Ragu Untuk Liburan Ke Luar Negeri Karena Masih Pemula, Ikuti Tips Ini Yuk!



Berlibur memang hal yang lumrah bagi sebagia orang, namun tekadang bagi sebagian lain hal ini cukup sulit dilakukan. Berlibur di dalam negri mungkin cukup mudah untuk pemula sekalipun, karena selain banyak kesamaan yang dimiliki (bahasa, budaya, agama, adat, nilai, dan lainnya), akses menuju lokasi juga terbilang mudah. Namun hal ini berbeda ketika ingin berlibur ke luar negeri, karena banyak perbedaan yang cukup dignifikan, berikut ini ada tips yang perlu diperhatikan untuk pemula yang belajar berlibur ke luar negeri.

     Persiapkan dokumen selengkap mungkin
Cek situs pemesanan tiket pesawat untuk memesan tiket saat akan melakukan perjalanan, termasuk saat ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat bermaksud untuk liburan ke luar negeri, hal pertama bagi pemula yang ingin liburan ke luar negeri adalah menyiapkan dokumen-dokumen pribadi dengan lengkap. Dokumen yang paling penting sudah pasti paspor dan visa. Dokumen-dokumen tersebut akan sangat kamu butuhkan jika ingin pergi ke luar negeri. Buatlah paspor paling tidak 3 bulan sebelum keberangkatan.
Selain sebagai dokumen untuk bisa masuk ke negara orang, kadang paspor juga diperlukan untuk memesan tiket pesawat. Tidak mungkin juga kan kamu pesan tiket ke luar negeri dadakan? Setelah memiliki paspor, maka dokumen yang perlu disiapkan selanjutnya adalah visa jika negara yang menjadi tujuan liburan kamu tidak memberlakukan bebas visa. Jika semua dokumen sudah siap, rencana liburan ke luar negeri pun bisa langsung terlaksana.

     Buatlah detail perjalanan sedetail mungkin
Tips liburan ke luar negeri bagi pemula selanjutnya setelah semua dokumen siap adalah membuat detail perjalanan. Buatlah catatan hal apa saja yang akan kamu  lakukan saat liburan ke luar negeri nanti. Jika kamu kesulitan untuk membuat detail perjalanan, kamu bisa melihat di web-web travel ataupun travel blogger dengan keyword ‘panduan liburan blab la bla’.
Jangan lupa juga cari tahu lokasi-lokasi wisata menarik da tempat menginap di negara tersebut. Hal lainnya yakni mencari tahu detail transportasi umum serta rute-rute perjalanannya, jika semua detail perjalanan sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, kamu tidak akan mengalami kesulitan saat tiba di luar negeri.

     Tukarkan rupiah kamu menjadi kurs negara tujuan berlibur
Pesan penginapan di situs hotel murah lewat reservasi.com unuk mendapatkan harga yang miring dengan kualitas terbaik saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri, kemudian jangan lupa juga untuk menukarkan uang rupiah menjadi kurs negera yang ingin dikunjungi.
Hal ini sangat penting, karena tidak semua negara mau menerima rupiah sebagai alat transaksinya. Tukarkan uang rupiah kamu di money changer sebelum berangkat ke luar negeri. Sebisa mungkin tukarlah uang kamu di money changer lokal. Jangan kamu tukar di bandara karena akan jauh lebih mahal.

     Belajar bahasa Inggris
Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah mempunyai bekal bahasa Inggris. Jika kamu berniat untuk berlibur ke luar negeri, maka kamu harus bisa mempunyai kemampuan bahasa Inggris walaupun itu pasif. Kemampuan bahasa Inggris sangat penting saat di luar negeri karena bahasa tersebut merupakan bahasa Internasional yang bisa dipahami oleh semua orang.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa lokal negara tujuan liburan kamu, kamu pasti akan menemukan banyak kesulitan. Akan tetapi jika kamu hanya ingin berlibur ke Malaysia, maka tak perlu belajar berbahasa Inggris karena mayoritas orang Malaysia mengerti bahasa Indonesia yang mirip dengan bahasa melayu.

     Pesanlah akomodasi dari Indonesia
Memesan akomodasi jauh-jauh hari dari sebelum keberangkatan adalah tips selanjutnya, cek situs pemesanan tiket pesawat untuk memilih jenis transportasi yang diinginkan. Selain dapat mempermudah perjalanan liburan, dengan memesan akomodasi terlebih dahulu kamu bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Dengan begitu, kemungkinan untuk salah pesan dan over budget tidak akan pernah terjadi.
Pilihlah akomodasi atau penginapan yang dekat dengan tujuan wisata kamu, dengan begitu kamu akan menghemat biaya untuk sekedar naik kendaraan umum  menuju lokasi wisata. Pilihlah juga penginapan yang nyaman dan fasilitas yang cukup lengkap sehingga liburan kamu akan menjadi lebih berkesan.

     Bawalah bekal makanan
Tak ada salahnya menyiapkan perbekalan saat berlibur ke luar negeri, hal ini karena kamu belum tentu cocok dengan makanan khas dari negara tujuan kamu tersebut. Selain itu, jika kamu seorang muslim, terkadang akan sedikit sulit menemukan restoran makanan halal di luar negeri.
Kamu bisa membawa bekal mie instan, sambal, abon, saos dan kecap yang bisa kamu makan jika tidak menemukan makanan yang sesuai. Selain itu, dengan membawa bekal dari rumah, kamu akan bisa sedikit menghemat biaya untuk membeli makanan. Jangan lupa bawa bekal sesuai selera dan segera cek situs hotel murah di reservasi.com untuk menemukan penginapan yang sesuai dengan harapan.

     Carilah informasi sebanyak mungkin tentang negara yang akan kamu datangi
Tips liburan ke luar negeri yang terakhir adalah carilah sebanyak mungkin informasi tentang negara yang akan kamu datangi. Yang terpenting adalah informasi tentang cuaca dan suhu udara agar kamu tidak salah menyiapkan kostum atau pakaian. Hal penting lainnya adalah mencari tahu tentang apa yang boleh dan apa yang dilarang dilakukan di negara tersebut. Jika kamu kurang informasi akan hal-hal tersebut, kamu akan mengalami masalah saat berlibur nanti.

Itulah beberapa tips saat ingin berlibur ke luar negeri, berbagai persiapan yang akan membantu perjalanan kamu meski masih pemula ketika berada di luar negeri. Sering-seringlah cek situs pemesanan tiket pesawat untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik saat akan berlibur ke luar negeri, jangan lupa juga untuk mendapatkan promo penginapan agar budget yang dikeluarkan setidaknya berkurang sedikit.