Mengenal Aplikasi Ujian Computer Based Test

Kita hidup di tengah kecanggihan teknologi yang menjadikan hampir seluruh kegiatan menjadi otomatis dan praktis. Nyaris seluruh bidang memanfaatkan keadaan ini, seperti bidang transportasi, komunikasi, ekonomi, pendidikan, dan masih banyak lagi. Tidak ada yang melewatkan kesempatan berdampingan dengan kecanggihan teknologi.

Di bidang pendidikan hal ini juga bisa kita lihat dari kegiatan pembelajaran yang bersifat online. Beberapa kesempatan interaksi guru dan siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran, pemberian tugas, dan ujian diselenggarakan secara online. Keadaan ini yang kemudian membawa kita pada satu kegiatan yang cukup berbeda dari sebelumnya, yaitu melaksanakan ujian dengan sistem komputer atau yang biasa dikenal dengan CBT (Computer Based Test).

CBT adalah metode penilaian yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Dalam penilaian hasil belajar, soal-soal disajikan melalui komputer dan hal ini memungkinkan untuk setiap peserta ujian mendapatkan soal yang berbeda satu dengan lainnya. Saat ini banyak sekali teknisi-teknisi yang berlomba-lomba mengembangkan aplikasi tes berbasis komputer atau aplikasi ujian online ini. Lalu apakah CBT ini benar-benar efektif digunakan? Mari kita simak beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode CBT.

Kelebihan CBT

1.    Menyesuaikan Diri dengan Perkembangan Teknologi

Kita tahu bahwa era digital adalah hal yang dekat dengan kehidupan kita saat ini. Turut menggunakannya adalah salah satu cara kita untuk menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Secara konvensional kita tahu pelaksanaan ujian menggunakan pensil dan kertas sebagai medianya dan tentunya hal tersebut sudah digunakan sejak bertahun-tahun lamanya. CBT hadir sebagai salah satu upaya untuk menjadikan pelaku di bidang pendidikan berkembang dan terbuka terhadap perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat.

2.    Menghemat Biaya

Metode PBT (Paper Based Test) yang biasa digunakan kita tahu cukup menguras biaya pengeluaran. Pasalnya penggandaan soal yang banyak menggunakan kertas akan memakan biaya yang tidak sedikit pula. Mengganti metode PBT dengan CBT tentu akan menghemat anggaran biaya pengeluaran. Jika diibaratkan, dengan satu komputer, kita bisa menyelenggarakan berkali-kali tes, sebab lembar jawab dan soal cukup dilihat menggunakan komputer.

3.    Menghemat Waktu

Bisa kita ketahui bahwa mempersiapkan ujian bukanlah satu hal mudah. Kita harus cermat dalam menyiapkan soal, jawaban, lembar soal, lembar jawab, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan menggunakan metode PBT. Kegiatan menggandakan, selain memakan biaya, juga cukup menyita waktu yang kita punya. Menggunakan metode CBT kita bisa menghemat waktu. Kita bisa mengalihkan waktu-waktu penggandaan juga pengemasan soal menjadi kegiatan lain.

4.    Hasil yang Lebih Cepat dan Akurat

Pelaksanaan ujian dengan metode CBT tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasil ujiannya. Sebab menggunakan sistem komputer, kita bisa langsung mengetahui hasil ujian kita saat itu juga. Hasil ujian juga lebih akurat dibandingkan dengan metode PBT. Dengan menggunakan sistem komputer, kita bisa meminimalisir kesalahan manusia (human error). Sudah disediakan sistem yang berfungsi untuk menghitung jawaban benar dan salah peserta ujian. Kita hanya perlu teliti dalam memasukkan kunci jawaban.

5.    Memudahkan Peserta Tes dan Mengerjakan Ujian

Menggunakan ujian berbasis komputer, peserta tes akan meminimalisir kebutuhan alat tulis yang biasanya harus dipersiapkan dengan matang. Peserta hanya perlu untuk melihat komputer, membaca soal dan menjawabnya dengan mengklik atau menuliskan langsung pada komputer.

6.    Ramah Lingkungan

Mengganti metode PBT dengan CBT berarti kita tengah turut menjaga kelestarian lingkungan. Pasalanya dengan metode CBT kita tidak perlu menghabiskan lebih banyak kertas. Hal ini tentu akan sangat meminimalisir kegiatan penebangan pohon di hutan-hutan. Akibatnya, lingkungan kita tetap hijau dan menekan kemungkinan banjir serta tanah longsor.

Kekurangan CBT

1.    Ketersediaan Hardware

Meski teknologi sudah berkembang pesat, tetapi tidak semua lapisan masyarakat bisa menikmatinya dengan mudah. Beberapa sekolah di kota-kota besar mungkin bisa dengan mudah mendapatkan akses internet sehingga melaksanakan ujian berbasis komputer bukanlah hal mewah. Namun untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil selalu mengalami masalah pada ketersediaan komputer. Tidak banyak komputer yang mereka miliki sehingga hal ini akan sangat menghambat pelaksanaan ujian dengan metode CBT.

2.    Server yang Lemah

Salah satu yang menjadi kekurangan metode CBT adalah memiliki server yang lemah. Pelaksanaan ujian berbasis komputer akan mengalami gangguan dan menjadi terhambat proses pengerjaannya apabila server yang dimiliki lemah, meskipun memiliki jumlah client yang banyak.

3.    Mengandalkan Energi LIstrik

Sebab menggunakan komputer sebagai media, tentu dalam pelaksanaannya kita membutuhkan energi listrik untuk mendukung jalannya ujian. Namun begitu, kita tidak bisa memprediksi hal-hal atau gangguan yang bisa menyebabkan ujian menjadi terhambat. Ketidaktersediaan listrik yang baik atau pemadaman tiba-tiba bisa membuat kegiatan ujian berbasis komputer menjadi tidak maksimal.

4.    Penglihatan Menjadi Cepat Lelah

Terlalu lama menatap layar komputer bisa menjadikan penglihatan menjadi lelah. Akibatnya tingkat fokus peserta ujian bisa menurun dan hasil yang didapatkan menjadi tidak maksimal. Karenanya diperlukan strategi untuk meminimalisir hal seperti ini terjadi.

Demikianlah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan melaksanakan ujian berbasis komputer. Apakah sekolah teman-teman sudah menerapkan metode ujian ini? Lalu bagaimana rasanya?

Kami Jetorbit meluncurkan produk terbaru berupa aplikasi ujian online, Ujione. Ujione adalah aplikasi ujian online berbasis cloud pertama di Indonesia. Menggunakan basis cloud menjadikan peserta ujian lebih mudah mengakses ujian di manapun, kapanpun, dan dengan perangkat apapun. Ujian menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi? Kami menyediakan program uji coba gratis selama 60 hari agar teman-teman bisa merasakan pengalaman menggunakan Ujione. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi laman kami di Ujione.id. Ujian? Ya Ujione!