Mengulas Tentang Wisata Alam di Kota Batu, Jawa Timur

0
Hijau, asri dan menyejukkan. Menginap di hotel saat liburan mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana rasanya jika menginap di rumah kebun. Ini dia Rumah Kebun Dedaunan. Penginapan yang berpadu hamparan hijau, lahan perkebunan yang luas. Terletak di jl Trunojoyo no.12 Kota Batu Jawa Timur. Penginapan ini sengaja dikemas dengan konsep pedesaan dan bernuansa alam. Berdiri di atas lahan seluas 4.600 m.

Rumah kebun ini hanya memiliki 11 unit kamar saja. Masing-masing kamar disini diberi nama jenis-jenis sayuran sesuai yang ditanam disini. Seperti terong, sawi, selada serta kailan. Sesuai dengan konsepnya yang bertemakan rumah kebun aneka ragam sayuran di tanam di area penginapan. Konsep ini terinspirasi dari pemiliknya, suami dari pertanian dan ibu dari seni kemudian di gabungkan. Sebelumnya rumah kebun ini hanya hamparan sawah saja.

Kamar sengaja dibangun terbatas, agar tamu yang datang bisa berlibur dengan tenang dan jauh dari hiruk-pikuk. Konsep ini ternyata memang menjadi daya tarik para pengunjung. Sejak dibangun tahun 2006, rumah kebun hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Nuansa tradisional yang menyejukkan, menjadikan rumah kebun ini sebagai salah satu tempat menginap favorit wisatawan, khususnya berlibur bersama keluarga yang datang ke kota batu jawa timur.


Tidak hanya menghadirkan suasana pedesaan, berbagai fasilitaspun turut dilengkapi agar pengunjung betah bermalam di rumah kebun. Seperti Mushola, tempat bersantai yang nyaman hingga kolam renang. Menghabiskan liburan di Batu hendaknya menyempatkan diri untuk berolahraga seperti berkuda. Berkuda adalah salah satu olahraga yang disunahkan bagi umat muslim.

Berolahraga berkuda di peternakan Kuda Mega Star. Dalam islam kuda banyak memiliki keistimewaan. Ini tercantum dalam surat Al-Adiyat yang berarti kuda-kuda yang berlari kencang. Di peternakan ini ada sekitar 75 ekor kuda. Jenisnya pun beragam. Mulai kuda lokal hingga peranakan Benua Eropa dan Amerika. Selain sebagai kuda tunggang rekreasi, kuda-kuda disini juga sering dilombakan sebagai kuda pacu di berbagai ajang lomba-lomba. Dan supaya kuda-kuda ini sehat, kuda dirawat secara rutin, kandangnya dibersihkan setiap hari, makannya 3 kali sehari. Dan kuda juga senang disikati bulunya.

Menikmati kesejukan dan keindahan Kota Batu, rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu, di Alun-Alun terdapat air mancur, gelak tawa riang anak-anak serta kelap-kelip lampu nan indah meriahkan suasana Alun-Alun Kota Batu setiap malamnya. Setelah dilakukan renovasi dan dibuka kembali pada bulan mei 2011, Alun-Alun Kota Batu hadir dengan wajah baru dan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Batu. Di kenal dengan julukan Kota Apel. Patung apel raksasapun sengaja di bangun ditengah-tengah Alun-Alun sebagai simbol dari Kota Batu. Berbagai wahana juga disediakan untuk memanjakan pengunjung. Mulai dari fasilitas tempat bermain anak hingga bianglala yang menjadi wahana favorit para pengunjung di Alun-Alun Kota Batu.[ki]