Bolehkah Tidur Menggunakan Headset?

0


(Sumber gambar: www.edifier.com)
Mendengarkan musik melalui headset merupakan hal yang sering dilakukan hampir semua orang. Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik dapat mengembalikan mood dan menenangkan pikiran. Oleh sebab itu, headset menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki setiap orang, khususnya pencinta musik.

Namun, tahukan Anda? Penggunaan headset ada baiknya tidak dilakukan secara berlebihan, khususnya ketika tiduran. Mengapa begitu? Ternyata kebiasaan mendengarkan musik melalui headset saat tiduran dapat memberi dampak berbahaya bagi  kesehatan tubuh.
 
Dilansir oleh Telegraph, penggunaan headset sembari tiduran dapat menutup sirkulasi udara pada telinga. Hal inilah yang akhirnya membuat kotoran kuping tertekan masuk sehingga mengendap pada gendang telinga. Jika ini sudah terjadi, Anda akan mengalami kesulitan untuk membersihkan kotoran kuping tersebut.  

Selain itu, penggunaan headset ketika tiduran juga dapat menyebabkan iritasi pada telinga Anda. Hal ini didukung oleh Laura A Gougen, Md, selaku profesor Otologi dan Laryngologi di
Harvard Medical School. Menurutnya, tidur menggunakan headset dapat memberikan risiko infeksi pada sekitar area kulit telinga. Gougen juga menambahkan bahwa rasa sakit pada area luar telinga juga dapat terjadi akibat terlalu banyak tekanan pada telinga. Dalam hal ini, headset dapat menjadi penyebab utamanya.

Menjaga kesehatan tubuh tentu saja sangatlah penting. Untuk itu, coba hindari penggunaan headset sembari tiduran agar terhindar dari efek negatif yang buruk. Mungkin sulit untuk mengubah kebiasaan negatif yang satu ini, mengingat sekarang ada banyak sekali jenis headset dengan kualitas premium, seperti HP Advan. Dengan harga ekonomis, hp merk Advan menawarkan fitur pengedap suara yang baik. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan mendengar musik menggunakan headset, beberapa menit sebelum tidur. Yuk, ubah kebiasaan buruk menggunakan headset saat tidur untuk meminimalkan risiko negatifnya.