• Subscribe via RSS

Kemampuan Membaca

by Amir Al-Maruzy on 22:07
Kemampuan Membaca Sahabat seklaian, pada kesempatan kal ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai Kemampuan membaca, setelah sebelumnya dibahas mengenai kemampuan Berbicara. Dalam hal ini akan dijelaskan beberapa hal diantaranya tentang kemapuan membaca dan tingkat membaca kritis dan meningkatkan sikap kritis.

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui kata-kata atau bahasa tulis. Sedangkan kemampuan membaca adalah kemampuan orang dalam memahami isi bacaan yang diukur dengan tes yang disediakan, dan kemampuan membaca teknis adalah kemampuan dalam mengekspresikari bacaan sehingga enak untuk didengar yang diukur dengan merekam teks yang disediakan(Tarigan, 1979:7). Kemampuan membaca siswa harus ditunjang dengan kemampuan menguasai kebahasaan seperti : kosa kata, dan tata bahasa.

Dengan demikian dapat dipertegas bahwa kemampuan yang dikaitkan dengan membaca adalah kemanpuan untuk merespon secara sadar susunan tertulis yang dihadapinya atau yang disimulasikan. Respon yang ditampilkan adalah respon aktif. Respon aktif ini berkaitan dengan pengelolaan terhadap tuturan tertulis. Dari beberapa teori tentang kemampua membaca yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa indikator yang dapat dijadikan acuan setiap siswa dapat dikaitkan mahir membaca secara sukses harus memiliki ketentuan untuk memahami hal-hal yang berkaitkan dengan kebahasaan dengan isi pesan.

Jenjang Kemampuan Membaca dan Tingkat Membaca Kritik
Dalam kenyataan sehari-hari sering dijumpai hal-hal semacam ini seorang siswa sedang membaca sebuah buku. Buku tersebut dibaca kata demikian, baris demi baris dan kalimat demi kalimat apa yang tertulis lalu diingatnya sebagai sebuah ingatan. Informasi yang tertulis dalam bacaan disimpan dalam ingatan, lalu dinyataka..n kembali bila perlu persis dengan apa yang dikatan pengarangnya dengan kata lain setelah selesai membaca, ia menyatakan kembali informasi tersebut secara tepat.

Oleh karena itu hanya berusaha untuk mengingat, maka dalam proses. ini dia tidak melibatkan aspek berFkir kritik. Panggilan hanya terbatas pada hal-hal yang secara ekplisit teriulis daiam bacaan, pembaca hanya tahu apa yang dikatakan oleh pengarangnya d:.n tidak ada satupun aktifitas mental berf kir yang mengikutinya.

Pembaca hanya memproduksikan kembali secara mental apa yang tertulis pengarang. Berdasarkan penjelasan di atas disimpulkan bahwa pada jenis membaca ini dapat disebut sebagai jenjang kemampuan membaca yang paling rendah tingkatanya.Jenis mebaca pada jenjang yang lain pembaca" tidak hanya puas pada tingkatan tahu atau ingat apa yang dikatakan dalam buku. Tetapi ia sadar bahwa bahan bacaan itu tidak hanya berisi informasi yang perlu diingatkan saja, tetapi perlu diolah dan dipahami. Setiap orang berbeda pandangana dari segi kemampuan intelektual, sikap, bakat, minat, motivasi, tujuan membaca dan lain-lainnya. Oleh karena itu jelas bahwa setiap orang mempunyai kemampuan membaca dan sikap kritis berbeda. Untuk itu, sebagai tindak lanjut dari usaha meningkatkan sikap kritis tersebut.Ada beber<apa aspek berpikir kritis yang dikuasai oleh seorang pembaca, yang diharaplcan akan menjadi semacam sikap yang selalu mempola untuk selalu berpikir kritis dalam membaca. Sikap-sikap kritis itu meliputi kemampuan-kemampuan pembaca untuk :
  • Menginterprestasi
  • Menganaslisis secara kritis
  • Mengorganisasi secara kritis
  • Menilai secara kritis
  • Menerapkan konsep secara kritis
Akan tetapi, sebelumnya perlu diingat bahwa jenjang kemampuan membaca itu tidak hanya sampai pada tingkat kritis. Secara fisik pr~,ses membaca itu hanya berakhir pada tingkat membaca kritis. Namun, sebenarnya pembaca yang sudah dikatakan berhasil apabila pembaca sudah mampu menerapkan hasil membacanya dalam konteks kehidupan yang lebih luas, yaitu diluar konteks proses membaca.. Artinya mampu menerapkan hasil membacanya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari, minimal' menghubungkan dengan kepentingan sebagai bagian dari kehidupan nyata. Bila seorang telah mampu menerapkan kegiatan membaca semacam ini, dapat dikatakan sebagai pembaca yang kritis sekaligus kreatif dalam memanfaatkan hasil membacanya.
Meningkatkan Sikap Kritis
Mengenai meningkatkan sikap kritis dalam kemampuan membaca akan di uraikan tentang, kemampuan menginterpretasi makna tersirat dan kemampuan mengaplikasikan konsep dalam bacaan.
  • Kemampuan Menginterpretasi Makna tersirat. Dalam sebuah bacaan siswa bisa bersikap tidak ambil pusing dengan fakta atau informasi yang terlulis dengan jelas. Informasi cukup diketahui saja bahkan ada kalanya informsi itu ditelan secara mentah, dan diterima secara pasif.
  • Kemampuan Mengaplikasikan Konsep dalam Bacaan. Seorang pernbaca yang kritis tidak akan pernah berhenti sampai, pada aktifitas menggali makna yang tersirat melalui pemahaman dan interpretasi secara kritis, tetapi harus mampu menerapkan konsep-konsep yang ada dalam bacaan keadaan situasi baru yang bersifat problematis.
Demikanlah artikel mengenai kemampuan membaca, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Kemampuan Berbicara

