Cara Mengirimkan Naskah Buku Ke Penerbit Ombak Terbaru 2023

Cara Mengirimkan Naskah Buku Ke Penerbit Ombak Terbaru 2023 - Setiap penerbit memiliki alur tersendiri dalam proses penerbitan buku. Namun, sebenarnya garis besarnya sama. Kepada para Penulis yang kami banggakan, berikut ini kami sampaikan prosedur pengajuan naskah di Penerbit Ombak:

  1. Kirimkan naskah Anda ke alamat redaksi: redaksiombak@yahoo.co.id dengan kelengkapan berupa daftar isi, isi, daftar pustaka, profil penulis. Apabila sebelumnya Anda sudah berkomunikasi dengan salah satu redaksi baik melalui pertemuan langsung, melalui surat, WA, atau alamat komunikasi lain, sampaikan dalam email tersebut dan tujukan alamat email kepadanya untuk memastikan bahwa Anda dengan salah satu redaksi sudah saling mengenal dan pernah ada pembicaran. Redaksi yang merasa dituju akan langsung merespons dan pembicaraan akan berlangsung dengan cepat karena dalam pembicaraan sebelumnya biasanya telah terjadi kesepakatan-kesepakatan. Meskipun jika sebelumnya tidak berkomunikasi pun, itu tidak akan menjadikan komunikasi berjalan lambat.
  2. Email yang Anda kirimkan akan dikonfirmasi oleh staf redaksi Setiap ada email yang masuk, lazimnya redaksi langsung merespons. Namun, adakalanya email agak lama direspons. Nah, jika dalam waktu seminggu belum ada balasan, ulangilah mengirimkan email. Karena bisa jadi, email yang Anda kirimkan sebelumnya belum masuk. Dalam proses inilah perkenalan Anda dengan redaksi yang pernah terjalin berfungsi. Karena, selain Anda mengirimkan lewat email, Anda dapat konfirmasi secara langsung melalui WA, telepon, atau SMS.
  3. Naskah di-reviuw. Proses ini membutuhkan waktu minimal 1 bulan. Reviuw meliputi ketepatan dan tingkat kebaruan tema, tata bahasa, struktur tulisan, nilai informasi, background penulis dan relevansinya dengan naskah, dan pangsa pasar. Redaksi yang mengenali backgroud Penulis biasanya lebih cepat dapat memutuskan naskah tersebut akan diterima atau tidak. Tentu saja tetap dengan pertimbangan kualitas. Proses tersebut bisa jadi membutuhkan waktu lebih dari 1 bulan karena banyaknya naskah yang masuk. Anda memiliki hak untuk bertanya ulang kepada redaksi.
  4. Naskah diterima atau naskah ditolak, Apabila naskah diterima?. Naskah yang sesuai dengan kualifikasi akan segera dikonfirmasi kembali oleh redaksi. Apabila naskah Anda sudah lengkap, redaksi biasanya tidak meminta untuk ada penambahan pembahasan lagi. Namun jika ada informasi yang belum jelas, biasanya akan diberikan catatan-catatan. Proses ini bisa saja terjadi dalam proses dummy (coba-cetak). Segera setelah itu Anda akan diminta untuk mengirimkan alamat sesuai KTP, NPWP, dan nomor rekening untuk melengkapi data dalam surat perjanjian. Redaksi akan mengirimkan dalam bentuk softcopy sebelum mencetak dan mengirimkan via pos. Proses pengerjaan yang berjalan lancar untuk satu naskah berjalan selama 3 bulan. Namun, jika antrean naskah yang ada di Penerbit banyak, biasanya memakan waktu lebih panjang dari itu. Apabila naskah ditolak? Softcopy: Naskah yang dikirimkan via email dan sudah diunduh oleh Penerbit akan langsung dihapus setelah konfirmasi penolakan kepada Penulis. Hardcopy: Naskah yang dikirimkan via kurir akan disimpan oleh penerbit dan Penulis wajib mengambil naskah tersebut di kantor Penerbit dengan menunjukkan identitas. Apabila dalam jangka waktu 1 bulan naskah tersebut tidak diambil, Penerbit tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hilangnya naskah tersebut.[ki]