Jenis dan Tips Memilih Muffler Sepeda Motor Yamaha

0
Jenis dan Tips Memilih Muffler Sepeda Motor Yamaha – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Jenis dan Tips memilih Muffler Sepeda Motor Yamaha. Salah satu suku cadang terpenting Sepeda motor adalah Muffler. Ada banya jenis muffler yang dijual dipasaran, namun salah satu yang terbaik adalah Muffler sepeda motor Yamaha. Kehandalannya tidak perlu diragukan lagi, karena terbuat dari bahan berkualitas prima.
Seiring perkembangan zaman, knalpot pada sepeda motor tidak hanya memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan, namun juga ikut andil dalam urusan tampilan sepeda motor (begitu juga mobil, dkk). Selain bentuk dari knalpot tersebut, posisi penempatannya pun bervariasi. so, bagaimana posisi knalpot dari kebanyakan motor di Indonesia? pasti anda tahu, dan akan kita ulas berikut ini.

Side Exhaust/Knalpot Samping
Ya, knalpot ini sangatlah familiar, dan inilah yang mungkin tadi terbesit di dalam pikiran anda. Jenis penempatan knalpot ini yang banyak digunakan pada motor yang ada di Indonesia. Penempatannya, dari lubang knalpot pada mesin diarahkan ke bagian samping kanan/kiri sepeda motor. Kebanyakan motor masih menggunakan jenis ini.
MV Agusta Brutale 675
Jenis knalpot yang ke-2 ini biasanya ada pada varian motor sport. Mulai terkenal ketika diterapkan pada Ducati 916 pada era 90-an. Penempatannya, dari lubang knalpot pada mesin diarahkan ke bagian bawah jok/seat. Umumnya, ujung knalpot berada dibawah stoplamp sepeda motor. Anda bisa melihatnya pada Yamaha R1, Ducati 916.
Underbelly/Knalpot Kolong
Jenis knalpot ini sudah mulai banyak diterapkan pada varian motor sport. Membuat motor terlihat lebih simple dan good looking, berbeda dengan 2 jenis sebelumnya, knalpot ini memiliki leher knalpot yang lebih pendek. Penempatannya, dari lubang knalpot pada mesin diarahkan ke bagian bawah bodi. Anda bisa melihatnya pada Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Ducati Panigale-series. Dari ketiga jenis tersebut, menurut anda manakah yang paling anda sukai? Manakah yang paling cocok untuk motor anda? Silahkan berkreasi memodifikasi sepeda motor anda dengan salah satu jenis knalpot diantara tiga jenis diatas. Bila mungkin ada jenis knalpot berdasarkan penempatannya yang lain lagi, Digaspol mohon kerja sama agan untuk menuliskan pada kolom komentar dibawah.
Karena pentingnya Muffler Sepeda Motor, maka berikut ini beberapa tips dalam memilih muffler motor:
Kualitas Bahan, Bahan itu sangat penting untuk ketahanan dan keawetan muffler , karena bila bahan muffler  jeles akan memperingkat ketahanan muffler . Ada beberapa bahan muffler  yaitu Galvanis, Bahan ini di pasaran sangat gampang di temukan dan harganya juga murah, dalam proses pengelasan sangat mudah karena tidak memerlukan las khusus, tetapi kekurangannya bahan galvanis ini mudah berkarat dan ketahananya tidak begitu baik. Stainles Steel, bahan ini sangat banyak digunakan di dunia otomotif terutama di  komponen muffler , keuntungannya anti karat dan bahannya sangat kuat baik menterap panas, bagus di pandang, kekurangan harus memerlukan las khususu seperti las argon. Titanium, bahan ini sangat susah ditemukan, dan jarang yang memakai bahan titanium, keuntungannya Bahan sangat ringan dan kuat, pada pansa tertentu  akan berubah warna, dan menyerap panas sangat baik, kekurangan dari bahan titanium ini harganya mahal, dan susah ditemukan untuk gahan titanium yang 80 %. Jadi teman -teman bisa pilihn 3 bahan tersebut sesuai dengan kebutuhan.
Pilih muffler  racing yang asli, karena Barang yang Kw itu tidak menjamin kekuatan dan kualitasnya, jadi teman -teman jika pingin awet dan kualitas bagus pilih muffler  yang asli, banyak ko muffler  - muffler  racing lokal yang bagus dan sudah teruji , contohnya seperti gambar . tetapi kalau teman - teman pingin membuat sendiri, cari bahannya yang bagus dan berkualitas supaya bisa memperpanjang keawetan muffler  teman - teman.
Tujuan dan mengenali karakter mesin, teman -teman harus tau tujuan membeli muffler  racing apakah buat keperluan balap, untuk meningkatkan performa atau cuma sekedar untuk tampilan. Paling penting harus mengetahui karakter mesin sepeda motor teman -teman, supaya teman -teman bisa memperkirakan karakter muffler  seperti apa yang harus dibeli, jangan sampai salah kaprah atau salah membeli, kebanyakan orang sering salah kaprah dan asal membeli muffler  akibatnya malah menurunkan performa mesin, dan akhir nya muffler  tersebut tidak di pakai atau dijual kan mubazir teman - teman .
Desain atau tipe muffler , Sesain muffler  sangat berpengaruh terhadap performa mesin dan pembuangan gas buang yang di buang melalui lubang Ex, Untuk mesin sepeda motor standar hindari diameter leher muffler  yang terlalu besar karena gas sisa pembakaran yang di buang melalui muffler  akan terlalu los dan menyebabkan tenaga mesin tidak maksimal dan tidak ada tenaganya. Pengaruh Silincer juga penting kalau pingin power atasannya ngisi pakai silincer yang pancang, dan jika pingin bawahan dan tengahnya lebih galak bisa pakai ukuran silincer yang pendek. Muffler  racing untuk mesin standar cari diameter pipa leher yang lebih besar sedikit dengan knlapot standar bawaan, misalkan yang pertama menentukan Diameter pipa sepeda motor diameter pipa lehernya 17 mm, teman - teman cari muffler  racing yang ukurannya lebih besar dari 17 seperti 20 mm yang penting jangan terlalu kebesaran karena itu sangat berpengaruh. Yang kedua, teman - teman bisa mengukur dengan ukuran piston / seher motor anda, dan bisa juga dengan mengukur besar lubang klep keluaran menggunakan feeler gauge.[ki]