by Amir Al-Maruzy on 21:19
Kemampuan Berbicara Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share rtikel mengenai kemampuan berbicara. Secara leksikal, kemampuan berasal dari kata "mampu" menurut Purwadarminta berarti, kuasa, sanggup melakukan sesuatu. Kemampuan berarti kesanggupan melakukan sesuatu berucap. Dalam hal ini kaitannya dengan kemampuan. membaca dan berbicara (Purwadarminta, 1985:723). Makna leksikal kemampuan berbicara yakni kemampuan dalam berkata atau berbicara. Tarigan dalam Fatmawati (1997:89) mengemukakan bahwa.

Berbicara merupakan instrumen yang mengungkapkan kepada penyimak hampir secara langsung, apakah sang pembicara memahami atau tidak, baik bahan pembicaraan atau penyimaknya, apakah dia tenang serta dapat menyesuaikan diri atau tidak pada saat dia mengkomunikasikan gagasannya, dan apakah dia waspadaserta antusias atau tidak. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara adalah kemampuan atau kata­kata untuk menyampaikan gagasan, pikiran, pendapat serta sebagai alat untuk mengetahui apakah pembicara mempersiapkan diri dengan baik dalam menyampaikan bahan pembicaraan dihadapan para penyimaknya.

Pentingnya Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan berbicara, siswa akan dapat menyampaikan ide, pikiran, gagasan, dan perasaannya kepada orang lain. Atar (1992 dalam Fatmawati 1997:51) mengemukakan bahwa :
  • diterima baik dalam pergaulan, disebabkan karena tidak menyinggung perasaan lawan bicara.
  • mempunyai banyak sahabat sebab dapat berkomunikasi dengan baik dan menarik
  • dapat menyumbangkan fikiran yang berharga bagi teman-teman yang memerlukan berkat kepandaiannya menyampaikan gagasan dan cara pemecahannya.
  • mempunyai kesempatan yang besar untuk menjadi pemimpin memerlukan kemampuan berbicara dengan orang yang dipimpinnya.
  • mempunyai peluang yang lebih sukses dalam mencari ilmu dan memberikan ilmu kepada orang lain.
  • mempunyai kemampuan untuk sukses dalam menjalankan pekerjaan yang ada kaitannya dengan orang lain karena kemampuannya berbicara atau berkomunikasi.
Berdasarkan kenyataan sehari-hari,maka kemampuan berbicara sangat penting untuk dimiliki seseorang. Dengan demikian, kemampuan berbicara harus dipelajari sejak dini agar terampil berbicara sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti oleh penyimak.
Aspek Kemampuan Berbicara
Untuk dapat menjadi pembicara yang baik, selain harus memberikan kesan yang penguasaan berbicara juga harus memperlihatkan keberanian dan kegairahan serta berbicara dengan jelas dan tegas. (Arsyad dan Mukti 1988:103) aspek-aspek keefektifan berbieara diantaranya adalah aspek­ aspek kebahasaan dan non kebahasaan. Aspek kebahasaan itu antara lain, ketepatan sasaran, ketepatan berbicara, penenpatan tekanan pembicaraan atau perwakilan kalimat. Aspek kebahasaan yaitu sikap yang wajar, pandangan, kesediaan menghargai pendapat orang lain, gerak gerik dan mimik, kenyaringan suara, relevansi dan penguasaan topik. Berdasarkan paparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa aspek kemampuan berbicara antara lain :
Ketepatan Pengucapan
