Tanda-Tanda Transmisi Mobil Matik Anda Mulai Rusak

0

Mobil matik menjadi inovasi terbaru yang memudahkan manusia untuk mengoperasikan kendaraan roda empat. Hadirnya transmisi otomatis ini juga menuntut berbagai jenis perawatan yang tepat agar awet dan kinerjanya optimal.

 Kesalahan perawatan bisa mengakibatkan kerusakan yang tanda-tandanya perlu dikenali oleh pengemudi. Apabila beberapa tanda ini muncul, Anda sebaiknya segera memeriksakan kendaraan di bengkel resmi Suzuki Dwiperkasa Mobiltama.

 Mobil bisa langsung ditangani dengan cepat dan benar, sehingga kerusakan berkelanjutan dapat dicegah. Apa saja tanda yang bisa Anda perhatikan, cek selengkapnya berikut.


6 Tanda Kerusakan pada Transmisi Mobil Matik

Dibandingkan perawatan mobil transmisi manual, transmisi matik jauh lebih sulit. Khususnya jika terjadi kerusakan maka biaya yang dikeluarkan juga lebih besar. Anda sebagai pemilik kendaraan tentu harus berhati-hati.

Kerusakan bisa terjadi kapan saja yang disebabkan kelalaian penggunaan dan tidak disertai perawatan yang benar. Selama Anda mengendarai mobil, masalah transmisi ini bisa dikenali. Ada beberapa tanda-tanda yang cukup terlihat untuk diamati.

1. Perpindahan Transmisi Kasar

Tanda pertama yang paling sering adalah perpindahan transmisi terasa lebih berat atau kasar. Jika sebelumnya perpindahan terasa lebih mulus kini Anda akan merasakan tarikan yang cukup berat.

Ketika hal ini sudah terjadi, tanpa adanya perbaikan maka mustahil untuk transmisi berjalan dengan mulus kembali. Apabila dibiarkan maka memicu suara yang cukup mengganggu saat terjadi perpindahan.

2. Gigi Tidak Langsung Berpindah

Tanda ini tentunya akan sangat mengganggu dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Ketika Anda menyetir seharusnya pengoperan gigi akan terjadi dengan mudah. Namun ketika transmisi mengalami kerusakan maka pengoperan ke gigi tinggi akan terasa berat.

Penyebab utamanya adalah kabel yang berfungsi untuk menggeser lengan pada selektor di gearbox putus. Dampaknya adalah lengan tersebut tidak akan bergerak ketika Anda menarik tuas gigi.

3. Kebocoran pada Oli Transmisi

Tanda yang selanjutnya juga bisa dilihat dari kebocoran oli transmisi. Ketika diperiksa oli transmisi bocor dan kerusakan selanjutnya yang terjadi bisa sangat parah. Contohnya saja sabuk baja yang terdapat di transmisi CVT rusak.

Kerusakan juga bisa terjadi pada roda gigi di transmisi konvensional. Fungsi dari oli adalah supaya kinerja transmisi lebih lancar. Perpindahan gigi pun jadi lebih mudah berkat oli transmisi. Jika terjadi rembes dan bocor maka performa transmisi perlahan akan berkurang.

4. Terasa Getaran yang Tidak Wajar

Anda bahkan akan merasakan getaran ketika berkendara, khususnya ketika mengoper gigi. Getaran yang muncul ini juga disertai dengan suara cukup keras dan mengganggu.

Kendaraan yang mengalami getaran tidak wajar bahkan dirasakan penumpang adalah fenomena yang tidak boleh dianggap remeh. Hal ini dikarenakan gesekan pada kopling aus sehingga Anda harus memeriksakannya.

5. Mobil Sulit Berjalan Mundur

Selain gigi yang sulit dioper, tanda yang bisa dirasakan adalah ketika Anda ingin memundurkan mobil. Saat transmisi mobil matik tidak ada masalah, maka mobil bisa berjalan mundur dengan mudah.

Ketika transmisi rusak maka mobil akan sulit untuk dimundurkan. Bukan hanya terjadi kecelakaan, mobil yang tidak bisa mundur juga menyulitkan pengemudi saat parkir. Anda tidak bisa melakukan atret atau parkir dengan benar.

6. Mobil Sulit Berjalan di Tanjakan

Ciri selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mobil untuk melewati jalan tanjakan. Mobil matik perlu gigi L atau D1 supaya bisa berjalan pelan di tanjakan. Posisi gigi tersebut sama dengan 1 pada mobil manual.

Meskipun Anda sudah masuk ke gigi D1 atau L, mobil tetap tidak kuat untuk menanjak. Tidak ada tenaga yang bisa digunakan karena transmisi mengalami masalah. Jika dipaksakan akibatnya akan menjalar ke komponen transmisi lainnya.

Bukan hanya tampilan mobil saja yang perlu diperhatikan, perawatan transmisi dan mesin mobil harus dilakukan secara rutin. Supaya Anda bisa mengenali kerusakan sejak dini atau menjaga mesin tetap awet, segera kunjungi bengkel resmi Suzuki berikut ini.

  1. Duta Cendana Adimandiri, https://suzukidutacendana.co.id/
  2. Dwiperkasa Mobiltama, https://suzukidwiperkasa.co.id/
  3. Sejahtera Sumberbaru Trada, https://suzukidealerkalimalang.id/
  4. Sejahtera Armada Trada, https://suzukimargondadepok.co.id/
  5. SBAM Jakarta, https://suzukisbam.co.id/
  6. Armada Perkasa Mobilindo, https://suzukiarmada.co.id/
  7. Handijaya Buana Trada, https://suzukigunungsahari.co.id/
  8. Sejahtera Buana Trada, https://suzukitrada.co.id/
  9. Indomobil Multi Trada,  https://indomobilsuzukidealer.co.id/

Dengan mendatangi salah satu bengkel resmi Suzuki ini, kondisi transmisi mobil matik Anda akan terjaga kemampuannya.