Earphone, Alat kecil Sangat Membantu, Bagaimana Cara Memilihnya?

0
Earphone, Alat kecil Sangat Membantu, Bagaimana Cara Memilihnya? – Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan review salah satu alat kecil namun sangat urgent bagi kita, yup Earphone salah satu peralatan yang membantu kita dalam memperjelas komunimasi di Telepon Seluler, Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga. Beberapa orang sering merasa kebingunan saat hendak membeli earphone. Earphone yang dibeli hendaknya berkualitas, nyaman digunakan saat dipasang di telinga, dan menghasilkan suara jernih. Berikut cara memilih earphone yang berkualitas.

  • Perhatikan Spesifikasi Earphone. Selain kebutuhan jenis musik dan bentuknya, Anda juga harus memerhatikan spesifikasi yang ada di dalam earphone. Beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan antara lain frekuensi, impedance, dan sensitivitas. Perhatikan kemampuan earphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar dikatakan berkualitas baik. Rentangnya semakin lebar berarti kualitasnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya dan semakin tinggi frekuensi atasnya berarti semakin baik pula. Hal ini berarti earphone akan bisa memperdengarkan suara-suara yang memiliki frekuensi rendah yang mungkin saja biasanya tidak terdengar. Misalnya, frekuensi 4 Hz – 30.000 Hz. 4 Hz merupakan suara bass, sedangkan 30.000 Hz merupakan suara treble. Apabila frekuensi ujungnya semakin tinggi, maka semakin lengkap pula kualitas audionya.
  • Perhatikan Budget Yang Anda Miliki. Hal ini merupakan hal yang paling penting. Setelah menimbang jenis, bentuk, dan spesifikasi, sesuaikan budget atau keuangan yang Anda miliki. Biasanya, semakin tinggi kualitas earphone, berarti semakin mahal pula harganya. Jangan tergiur oleh barang non original atau KW karena pasti tidak akan tahan lama. Setelah membeli earphone yang berkualitas sesuai dengan selera Anda, jangan lupa melakukan burn-in agar lebih bekerja optimal. Burn-in merupakan tahap proses untuk memaksimalkan kemampuan driver. Karet pada earphone akan menjadi lebih lentur. Komposisi suara yang akan dihasilkan juga lebih optimal. Burn-in dapat dilakukan dengan cara memutar lagu selama 20 jam lebih dengan volume suara tidak terlalu tinggi. Selama proses tersebut berlangsung, kualitas suara akan berubah
  • Bentuk dan style earphone. Ada beberapa macam bentuk headphone, jadi sebelum anda memilih anda pikirkan baik-baik bentuk headphone seperti gimana yang mau dibeli. Ada 3 macam headphone yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga).
  • Kegunaan earphone. Anda juga harus menentukan headphone jenis apa dengan dengan selera musik yang anda suka. Seperti lagu metal, hip hop cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass jedag jedug, suara agak kecil). Aliran rock, klassik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang) dsb.
  • Perhatikan Kebutuhan Jenis Musik. Sebelum membeli earphone, sebaiknya perhatikan kebutuhan yang Anda butuhkan. Kebutuhan ditentukan dari musik yang akan didengar. Lihat jenis musik apa yang Anda sukai dan paling sering didengarkan. Tiap jenis musik memiliki karakteristriknya sendiri-sendiri. Misalnya, jenis musik hip hop dan metal cocok dengan earphone berjenis warm yang memiliki output suara cenderung bass karena suara vokal akan lebih pelan dibanding suara bass. Sedangkan aliran musik rock dan klasik lebih cocok dengan earphone berjenis bright yang mengeluarkan suara cenderung treble.
  • Pilih Bentuk Earphone. Setelah menentukan kebutuhan jenis musik, sekarang pilih bentuk earphone yang sesuai dengan selera Anda. Pilihlah bentuk earphone yang membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya di lubang telinga. Pilih earphone berjenis IEM yang menutupi seluruh lubang kuping atau Earbud yang menempel saja di lubang telinga, tetapi tidak masuk.[ki]