Ketepatan pengucapan merupakan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam memproduksi bunyi bahasa yang meliputi artikulasi yaitu bagairnana posisi alat bicara seperti lidah, gigi, bibir, dan langit-langit pada waktu membentuk bunyi, baik vokal maupun konsonan. Kemampuan pengucapan atau pelafalan terdiri dari keterampilan untuk mengucapkan bunyi segmental yakni vokal dan konsonan dan bunyi­bunyi supramental berupa tekanan dan intonasinya. (Datmodiharjo, 1982:48) menyatakan bahwa pengucapan bahasa dianggap baik diantara kalimat-kalimatnya fungsional nada dan situasional sesuai dengan jenis dan bentuknya, tekanan dan jedanya tepat, keteapatan pelafalan bunyi­bunyi vokal dan konsonannya dan memiliki pola-pola intonasi yang tepat serta tekanan kata-kata maupun kalimat dengan jelas dan pasti. Berdasarkan pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengucapan lagu bahasa dianggap baik apabila kalimat-kalimat yang diucapkan berfungsi nadanya sesuai dengan situasinys, tekanan jeda juga harus tepat. (Muhajir, 1975:29) mengemukakan bahwa kesalahan dalam mengucapkan konsonan dan vokal akan lain pula artinya apa yang dikatakan pendapat tersebut jelas menyatakan bahwa kesalahan dari pelafalan konsonan dan vokal akan menyebabkan maksud dari ucapan itu; berbeda.
Kemampuan Gramatikal      
Kemampuan gramatikal adalah merupakan kemampuan untuk menguasai tata bahasa yang berlaku dalam bahasa tersebut. Kemampuan tata bahasa antara lain adalah kemampuan dalam struktur kata dan menyusunnya dalam bentuk struktur kalimat yang benar. Pembicara yang baik harus menggunakan kalimat yang efektif untuk mempermudah pendengar menangkap isi pembicaraan. Menyusun dan menggunakan kalimat efektif harus langsung mengenai sasaran sehingga mampu meninbulkan pengaruh, meninggalkan kesan atau akibat bagi pendengarnya. Dalam membaca kemampuan gramatikal sangat penting dikuasai seperti kemampuan memahami makna kata, kemampuan memahami kalimat dan lain sebagainya.
Pembendaharaan Kata
Pembendaharaan kata merupakan kesanggupan seseorang untuk mengartikan kata-kata dalam bahasa yang memungkinkan seseorang tersebut memahami pembicaraan orang lain. (Darmaji, 1985:26) menyatakan bahwa kemampuan seseorang mengartikan kata-kata dalam bahasa akan memberikan peluang untuk mengerti dan menggunakan bahasa walaupun secara bahasa jalan. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa bagi seseorang yang   memiliki banyak pengertian dari kata-kata bahasa walaupun bersifat pasif, dalam arti kurang menggunakan kaidah yang tepat. Dengan demikian penggunaan kosa kata sangat penting bagi seseorang untuk mampu berbicara.
Kelancaran Berbicara
Kelancaran berbicara seseorang berhubungan langsung dengan bunyi ataupun ujaran. Orang yang dilatih dengan baik akan mampu berbicara dengan cepat dan tepat sehingga mereka akan lancar berbicaranya. Samsuri, (1991:97) mengatakan bahwa orang yang terlatih dalam ilmu bunyi mempunyai pengetahuan dan kemahiran menganalisis dan menghasillcan tiap bunyi bahasa karena ia telah tahu tentang struktur dan fungsi peralatan ujar. Iapun dapat menguraikan dengan setepat­tepatnya dan sesederhana pembentukan bunyi bahasa sehingga ia sendiri maupun siapa saja yang trelatih dalam ilmu bunyi dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu dengan baik atau betulmenggunakan alat-alat ucapan. Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kefasehan seseorang mengucapkan kata-kata dalam bahasa akan memperlancar orang tersebut untuk berbicara dalam menyampaikan gagasa.n, fikiran, ide, dan juga perasaannya.
Penguasaan Topik
Dalam pembicaraan formal selalu menuntut persiapan yang baik agar topik yang akan dibicarakan betul-betul dikuasai oleh pembicara. Penguasaan topik yang baik akan menumbuhkan keberaian kelancaraai. Dengan demikian, penguasaan topik sangat penting bahkan. merupakan faktor utama dala.m berbicara; penguasaan topik berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman. Jika pengetahuan dan pengalaman luas maka dengan mudah menguasai topik pembicaraan yang disajikan.

Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca
Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca setidak-tidaknya ada dua hal yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri. Untuk memperoleh kemampuan berbicara, siswa harus mempunyai keinginan untuk belajar dan berlatih secara terus menerus. Didalam belajar dan berlatih harus didukung oleh kemampuan, kemauan, kekuatan, dan keuletan agar apa yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu. Interaksi individu secara garis besarnya meliputi lmgkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.[ki]

Mandul Ciri Ciri Kemandulan dan Solusinya

by Amir Al-Maruzy on 09:52
Mandul Ciri Ciri Kemandulan dan Solusinya Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai mandul, ciri ciri mandul dan solusinya. Mandul merupakan keadaan tidak mampu hamil karena indung telur mengalami kerusakan sehingga tidak mampu memproduksi sel telur untuk wanita. Mandul bagi pria ialah tidak mampu menghasilkan kehamilan karena buah pelir tidak dapat memproduksi sel spermatozoa sama sekali.  Baik pria maupun wanita yang mandul tetap mempunyai fungsi seksual yang normal. Tetapi sebagian orang yang mengetahui dirinya mandul kemudian mengalami gangguan fungsi seksual sebagai akibat hambatan psikis karena menyadari kekurangan yang dialaminya. Kata mandul digunakan untuk menyebut pasangan suami istri yang belum mempunyai anak walaupun telah lama menikah.

Padahal pasangan suami istri yang belum mempunyai anak setelah lama menikah tidak selalu mengalami kemandulan. Yang lebih banyak terjadi adalah pasangan yang infertil atau pasangan yang tidak subur. Menurut penelitian, di Indonesia diduga terdapat sekitar 10-15 persen pasangan suami istri yang mengalami hambatan hamil, meliputi pasangan mandul dan infertil.

Ciri Ciri kemandulan

Untuk Pria

Sperma yang baik adalah yang memiliki volume sekitar 2 sampai 5 mililiter, berbau khas (bukan berbau busuk), mencair dalam waktu kurang dari satu jam jika berada di luar organ reproduksi wanita, dan berwarna putih keruh dengan kekentalan yang normal. Secara mikroskopis, sperma dikatakan berkualitas jika spermatozoa yang terkandung dalam setiap mililiter sperma berjumlah sekitar 20 sampai 40 juta dengan 30 persen di antaranya berbentuk normal, mobilitasnya bagus (gerak lurus dan cepat), dan tidak ada aglutinasi (dua spermatozoa yang melekat). Jika syarat-syarat tersebut kurang terpenuhi maka akan terjadi beberapa kelainan pada sperma yang dihasilkan, seperti oligozoospermia (jumlah spermatozoa yang dihasilkan kurang dari 15 juta), astenozoospermia (gerakan spermatozoa tidak normal, zigzag atau bahkan melengkung), teratozoospermia (jumlah spermatozoa yang normal jauh di bawah 30 persen), azoospermia (sperma yang dikeluarkan hanya berupa cairan saja sehingga tidak mengandung spermatozoa), dan aspermia (tidak ada sperma yang dikeluarkan).

Untuk wanita

Bagi wanita sehat yang berusia dibawah 30 tahun, mereka tidak perlu khawatir akan mandul kecuali mereka telah berusaha selama setahun untuk sekedar hamil. Bila hal ini terjadi baru mereka harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Sang suami harus menyertai ke dokter untuk mendiskusikan kemungkinan kegagalan hamil disebabkan oleh pihak suami. Bagi wanita yang berumur diatas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter untuk memeriksa kesuburan meskipun usaha yang dilakukan hanya 6 bulan. Kemampuan seorang wanita yang berusia diatas 30 tahun untuk hamil akan menurun dengan cepat. Beberapa masalah kesehatan yang meningkatkan resiko terjadinya kemandulan antara lain : Haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali; Nyeri haid yang diluar kebiasaan; Endometriosis; Penyakit radang panggul dan Keguguran lebih dari sekali.

Cara Mengatasi kemandulan

Satu hal yang mutlak harus diperhatikan ialah apakah masalah yang terjadi suatu kemandulan ataukah infertilitas (gangguan kesuburan). Kemandulan tidak sama dengan infertilitas (gangguan kesuburan), tetapi kedua istilah ini sering dikacaukan. Acapkali pasangan disebut mandul padahal sebenarnya tidak subur (infertil). Bagi banyak pasangan suami istri istilah mandul terkesan sangat menakutkan bahkan terasa seperti sesuatu yang tidak punya harapan lagi.

