12 Tempat Wisata Terpopuler di Toraja Tahun 2022

12 Tempat Wisata Terpopuler di Toraja Tahun 2022 – Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) adalah salah satu tujuan wisata populer di Indonesia, bahkan dekade 70 an sampai 80 an, Toraja adalah destinasi wisata populer kedua setelah pulau Bali. Beberapa keunikan yang bisa ditemukan adalah adanya upacara pemakaman Rambu Solo yang mana menjadi tradisi untuk menghormati para leluhurnya. Ada juga tradisi yang disebut cukup memicu adrenalin karena beberapa orang diketahui tidak berani menyaksikan langsung cara menyembelih kerbau Ma’Tinggoro Tedong. Meski begitu, tempat-tempat wisata yang ada di Toraja juga patut untuk dieksplor disamping adanya keunikan dari segi kultur dan budaya. Nah berikut ini 12 tempat wisata toraja yang layak anda kunjungi tahun 2022 nanti.

Wisata Londa

Tempat wisata di Toraja berikutnya adalah Wisata Londa. Rasanya tidak sah kalau tak menyempatkan diri ke Wisata Londa ini jika memang sudah singgah di Tana Toraja. Londa merupakan sebuah kompleks kuburan yang ada di sebuah tebing batu besar.  Bahkan Londa ini juga diketahui dikelilingi oleh pegunungan sehingga memberi suasana yang begitu sejuk dan menyegarkan. Ada sensasi berbeda ketika memasuki Londa karena bernuansa gaib dan banyak gua dengan lubang pada tebing yang sengaja dipahat sebagai tempat peti yang berisi mayat. Penempatan mayat ini tak boleh sembarangan dan sesuai dengan garis keluarga. Lokasi Wisata Londa berada di sekitar 7 Km dari Kota Rantepao dan sering dijadikan sebagai salah satu taman rekreasi Toraja paling banyak dikunjungi turis.

Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori


Ada yang berbeda dari tempat wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori ini. Pengunjung bisa melihat banyaknya batu menhir atau batu berdiri. Batu ini memang sengaja didirikan dengan fungsi sebagai bukti untuk menghormati para tetua adat atau keluarga bangsawan yang sudah meninggal di ratusan tahun silam. Sebab, batu menhir ini juga sudah berusia ratusan tahun serta cocok untuk dijadikan spot foto saat berkunjung ke Toraja. Kompleks Megalit Kalimbuang Bori ini berada di kecamatan Sesean. Pengunjung akan mudah menemukan tempat ini karena sudah begitu terkenal di masyarakat sekitar.

Gumuk Pasir Sumalu


Tak hanya itu, Anda bahkan juga bisa menemukan wisata gumuk pasir di tempat ini. Bentuk gumuk pasir yang berbukit dan padat ini memberikan pengalaman yang eksotis untuk dinikmati. Tentunya, Anda bisa mendapatkan pemandangan indah dengan menilik matahari terbit dan tenggelam dari Gumuk Pasir Sumalu. Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk camping dan berfoto.

Wisata Batutumonga

Wisata Batutumonga merupakan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, desa ini memiliki pemandangan alam yang masih begitu terjaga. Pengunjung bisaa melihat adanya Kota Rantepao dari ketinggian mencapai 1300 M diatas permukaan laut. Keberadaannya memang cukup tinggi dan banyak orang yang menyebutnya dengan negeri di atas awan. Waktu paling tepat berkunjung adalah pada sore hari dimana pemandangan yang tersaji begitu indah. Wisata Batutumonga berada di Kabupaten Toraja Utara. Tempatnya juga tak jauh dari lokasi wisata yang ada di Toraja lainnya.

Wisata Ollon

Ollon menawarkan sebuah hamparan bukit hijau yang cukup luas dan cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu atau akhir pekan bersama. Pengunjung bisa menginap dengan mendirikan tenda ala berkemah dengan suasana sejuk udara bukit serta keindahan alam di sekelilingnya. Tempat ini juga disebut cocok dijadikan taman bermain untuk anak-anak dengan bukit yang luas dan nyaman. Wisata Ollon berada di Bau, Bonggakaradeng. Pengunjung juga bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai spot foto prewedding atau sebatas foto biasa bersama teman-teman.

Mata Air Tilanga

Wisata yang satu ini juga termasuk sebagai destinasi unik yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Mata air yang sangat bersih dipadu dengan pemandangan yang alami ini menghadirkan pengalaman menarik. Uniknya, wisata yang satu ini juga menghadirkan mitos berupa moa atau belut berkuping berwarna putih. Pasalnya, belut tersebut dapat membawa keberuntungan.

