'Menguliti' Kampung Berseri Astra di Rappocini Makassar

0
'Menguliti' Kampung Berseri Astra di Rappocini Makassar – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai KBA Rappocini Makassar.  Astra Group Makassar, adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk yang berafiliasi mempunya berbagai program program strategis di tahun ini. Salah satunya yang cukup memonjol adalah KBA atau kampung berseri Astra yang untuk zona Sulawesi selatan di pusatkan di Kleuarahan Rappocini Kota Makassar. Jalan Rappocini Raya menjadi jalan protokol di Rappocini dan lewat jalan inilah saya bisa menuju kampung di dalam Rappocini. Akses paling mudah adalah melalui Lorong 3 atau Lorong 5 yang gerbang lorongnya ada di tepi Jalan Rappocini Raya.

Dulu ada istilah bahwa Rappocini adalah daerah texas di Makassar, bahkan ada beberapa menganggap Rappocini daerah menyeramkan, banyak tindakan kriminalitas dan sebagainya. Idiom itulah yang mau diubah, Kampung Berseri Astra mau mengubah anggapan negatif tentang lorong-lorong Rappocini menjadi sesuatu yang positif. Astra kemudian melalui program CSR-nya melaksanakan  banyak hal untuk Rappocini. Salah satu hal pertama yang diubah adalah kebiasaan warga untuk mengelola sampah. Ini berkaitan dengan gaya hidup sehat di Rappocini. Masyarakat awalnya sering membuang sampah di mana saja, di sudut-sudut kampung, di sungai, di lahan kosong. Mengingat hal tersebut bisa menimbulkan bibit penyakit, program Kampung Bersama Astra kemudian menginisiasi Bank Sampah di Rappocini.
Astra juga memberikan edukasi kesehatan melalui para penyuluh kesehatan lingkungan. Secara rutin ada edukasi dan pembelajaran baru bagi para penyuluh ini yang nantinya oleh para penyuluh akan disebarluaskan kepada warga secara rutin. Seiring waktu berjalan, kesehatan lingkungan di Rappocini pun meningkat seiring dengan kebersihan dan bebasnya sampah juga meningkatnya kesadaran warga. Di sisi pendidikan, Astra mendorong dibangunnya playgroup untuk anak-anak Rappocini. Ada bangunan kelas bermain di sudut lorong dengan fasilitasnya yang dikembangkan oleh Astra. Anak-anak Rappocini bebas bermain dan belajar di tempat ini, pengelolaannya dilakukan oleh warga Rappocini. Satu lagi yang dilakukan adalah pengembangan UMKM di Rappocini. Ternyata warga Rappocini sebelumnya memiliki banyak usaha kecil namun belum tergarap maksimal baik dari sisi produksi maupun pemasaran. Pendampingan Kampung Berseri Astra kemudian berfokus pada dua hal tersebut, warga dibina dengan memperbaiki proses produksi, dibantu membranding dengan packaging yang baik, juga diberikan cara-cara pemasaran yang lebih efektif. Atas pendampingan tersebut, beberapa UMKM di Rappocini kemudian melaksanakan  pemasaran dan mengalami peningkatan omzet. Setelah semua dilaksanakan, pembangunan fisik Rappocini kemudian dilakukan. Beberapa sarana prasarana diperbaiki, serta dilakukan pengecatan di rumah-rumah hingga menjadi warna-warni. Hal ini dilakukan dengan mengadaptasi kampung warna yang sebelumnya marak di berbagai daerah. Warna-warninya Rappocini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata baru di Makassar, sehingga orang-orang yang sebelumnya jeri dengan Rappocini bisa datang dan mengunjungi Rappocini. Sesuai filosopi Astra, Sejahtera Bersama Bangsa, kegiatan CSR ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial bagi seluruh Insan Astra. Harapan kami tentu saja bersama pemerintah dan warga menuju kehidupan kesejahteraan yang lebih baik, menjadi insan berguna, Sementara itu, Lurah Rappocini Aulia Arsyad, yang hadir sebagai tamu undangan para perayaan HUT tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Astra Group Makassar karena telah memilih Kelurahan Rappocini.[ki]