Dalam keadaan normal dan tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan terjadi pada 60 persen pasangan suami istri dalam waktu 6 bulan, pada 80 persen pasangan dalam waktu 9 bulan dan pada sekitar 90 persen pasangan suami istri dalam waktu 1 tahun. Pasangan suami istri yang telah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu tahun tetapi belum mampu hamil dan melahirkan anak hidup disebut pasangan infertil atau pasangan tidak subur. Berarti pasangan tersebut mengalami masalah infertilitas (ketidaksuburan). Pada pasangan infertil, pihak suami masih mempunyai sel spermatozoa tetapi tidak dalam parameter normal karena mengalami suatu gangguan. Di pihak lain, pihak istri masih mempunyai sel telur tetapi mengalami gangguan, misalnya dalam perjalanan untuk masuk ke dalam rahim melalui saluran telur.

Tahap Tahap Diagnosa Kemandulan

Pada tahap awal sebaiknya pasutri memeriksakan diri secara bersama-sama, kemudian pemeriksaan suami dan istri dilakukan terpisah. Tahapan pemeriksaan adalah:



  • Tahap wawancara. Tahap awal merupakan wawancara untuk pengum­pulan data-data pasien tentang jati diri, riwayat kesehatan, riwayat perkawinan terdahulu dan sekarang, riwayat infertilitas, riwayat hubungan seksual, dan riwayat reproduksi.

  • Tahap pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik baik suami maupun istri meliputi: Keadaan fisik secara umum, seperti tinggi, berat, sebaran rambut, dan lain-lain. Keadaan alat-alat reproduksi, seperti testis, vagina, klitoris, rahim, dan lain-lain.

  • Tahap pemeriksaan laboratorium: Pemeriksaan ketidaksuburan Pria. Analisis sperma untuk mengetahui mutu air mani dan spermatozoanya, meliputi jumlah sperma/ml, bentuk, gerakan, jumlah dan persentase yang hidup serta pencairan air mani. Pemeriksaan ketidaksuburan Wanita Pemantauan ovulasi, untuk menentukan apakah ovarium menghasilkan sel telur yang matang. Penilaian rahim dan saluran telur. Analisis infeksi TORSH-KM (toksoplasma, rubella, sitomegalus, herpes simpleks, klamidia, mikoplasma). Uji pasca-sanggama (UPS) untuk melihat apa­kah air mani sudah memancar dengan baik ke puncak vagina selama sanggama.

  • Pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan endoskopi adalah pemeriksaan dengan menggunakan alat teleskop (teropong) yang dimasukkan ke dalam rongga tubuh melalui saluran alami. Dengan pemeriksaan ini dimungkinkan bisa melihat keadaan saluran mulut rahim, rongga rahim, mulut dalam saluran telur, mengetahui berbagai kelainan di dalam rongga panggul (pelvis) atau rongga perut (abdomen) serta mengetahui kondisi bagian dalam saluran telur, melihat suatu gangguan fungsi dan anatomik ujung saluran telur atau cekungan di belakang rahim. Pemeriksaan endoskopi tidak dilakukan begitu saja pada semua wanita, melainkan harus dengan dasar yang jelas, misalnya pada wanita infertil yang telah melakukan pemeriksaan infertilitas dasar sebelumnya tetapi belum diketahui penyebab infertilnya, dan pada wanita yang diduga adanya endometriosis, miom, tumor atau kanker rahim. Ingin Mengetahui Solusi punya anak secara alami, pasangan mandul ?? Beli Buku Tips Cepat hamil, Klik DISINI.
Demikialah artikel mengenai mandul, ciri ciri kemandulan dan selusinya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Kuliah Kerja Nyata KKN

by Amir Al-Maruzy on 08:11
Kuliah Kerja Nyata KKN Sahabat Sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan sebuah program pengabdian kepada masyarakat semua Mahasiswa Strata Satu. KKN merupakan mata kuliah wajib yang mesti ditempuh oleh semua Mahasiswa S1. KKN ditempuh pada semester-semester akhir atau jika mahasiswa akan menyelesaikan studinya pada tingkat S1. KKN merupakan mata kuliah yang mesti dijalankan di sebuah wilayah masyarakat, bukan di Kampus.

