Apa Saja Penyebab Sakit Gigi

0
Apa Saja Penyebab Sakit Gigi – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai apa Itu sakit gigi dan cara mengobati sakit Gigi. Sakit gigi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terbentur, gigi sensitif, atau gangguan pada gusi. Namun, penyebab sakit gigi berkepanjangan yang paling umum adalah gigi berlubang tanpa perawatan. Gigi berlubang, awalnya terbentuk dari plak gigi. Plak gigi adalah lapisan yang berisi bakteri. Sehingga, jika kita tidak rutin menyikat gigi dengan cara yang benar, plak akan terus menumpuk. Lalu, bakteri di plak lama-kelamaan akan merusak lapisan gigi, dan menyebabkan gigi berlubang. Pertama, bakteri akan merusak lapisan gigi paling luar, yaitu enamel. Pada tahap ini, gigi belum akan terasa sakit, tapi lubang kecil sudah terbentuk. Anda mungkin akan merasakan makanan jadi sering tersangkut. Setelah itu, bakteri akan merusak lapisan gigi kedua, yaitu dentin. Lapisan ini merupakan lapisan gigi yang sensitif. Apabila lubang sudah mencapai lapisan ini, gigi Anda akan mulai terasa sakit, terutama saat mengunyah, atau mengonsumsi makanan yang panas dan dingin. Jika sudah mencapai dentin, dan gigi berlubang belum juga dirawat, maka inilah yang menjadi cikal bakal penyebab sakit gigi berkepanjangan. Banyak orang membiarkan giginya berlubang hingga sangat besar. Siapa di antara Anda yang hanya minum obat ketika gigi yang berlubang terasa sakit? Ini adalah kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan. Lubang yang terus dibiarkan, lama-kelamaan akan meluas hingga ke lapisan terdalam gigi, yaitu pulpa atau saraf gigi. Jika sudah sampai di tahap ini, infeksi bakteri di gigi Anda bisa menyebabkan sakit gigi yang teramat sangat. Bahkan, tanpa ada rangsang nyeri apapun.

Cara Mengobati Sakit Gigi
  • Minyak cengkeh. Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh terbukti efektif sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol juga menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut. Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup dengan meneteskannya pada kapas yang disentuhkan pada bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Cara lainnya adalah melarutkan minyak cengkeh dalam segelas air dan digunakan sebagai obat kumur. Penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi tidak disarankan untuk anak karena berisiko menelan terlalu banyak.
  • Bawang putih. Bawang putih adalah bahan rumah tangga lain yang biasa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Allicin inilah yang membantu mengurangi bakteri dalam mulut hingga mengakibatkan sakit gigi. Anti bakteri juga menekan risiko terjadinya plak pada gigi. Bagi yang ingin mencobanya, bawah putih bisa dihancurkan terlebih dulu menjadi pasta. Campuran bawang putih bisa ditambah garam secukupnya sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lainnya bawang putih segar langsung dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya yang sangat kuat.
  • Daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki sifat anti radang dan anti mikroba yang membantu menyembuhkan luka serta meringankan sakit gigi. Untuk cara mengobati sakit gigi, daun jambu biji bisa langsung dikunyah untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. Sebelum mengunyah daun jambu biji sebaiknya pilih yang lunak dan sudah dicuci bersih. Cara lainnya adalah dengan merebus daun jambu dan menggunakannya sebagai obat kumur. Daun jambu biji telah terbukti efektif sebagai obat jangka pendek dengan efeknya yang cepat. Setelah sakit terasa lebih ringan sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Kumur air garam. Menggunakan air garam untuk kumur adalah cara mengobati sakit gigi darurat yang sering diterapkan di rumah. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Untuk mengaplikasi cara ini, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Larutan tersebut selanjutnya digunakan sebagai obat kumur saat sakit gigi. Seperti aplikasi metode lain, disarankan segera ke dokter jika sakit gigi terasa lebih baik usai kumur dengan air garam.
  • Kantong teh peppermint. Riset menyatakan, peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol juga memberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Bagi yang ingin mencoba cara ini bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Suhu kantong teh jangan terlalu panas sebelum diaplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Cara lainnya adalah menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin membantu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi sebelum berkonsultasi ke dokter.[]