Cara Menyusun Deskripsi Rapor Kurikulum Merdeka

Cara Menyusun Deskripsi Rapor Kurikulum Merdeka - Rapor Kurikulum Merdeka adalah sistem penilaian hasil belajar yang diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Sistem ini menggantikan penilaian tradisional berupa angka atau huruf dengan deskripsi komprehensif tentang kemampuan dan perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek, seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai. Tujuan dari Rapor Kurikulum Merdeka adalah memberikan gambaran yang lebih holistik tentang kemajuan belajar siswa serta meningkatkan pemahaman orang tua dan masyarakat tentang perkembangan peserta didik secara menyeluruh, bukan hanya dari segi akademik semata. Dengan pendekatan ini, diharapkan setiap siswa diapresiasi dan dinilai berdasarkan kemampuannya yang unik dan potensi yang dimiliki.

Ada 3 opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi pada rapor, yaitu:

  1. Penyusunan deskripsi berdasarkan Capaian Pembelajaran;
  2. Penyusunan deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran;
  3. Penyusunan deskripsi dengan mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.

Pada penyusunan deskripsi capaian kompetensi, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah. Capaian kompetensi tertinggi dapat ditandai dengan warna hijau dan capaian kompetensi yang paling rendah dapat ditandai dengan warna merah.

Tips Menyusun Deskripsi Rapor Berdasarkan Capaian Pembelajaran

Sebagai contoh pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA/ MA/ Program Paket C fase E memiliki Capaian Pembelajaran (CP) sebagai berikut.

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengidentifikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait ....

Lebih lanjut, Fase E berdasarkan elemen memiliki Capaian Pembelajaran (CP) sebagai berikut

  1. Pemahaman Biologi. Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, dan interaksi antarkomponen, serta perubahan lingkungan.
  2. Pemahaman Fisika. Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.
  3. Pemahaman Kimia. Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukumhukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi.

Jika peserta didik mendapatkan capaian kompetensi tertinggi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi) mendapat nilai akhir 80, maka deskripsi rapor sebagai berikut

Menunjukkan kemampuan dalam mengidentikasi, berkomunikasi dan mengajukan gagasan, terkait dengan inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, interaksi antarkomponen, dan perubahan lingkungan; menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia, perubahan iklim dan pemanasan global, serta pencemaran lingkungan. Perlu bimbingan dalam kemampuan merancang solusi, dan mengambil keputusan serta penguatan dalam menerapkan hukum-hukum dasar kimia❝

Contoh Deskripsi Rapor Berdasarkan Capaian Pembelajaran Semua Mata Pelajaran Jenjang SMA/SMK

1. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Menunjukkan kemampuan dalam materi Menjalin Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Ria, Sum'ah, Takabur , dan Hasad , dan perlu bimbingan dalam materi Al-Quran Kompetensi dalam kebaikan dalam hal kesesuaian bacaan al-Quran bertajwid tajwid.

2. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Menujukkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Perlu bantuan dalam membedakan hak dan kewajiban menurut UUD 1945.

3. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Menunjukkan penguasaan dalam menyimak, memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, arahan atau pesan, mengolah dan menyajikan gagasan dalam bentuk monolog/dialog secara logis, runtut, dan kritis, menulis gagasan untuk berbagai tujuan secara logis dari berbagai jenis teks. Peserta didik juga mampu menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan teks.

4. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Menunjukan kemampuan berbagai penerapan ketrampilan gerak pada permainan dan aktivitas jasmani lainnya, pola perilaku hidup sehat serta menunjukan perilaku dalam menumbuhkembangkan nilai - nilai aktivitas jasmani lainnya.

5. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Sejarah

Menunjukkan kemampuan dalam memahami konsep dasar ilmu sejarah yang dapat digunakan untuk menganalisis peristiwa sejarah, Perlu bimbingan dalam menganalisis asal usul nenek moyang dan jalur rempah.

6. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Seni Budaya

Peserta didik mampu mengasah dan mengembangkan musikalitas, terlibat dengan praktik praktik bermusik dengan cara yang sesuai, tepat, dan bermanfaat, serta turut ambil bagian dan mampu menjawab tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Bahasa Jawa

Menunjukan penguasaan untuk menyampaikan, mengolah dan menyajikan informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari teks nonsastra (pawarta). Perlu bimbingan mengidentifikasi penggunaan Bahasa Jawa sesuai dengan kaidah kebahasaan (paramasastra) dan unggah-ungguh basa untuk berbagai tujuan secara logis, kritis dan kreatif.

8. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Matematika

Menunjukkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan perlu pengayaan dalam menggeneralisasi bilangan berpangkat.

9. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Menunjukkan penguasaan yang baik dalam mempresentasikan ide-ide untuk perkenalan diri dan memperkenalkan orang lain. Perlu penguatan dalam kemampuan mengidentifikasi sebuah teks perbandingan.

10. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Informatika

Menunjukkan kemampuan dalam menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan solusi persoalan pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer. Perlu bimbingan dalam menerapkan pemanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal baik di dunia nyata maupun di internet serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran beserta otomasinya.

11. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Menunjukkan kemampuan dalam menerapkan pengetahuan ilmiah terkait makhluk hidup, zat, energi dan perubahannya. Perlu bimbingan dalam mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain percobaan ilmiah.

12. Contoh Deskripsi Rapor Mata Pelajaran Dasar-dasar Program Keahlian

Peserta didik mampu menjelaskan ruang lingkup pemasaran secara menyeluruh, perkembangan pemasaran, menentukan karir di bidang pemasaran yang sesuai minat dan bakat, menerapkan prosedur K3, dan berkomunikasi dengan efektif dan sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.[ki]