So KKN itu merupakan sebuah kenangan bagi Semua Mahasiwa S1, solanya pasti setiap Mahasiswa yang telah melaksanakan KKN akan mengenangnya sebagai kenanagan yang unik dan hanya terjadi hanya 1 kali dalam hidup. Betapa tidak Program KKN itu dilaksanakan di sebuah daerah, biasanya di pedesaan, jauh dari kediaman kita. Dan lama KKn itu bisanya 3 bulan, Teknis penyebaran mahasiswa KKn itu biasanya disebar dalam beberapa kecamatan pada sebuah wilayah kabupaten, 1 unit Mahasiswa KKN per kecamatan yang terdiri dari puluhan sampai ratusan Peserta KKN yang dipimpin oleh Korcam (koordinator Kecamatan). Kemudian  akan disebar lagi menjadi unit yang lebih kecil yang disebar ke seluruh desa dalam kecamatan tersebut. Dalam satu desa terdiri dari 4 - 10 mahasiswa KKn yang dipimpin oleh Kordes (Koordinator Desa). Nah dalam setiap KKN satu Posko Desa rata-rata mereka tidak akan saling kenal sebelumnya, karena 1 posko ini beda Jurusan, Jadi teman KKn se posko Kita akan mulai kita kenal jika akan diberangkatkan ke Posko. nah justru karena kita saling kenal ini, maka banyak kisah - kisah seru yang akan kita dapat di lokasi KKN, dan tentu sahabat kita akan bertambah.


Bisanya kita Kita tinggal di rumah kepala desa yang kita tempati KKN, namun tidak tertutup kemungkinan kita tinggal atau mengambil pondokan di rumah selain kepala desa (penulis dulu waktu KKN mengambil posko di rumah Sekdes). Pada Program KKN ini, kita benar-benar akan terjun kemasyaratak dalam mengabdikan ilmu yang selama ini kita dapat dinagku kuliah. dalam Program KKN ini kita akan punya Supervisi (bisanya 1 supervisi per kecamatan, dan supervisi ini dari dosen Perguruan tinggi kita) yang senantiasa tiada lelahnya membimbing kitam dan datang ke posko - posko mahasiswanya diseluruh desa yang di termpati KKN.

Latar Belakang Pelaksanaan KKN
Arah pembangunan sesuai dengan amanat GBHN 1999 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera yang didukung oleh manusia-manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin. Wujud manusia yang dimaksud akan dihasilkan dari pembangunan sektor pendidikan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya. Sistem pendidikan Indonesia berdasarkan Undang-undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang bertanggungjawab.

Perguruan Tinggi (PT) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara formal diserahi tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Bertitik tolak dari hal tersebut, maka pengembangan mahasiswa di perguruan tinggi dilaksanakan melalui jalur intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud pelaksanaan tanggung jawab tersebut, dimana ini mahasiswa ditempatkan langsung ditengah-tengah masyarakat dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara materi kurikulum di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat.

Tujuan Kuliah Kerja Nyata

Adapun tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara umum adalah :

  • Mampu menghasilkan sarjana profesional di bidang pendidikan maupun non kependidikan, sehingga dapat memberikan solusi ilmiah terhadap setiap permasalahan

  • Sebagai upaya pendekatan perguruan tinggi kepada masyarakat, sehingga mampu menyelsaikan dinamika perkembangan dengan konsep pendidikan.

  • Sebagai wadah perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini membantu pemerintah dalam mempercepat dinamika pembangunan di segala bidang.

  • Dapat terlibat langsung dengan masyarakat yang pada gilirannya akan memperoleh pengalaman berharga yang tidak didapatkan di duni kampus.

  • Dengan adanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, maka dapat diberikan ilmu tersebut kepada masyarakat.

  • Menjalin hubungan antara sesama mahasiswa KKN dengan koordinasi dan perpaduan antara disiplin ilmu yang berbeda.

  • Mengkaji kemampuan mensosialisasikan disiplin ilmu sebagai spektrum struktural masyarakat yang sangat kompleks dengan keunggulan teori yang didapat di kampus.

