Inilah Daftar Negara Paling Kaya Di Dunia, Sekaya Apa Sih?

0
Berdasarkan laporan yang dilakukan oleh Internasional Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (World Bank), terdapat beberapa negara yang memiliki pendapatan perkapita terbesar sekaligus dinobatkan sebagai negara paling kaya di dunia. Nah, negara mana sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Qatar
Photo: pixabay.com
Qatar merupakan salah satu negara yang berada di Timur Tengah, negara ini terletak disebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab dan jika ingin mengunjunginya bisa langsung memesan tiket pesawat online murah menuju lokasi ini. Pada abad ke 19 perekonomian masyarakat Qatar berasal dari industri perikanan dan mutiara, namun di tahun 1930 perekonomi Qatar mulai surut akibat dari adanya persaingan budidaya mutiara dengan negara Jepang.
Nasib baik kembali memihak pada negara Qatar. Tahun 1940, ditemukanlah cadangan minyak bumi yang melimpah yang membuat Qatar bangkit dari keterpurukan ekonomi.  Qatar menjadi negara pengekspor minyak bumi dunia. Hal ini berimbas pada kenaikan ekonomi yang sangat signifikan. Pendapatan nasional negara ini mencapai lebih dari 165 milyar dolar pada tahun 2016 menurut data dari Bank Dunia. Rata-rata penduduk Qatar memperoleh penghasilan sekitar 1,7 milyar setiap tahun atau sekitar 150 juta perbulan.
Luxemburg
Photo: pixabay.com
Segera pesan tiket pesawat online di www.reservasi.com untuk membuktikan bahwa Luxemburg menjadi salah satu negara yang dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia. Negara yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 2.586 km persegi ini memiliki pendapatan nasional mencapai lebih dari 1 milyar dolar. Negara kecil ini dikelilingi oleh tiga negara maju seperti Jerman, Belgia dan Perancis yang membuat Luxemburg tidak hanya kaya dari segi ekonomi tetapi juga kaya akan budaya. Luxemburg sendiri memiliki tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemburg.
Negara ini memiliki tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah. Rata-rata penduduk Luxemburg memiliki pendapatan sekitar 1,3 milyar setiap tahunnya atau sekitar 110 juta setiap bulannya. Pendapatan negara ini berasal dari sector industri seperti industri karet dan baja.
Singapora
Photo: pixabay.com

Singapora merupakan salah satu negara di kawasan ASEAN yang masuk ke dalam  zona “rich country”. Negera yang terletak di ujung Semenanjung Malaya ini memiliki luas tak lebih dari 716 km persegi yang bahkan lebih kecil jika dibandingkan dengan Pulau Bali.

Karena letaknya yang sangat strategis, Singapura menjadi salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Pendapatan terbesar negara ini berasal dari sector pelayanan jasa, industri kimia dan beberapa sector ekonomi lainnya. Singapura menjadi salah satu negara terkaya di kawasan Asia dengan pertumbuhan infrastrukturnya yang terus berkembang. Rata-rata penduduk Singapura memiliki pendapatan sekitar USD 87.082 atau sekitar 1, 13 milyar setiap tahunnya.
Brunei Darussalam
Photo: pixabay.com
Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam negara terkaya di dunia selain Singapura. Negara kecil yang beribukota Bandar Seri Begawan ini merupakan negara pengeskpor minyak mentah dan gas ke seluruh dunia yang menjadi sumber pendapatan terbesar untuk negara ini.
Brunei Darussalam tercatat sebagai negara eksortir gas alam cair (liquid petroleum gas) terbesar di dunia. Perekonomian negara ini juga digerakkan oleh berbagai perusahaan dalam dan luar negeri serta didukung oleh  pemerintahan yang kuat. Perdapatan masyarakat Brunei rata-rata mencapai USD 79.710 atau sekitar 1,03 milyar setiap tahunnya. Ingin mencoba suasana di khas negara kya di Brunei, segera pesan tiket pesawat online di www.reservasi.com menuju negara tersebut.
Kuwait
Photo: pixabay.com
Satu lagi negara di kawasan Asia yang masuk ke dalam jajaran negara terkaya di dunia adalah negara Kuwait. Negara ini merupakan negara pengekspor minyak mentah dunia yang mencapai 10% atau sekitar 104 juta barel yang menjadi sumber penghasilan terbesar Kuwait. Kuwait dikenal memiliki sistem perbankan yang cukup baik dan mumpuni. Maka tak heran jika di negara yang bermata uang Dinar ini berdiri The Nasional Bank of Kuwait sebagai bank terbesar yang ada di arab.
Irlandia
Photo: pixabay.com
Ayo coba pesan tiket pesawat online murah menuju Irlandia, sebuah negara kecil yang terletak di bagian barat laut Eropa ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Negera yang dihuni oleh 4 juta jiwa dan termasuk anggota Uni Eropa ini termasuk ke dalam salah satu negara terkaya di dunia, dengan rata-rata penghasilan penduduknya mencapai USD 69.374 atau sekitar 902 juta rupiah.
Sebelum masuk kategori negara terkaya, Irlandia juga pernah mengalami krisis ekonomi. Hal ini disebabkan karena adanya krisis ekonomi global tahun 1995, namun berkat usaha dan kerja keras pemerintah, akhirnya kini Irlandi berhasil bangkit dari keterpurukan tersebut.
Norwegia
Photo: pixabay.com
Salah satu negara yang berada di benua Eropa ini merupakan negara dengan tingkat kemakmuran yang tinggi. Hal ini karena negara ini merupakan negara penghasil minyak mentah, gas alam,dan juga mineral. Penghasilan terbesar negara ini berasal dari minyak dan gas alam. Selain itu sector laut juga menyumbang sebagian income negara yang beribukota di Oslo ini. Pendapatan rata-rata penduduk Irlandia mencapai USD 69.295 atau sekitar 900 juta rupiah.

Ingin mencoba menikmati suasana di berbagai negara terkaya di dunia tersebut, segera lakukan pemesanan tiket pesawat online murah yang bisa dipesan dengan mudah menuju berbagai wilayah negara tersebut.[ki]