Cara Tepat Mencuci Baju Bayi Anda

0

Cara Tepat Mencuci Baju Bayi Anda – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share informasi mengenai Cara mencuci baju bayi.Buat Anda yang baru saja menjadi orangtua, tentu akan ada saat-saat di mana Anda merasa tidak tahu apa-apa dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan terkait si buah hati. Mulai dari bagaimana memilih botol susu yang sesuai, merk susu yang paling baik, bagaimana cara merawat bayi baru lahir, dan hal-hal lain yang notabene tergolong baru bagi Anda.

Cara Mencuci Baju Bayi
  • Baliklah pakaian bayi sebelum mencuci. Hal ini memang lebih baik Anda terapkan saat mencuci pakaian bayi, terutama bila baju bayi Anda termasuk buatan tangan. Baliklah pakaian bayi, dengan bagian dalam menjadi di luar, sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci guna menghindari pemudaran warna serta menjadikannya lebih tahan lama. Hal ini juga akan mencegah pakaian bayi lekas rusak di dalam mesin cuci.
  • Hindari menggunakan mesin pengering. Biasanya, Anda akan lebih memilih mesin pengering yang dapat mempercepat pengeringan pakaian bayi Anda. Namun, hal ini tidak terlalu baik untuk menghilangkan noda. Anda tidak bisa menggunakan deterjen penghilang noda karena biasanya deterjen jenis ini memiliki kandungan kimia kuat yang tidak baik untuk kulit si kecil yang sensitif. Nah, mengeringkan pakaian dengan cara tradisional, yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari akan membantu proses penghilangan noda sekaligus membuat pakaian bayi lebih wangi. Hebat, bukan?
  • Rendam baju dengan cara tradisional untuk noda membandel. Tips mencuci baju bayi yang terakhir adalah dengan meninggalkan mesin cuci dan merendam pakaian bayi terlebih dulu guna menghilangkan noda membandel.
  • Gunakan deterjen khusus baju bayi. Tips kedua dalam mencuci baju bayi adalah dengan menggunakan deterjen khusus baju bayi yang banyak dijual pasaran. Anda memang tidak perlu untuk memisahkan baju bayi dengan pakaian anggota keluarga lainnya. Namun, karena kulit bayi umumnya lebih sensitif dibandingkan orang dewasa dan remaja, Anda disarankan menggunakan deterjen khusus baju bayi. Biasanya, deterjen ini bebas dari bahan pewarna maupun parfum beraroma keras, dan bisa membantu mencegah munculnya ruam serta reaksi alergi pada kulit si buah hati. Hindari pula menggunakan pemutih pakaian atau pewangi pakaian, ya!
  • Belilah pakaian bayi yang bisa dicuci dengan mesin. Ya, tips pertama dalam mencuci bayi adalah pilihlah pakaian yang mudah dicuci dengan mesin saat Anda membelikannya untuk si buah hati. Pasalnya, kemungkinan besar Anda tidak akan punya tenaga untuk mencuci pakaian bayi dengan tangan, dengan segala kesibukan mengurusnya pada bulan-bulan pertama. Pilihlah pakaian yang terbuat dari katun, karena jenis ini nyaman untuk dikenakan bayi, tahan lama, dan mudah untuk dicuci. Jangan lupa pula untuk mencuci pakaian bayi yang baru dibeli, guna membersihkannya dari debu sekaligus melembutkan pakaian dan mencegah bayi terkena ruam kulit.
  • Cucilah baju bayi pada suhu yang tepat. Tips ketiga dalam mencuci baju bayi adalah dengan mencucinya pada suhu yang tepat. Berapakah suhu yang tepat? Umumnya, suhu yang tepat berkisar pada angka 30 -- 40 derajat Celcius. Meski begitu, Anda bisa tetap mencucinya pada suhu yang lebih rendah guna menghemat biaya dan tenaga. Jika terlalu panas, suhu tinggi dapat menyebabkan baju bayi lekas mengecil dari ukuran sebenarnya.[]