Dasar Kebijakan Kuliah Kerja Nyata

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada hakekatnya adalah pelaksanaan dan merupakan falsafah pendidikan yang berlandaskan pada UUD 1945 dan UU No. 22 tahun 1961 dalam rangka pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian integrasi dikurikulum pendidikan tinggi yang penerapannya berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia yang menganjurkan dan mendorong setiap mahasiswa untuk bekerja membentuk mayarakat, memecahkan persoalan pembangunan sebgai bagian dari kurikulumnya

  • Ketetapan MPR No. 11/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 yaitu tentang garis-garis besar haluan negara (GBHN) yang memuat persoalan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembinaan generasi muda

  • Ketetapan MPR No. 11/MPR/1983 bahwa pendidikan dikembangkan peranannya yang antara lain diarahkan untuk mendidik mahasiswa agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara

  • Amanat Presiden Republik Indonesia tanggal 15 Februari 1975

  • Pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan didalam kebijaksanaan dasar pengembangan pendidikan tinggi tanggal 17 februari 1975 yang isinya antara lain pendidikan tinggi harus menjadi penghubung antara lain pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dengan masyarakat

Program Kerja KKN
Berdasarkan hasil observasi lapangan yang delaksdanakan pada minggu pertama setelah tiba di lokasi KKN atau Posko KKN, maka kita sudah dapat menyusun Program Kerja KKN, program kerja itu contohnya sebagai berikut:

Program kerja non-fisik

  • Membersihkan sarana umum: Pembersihan kantor desa; Pembersihan kantor PKK; Pembersihan Segi Tiga; Pembersihan gedung masyarakat.

  • Program pendidikan: Mengajar Olahraga, Keterampilan dan kesenian, Bahasa Inggris di sekolah-sekolah.

  • Bimbingan belajar di sore hari di sekolah.

Program kerja fisik

  • Penggambaran kartun di PAUD

  • Pembuatan Kaligrafi Masjid

  • Pembuatan papan perbatasan dusun

  • Perbaikan dan pembuatan papan nama jalan Desa

  • Perbaikan papan nama kantor PKK

  • Perbaikan papan 10 program PKK

  • Memperbaharui tugu perbatasan antara Desa

  • Pengecetan kantor desa

Laporan Kuliah kerja Nyata KKN
Jika sudah melaksanakan KKN, kita diharuskan membuat laporan KKN yang berisi program kerja, pekerjaan yang telaksana, faktor pendukung, faktor penghambat, rekapitulasi pendanaan program dll.

Demikianlah artikel mengenai Kuliah Kerja Nyata KKN, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Cara Merakit Komputer

by Amir Al-Maruzy on 21:11
Cara Merakit Komputer Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai cara merakit Komputer. kadang kita berpikir bahwa hanya orang orang yang pernah sekolah teknik komputer yang bisa merakit dan memperbaiki komputer atau laptop, namun siapapun dan dari latar pendidikan manapun bisa kog merakit komputer atau laptop. Kuncinya adalah kemauan untuk belajar dan jangan takut salah dalam Merakit komputer. Cara Merakit komputer sebenarnya penting di ketahui, agar kita dapat merawat komputer atau laptop kita sendiri, tanpa bantuan teknisi dan tentu jika kita sudah mahir merakit dan merawat komputer atau laptop, maka banyak perusahaan yang akan mempekerjakan kita di bagian IT tentunya.

Cara Merakit dan merawat Komputer atau Laptop

Sebelum mencoba merakit komputer atau merawat komputer atau laptop, maka kita mesti menguasai dulu hal-hal yang akan kita kerja nantinya, dan sebagai langkah awal, kita mesti mengenal komponen - komponen dalam merakit atau merawat PC atau Laptop. Marik kita kenal komponen-komponen dibawah ini.

CPU/Procesor

Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU.

RAM

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Hard Disk

Cakram keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis

Optik Device (vcd/DVD)

Perangkat tambahan untuk Input data menggunakan Optic seperti VCD dan DVD.

Gimana tertarik untuk mengetahui cara merakit dan merakit komputer ???, dalam tulisan ini, kami tidak mungkin dapat menjelaskannya secara detail, kami hanya menyarankan untuk memiliki buku digital (e-book)  cara merakit komputer terbaru, terlengkap dan termurah. Dalam Buku digital tersebut kita akan dijajarkan untuk:  Mampu merakit dan merawat PC; Terampil menganalisa dan memperbaiki kerusakan PC; Mengenal dan mampu buka-pasang spare part laptop; Mampu melakukan troubleshooting dan mengganti spare part laptop; Terampil melakukan reflow-reball motherboard; Terampil memperbaiki Motherboard PC; Terampil membangun dan memperbaiki jaringan PC; Terampil memperbaiki Hard Disk; Terampil memperbaiki Monitor LCD; Terampil memperbaiki Power Supply PC.

