda. Kini ketika transportasi darat semakin maju, Sungai Mahakam tetap menjadi primadona untuk dikunjungi karena pesonanya yang mampu menghadirkan kenangan indah. Masih banyak pula perahu yang beroperasi namun untuk tujuan wisata.
Pemandangan Syahdu Matahari Terbenam di Tepian Sungai Mahakam

Sungai Mahakam (Sumber: edratna.wordpress.com)
Sore hari menjadi saat yang tepat untuk melepas penat. Jika Anda berada di Samarinda, cobalah untuk mencari udara segar dengan berjalan-jalan keliling kota. Salah satu tempat favorit warga untuk menikmati sore adalah di sepanjang tepian Sungai Mahakam. Pemerintah daerah setempat telah menata taman-taman di tepi sungai sedemikian rupa sehingga nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih.
Anda bisa berjalan menyusuri sungai atau sekadar duduk-duduk sembari menikmati kudapan jagung bakar dan minuman hangat yang banyak dijual. Sambil bercengkerama hangat bersama orang terkasih, tak terasa waktu bergulir cepat dan hari mulai menuju senja. Pemandangan matahari yang berangsur menghilang ke arah barat di atas sungai memendarkan cahaya kekuningan menjadi suguhan utama. Sebuah momen romantis yang akan terkenang lama dalam memori.
Apresiasi Budaya di Festival Mahakam yang Melegenda
Tiap tahun diadakan sebuah festival di Samarinda yang berpusat di tepi Sungai Mahakam. Festival yang terselenggara sejak tahun 1999 ini memang bertujuan mendongkrak pariwisata Samarinda dan daerah sekitarnya di Kalimantan Timur. Festival Mahakam ini biasanya diadakan tiap bulan November. Catat waktunya di agenda Anda sehingga bisa mencari tiket promo jauh-jauh hari.
Di festival ini akan ada banyak lomba tradisional menarik yang patut untuk disimak. Misalnya saja lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu tambangan, balap perahu naga, hingga lomba jetski. Pengunjung juga akan disuguhi banyak hiburan menarik di sekitar lokasi, seperti pertunjukan band, penjual kuliner khas Samarinda, serta penjual suvenir tradisional. Sangat cocok bagi Anda yang hendak berburu buah tangan untuk saudara dan teman.
Agenda lain yang tak kalah menarik adalah penampilan permainan alat musik Sape khas Samarinda. Selain itu, ada pula penampilan pertunjukan tradisional lain seperti parade penari Hudoq (tarian tradisional Dayak), kesenian Tajong Samarinda, hingga lomba tari kreasi daerah. Pada beberapa kesempatan juga diselenggarakan penampilan musik jazz yang menambah semarak suasana festival. Setelah itu, festival biasanya akan ditutup dengan pawai budaya yang diikuti oleh peserta dari dalam bahkan hingga luar negeri.
Mewujudkan Kenangan Indah di Samarinda
Sungai Mahakam (Sumber: ariputuamijaya.wordpress.com)
Indonesia memiliki banyak tujuan pariwisata menarik yang perlu dieksplorasi lebih jauh. Jika Anda hendak berlibur namun belum terpikirkan tujuan yang pasti, Samarinda bisa menjadi alternatif. Apalagi ditambah dengan atraksi wisata yang sangat menarik di tepian Sungai Mahakam. Anda tentu tak ingin kehilangan momen untuk menciptakan kenangan indah bukan?
Nah, ada baiknya Anda mempersiapkan liburan dengan baik sejak sekarang. Namun tenang saja, kini ada aplikasi Airy yang akan mempermudah hidup Anda dalam mencari akomodasi liburan. Mau memesan tiket pesawat Batik Air tujuan Samarinda? Anda tinggal buka aplikasinya dan pilih tiket yang paling sesuai. Semua transaksi bisa dipastikan aman dan tanpa penipuan.

Airy juga memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik dengan adanya banyak kemudahan. Misalnya saja fasilitas refund dan reschedule yang bisa dimanfaatkan apabila terjadi kendala dalam pemesanan tiket Anda. Bahkan, jika beruntung Anda bisa merasakan promo khusus yang sering ditawarkan. Segera amankan tiket liburan Anda ke Samarinda sekarang juga ya!