Air Terjun Sarambu Assing

Jika ingin berjelajah di tempat-tempat yang segar dan menyejukkan, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di Air Terjun Sarambu Assing. Air terjun ini berasal dari sumber mata air yang ada di pegunungan sehingga airnya memang begitu dingin dan segar ketika memutuskan untuk berenang. Tergolong wisata baru yang masih berada di pelosok dan akses juga belum maksimal. Sehingga, bagi para pengunjung yang ingin datang sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang kuat. Air Terjun Sarambu Assing ini berada di Lembang Patongan, Kecamatan Bittung. Kondisi jalan masih berupa jalan setapak yang tidak memungkinkan jika pengunjung membawa kendaraan bermotor untuk sampai di lokasi.

Agrowisata Pango-Pango

Pango-pango dengan agrowisata kopi yang terletak di kawasan dataran tinggi ini seringkali dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Tempat ini menawarkan keindahan yang memukau dengan menghadirkan bentang alam menarik dan potret Kota Makale yang sangat megah. Tentunya, tempat yang satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam menyaksikan sunset di sore hari. Anda tentu tidak usah khawatir jika mengunjungi tempat ini. Karena lokasi yang berada di dataran tinggi ini juga menyediakan fasilitas memadai, seperti gazebo dan kamar mandi untuk para pengunjung. Tentunya, Anda bisa mengeksplor tentang kopi toraja secara lebih rinci sembari menikmati berbagai keindahan yang dihadirkan.

Wisata Kete Kesu

Wisata ini merupakan desa yang indah dan unik. Mereka yang berkunjung ke desa Kete Kesu sangat bisa melihat pemandangan yang menyegarkan. Adanya view menakjubkan serta udara yang masih alami dan tidak terpapar polusi merupakan daya tarik terbesar. Desa ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang memang dikenal dengan Tongkonan.  Rumah adat ini disebut sebagai tempat untuk menyimpan mayat sementara sebelum nanti dikebumikan. Lokasi dari Kete Kesu ini ada di 4 Km dari Rantepao. Desa yang menjadi objek wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena berada di kawasan perbukitan dan persawahan sehingga mampu memberi pemandangan yang memanjakan mata kita.

Patung Yesus Buntu Burake

Mengunjungi tanah toraja merupakan pengalaman unik yang mengasyikkan. Anda bahkan bisa menemukan patung tertinggi di dunia pada tempat ini. Ikon wisata setinggi 40 meter di atas Bukit Buntu Burake ini bahkan mampu mengalahkan ketinggian patung Kristus Penebus di Brazil. Tentunya, wisata menarik yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan mengunjungi wisata yang satu ini, Anda dapat melihat panorama indah Kota Makale beserta gunung yang membentang luas mengelilingi Tanah Toraja. Patung yang berada pada ketinggian 1.700 mdpl tersebut telah banyak menarik perhatian wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri untuk menikmati keindahan yang dihadirkannya.

Wisata Museum Ne' Gandeng

Ada yang berbeda dari tempat wisata ini. Dulunya, bangunan tersebut merupakan sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng. Meninggal di tanggal 3 Agustus 1994 silam dan prosesinya dilakukan dengan begitu detail. Sebab, masyarakat Toraja sendiri juga dikenal sebagai pribadi yang begitu menghormati para leluhur. Tak heran kalau pemerintah setempat akhirnya menjadikan lokasi pemakaman ini sebagai museum. Bahkan Museum Ne’ Gandeng juga menjadi perhatian dunia sebagai objek wisata yang paling diminati. Lokasi Museum Ne’ Gandeng ini berada di Desa Pelang. Para wisatawan bisa mengunjungi museum ini tepatnya ada di Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan.

Tongkonan Palawa'

Bagi Anda yang tertarik dengan berbagai adat dan sejarah, wisata yang satu ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, Tongkonan Pallawa ini merupakan destinasi wisata yang dihadirkan dengan legenda menarik dan nuansa yang menyenangkan untuk Anda nikmati. Desa adat tertua yang menampilkan rumah adat atau tongkonan ini memiliki penampilan yang sangat megah. Mengunjungi tempat ini sama halnya dengan menggali berbagai sejarah yang ada di dalamnya. Anda bahkan akan menemui rumah adat yang dipadu dengan hutan kecil dan banyak pohon. Menariknya, Tongkonan Pallawa ini memiliki situs pemakanan langka yang berjarak 1 km dari desa untuk Anda gali sejarahnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.[ki]