Simak Pengertian Repeater dan Tips Membelinya

0

Apa itu Repeater? Yaitu alat atau perangkat yang dapat memperluas jangkauan Wi-Fi dengan cara menyiarkan ulang sinyal Wi-Fi. Berbicara mengenai repeater, bahasannya tidaklah jauh dari jaringan internet. Bagi orang yang masih awam, apabila membahas tentang jaringan pasti akan sulit dipahami apalagi jika sudah sampai membahas tentang IP Address yang isinya angka-angka.

Repeater berasal dari Bahasa inggris ‘repeat” yang mempunyai arti mengulang atau perulangan. Untuk dapat menggunakan repeater paling tidak Anda harus mempunyai sinyal terlebih dahulu, kemudian baru bisa disebarkan dengan sinyal yang lebih kuat. Dengan menggunakan alat ini, maka pengiriman data dari satu node ke node yang lain akan mempunyai kualitas yang sama.



Bagaimana Cara Kerja dari Repeater?

Apa itu Repeater? Alat yang digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi yang lemah dari Wi-Fi utama. Ada beberapa fungsi dari repeater yaitu:

  • Berfungsi untuk mencakup daerah yang mempunyai sinyal lemah dari jaringan server.
  • Berguna untuk memberikan kemudahan akses sinyal Wi-Fi dari server utama
  • Dapat memperluas jangkauan sinyal dari Wi-Fi utama

Lalu bagaimana cara kerja dari repeater ini? Repeater atau pengulang Wi-Fi akan bekerja sama dengan cara perangkat yang terhubung bekerja dengan menyertakan teknologi nirkabel yang sama. Wi-Fi repeater terhubung secara nirkabel ke jaringan, kemudian akan menerima sinyal nirkabel dari router dan selanjutnya mengulangi sinyal tersebut ke area baru dan jangkauannya akan lebih luas.

Dengan begitu, Anda bisa menginstal repeater Wi-Fi dimana pun, tetapi biasanya yang terbaik yaitu dengan meletakkannya di tengah-tengah antara lokasi router dan tempat sinyal Wi-Fi yang lemah. Wi-Fi repeater akan tersambung ke router dan perangkat secara bersamaan yang sebenarnya dapat memotong bandwidth menjadi dua. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada kinerja perangkat Anda.

Bagaimana Tips Membeli Repeater?

Setelah Anda mengetahui repeater dan bagaimana cara kerjanya, selanjutnya yaitu tentang bagaimana tips membelinya. Agar tidak terjadi kesalahan saat membelinya yang dapat merugikan diri sendiri, maka simaklah penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

  1. Pastikan memilih vendor yang professional.

Percuma jika barang memiliki kualitas bagus akan tetapi vendornya tidak professional, tidak dapat memberikan solusi terbaik, tidak memahami secara teknik. Dan lebih parah lagi jika Anda tidak dapat menghubunginya lagi di lain waktu jika terjadi kesalahan.

  1. Pilihlah dan gunakan merek yang sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar serta sertifikasinya terjamin.
  2. Pilihlah perangkat yang berkualitas sehingga tidak mengganggu layanan operator yang dapat merugikan Anda.
  3. Hati-hati dengan jebakan harga miring. Harga yang murah bisa saja repeater yang Anda beli memiliki kualitas buruk yang malah menambah masalah, sehingga lagi-lagi harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Sudah tahu tentang apa itu repeater? Apabila Anda sedang mencari repeater yang berkualitas seperti tips di atas, langsung saja hubungi Hypernet. Perusahaan MSP telah berpengalaman ini memahami cara kerja WiFi yang terbaik untuk digunakan dimana pun. Langsung saja hubungi Hypernet yang senantiasa siap membantu Anda memperoleh informasi teknologi dengan solusi terbaiknya. Perusahaan ini berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada customer, sehingga Anda akan sangat nyaman untuk menanyakan berbagai informasi penting sesuai kebutuhan Anda. Hypernet ini menawarkan berbagai produk terbaik yang dapat Anda pilih untuk kebutuhan tertentu. Penasaran? Cek situs resminya di https://hypernet.co.id !