Jadi tunggu apa lagi, silahkan miliki buku panduan lengkap teknisi komputer murah dan terlengkap ini. Anda akan mendapatkan Panduan Teknisi PC; Panduan Teknisi Laptop; Motherboard PC Repair; Jaringan Komputer; Hard Drive Repair; Memperbaiki Monitor LCD; Mastering BIOS; Memperbaiki Power Supply; Memperbaiki Printer; Belajar Windows 7  dan windows 8; Tutorial Power Point. Mau membeli tutorial lengkap dalam merakit dan memperbaiki komputer ini, silahkan kunjungi portal resminya dengan cara klik link dibawah ini.


Dengan membeli panduan merakit dan merawat komputer ini, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya: Keanggotaan selamanya, setiap ada update produk selalu gratis untuk member premium; Ebook kami 80% tutorial sehingga sangat cocok bagi yang ingin menjadi Teknisi Komputer mandiri; Ebook ini disusun secara sistematis sehingga mudah dipelajari; layanan tercepat. Hanya 10-60 menit setelah konfirmasi, ebook sudah di tangan anda; Ada  garansi uang kembali 100% jika tidak sesuai dengan yang kami promosikan; Ebook ini sangat murah jika dibanding di tempat lain dengan materi yang sama.

Demikianlah artikel mengenai Cara Merakit Komputer, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.[ki]

Pengertian Kehalusan

by Amir Al-Maruzy on 08:40
Pengertian Kehalusan Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Definisi Pengertian Kehalusan. Dalam percakapan sehari-hari kata, ‘’ kehalusan’’ digunakan untuk menilai sesuatu, utamanya benda dan atau materi lainnya yang dapat dinilai dengan kata kehalusan. pada sisi lain, motif kehalusan dapat pula berkenaan dengan penilaian terhadap tingkah laku, budi pekerti, perbuatan, cara membawa diri, data karma, serta hal atau kondisi yang berkaitan dengan diri pribadi seseorang.

Jika pembahasan tentang kehalusan lebih difokuskan pada masalah keindahan, maka uraiannya terkait dengan aneka ragam bentuk seni.. dalam hal ini hakekat dari keindahan senantiasa didukung oleh kehalusan. Dalam suatu karya seni yang indah, hal itu sangat ditentukan oleh pengamat atau pemerhatian seni.

Kehalusan dalam keindahan seni, keberadaanya berpangkal dari dalam diri, bukan dari luar. Maksudnya seluruh elemen potensial yang terdapat di dalam diri terhimpun menjadi satu, kemudian mencual keluar dan bertumpu pada satu tujuan, digerakkan oleh indera pengamat, penghayatan dan penjiwaan, termasuk indera fisik. Untuk selanjutnya dituangkan ke dalam realita karya seni dengan kelembutan sehinnga menghasilkan suatu bentuk yang halus, membangkitkan rasa keindahan, mempertebal iman dan takwa atas dasar pengakuan terhadap anugerahnya berkenaan dengan kemampuan yang dimiliki dalam kajian pengkaryaan dibidang seni.

Identik dengan hal tersebut, Sapirin (1976.7) menjelaskan bahwa hasil seni yang diwujudkan oleh seorang seniman, biasanya merupakan hasil dari suatu ‘’ilham’’ yang merupakan panggilan terhadap jiwanya. Hasil seni yang baik, tentulah merupakan hasil yang mampu membangkitkan rasa keindahan pada manusia dan mempertebal takwa serta iman kapada tuhan yang maha agung.

Oleh karena itu, hakekat kehalusan dalam suatu karya seni esensinya tak terlepas dari hasil cetusan ilham, panggilan jiwa, terpadu dengan nilai katakwaan dan keimanan sehingga menimbulkan rasa keindahan. Bahkanmungkin hal inilah merupakan salah satu kunci yang menyebabkan suatu hasil karya seni tak mudah dijiplak karena di dalamnya dibuhul dan terikat oleh kuatan-kuatan tertentu yang berfungsi melindungi berbagai elemen yang mendukung unsur kehalusan dari hasil suatu karya seni.

Kehalusan suatu karya seni selain harus menghasilkan daya tarik pengamata n yang  cermat, dilain pihak untuk menyentuh inti saripati dari esensi kehalusanya harus digunakan dimensi pandangan jauh ke dalam (de inner ziendheid). Sehingga ditemukan inti saripati kehalusan yang hakiki di dalam suatu hasil karya seni, dan itulah keindahan.[ki]

Olahraga Tinju

by Amir Al-Maruzy on 08:15
Olahraga Tinju Sahabat sekalian pada kesempatan kal ini Kata Ilmu akan share artikel memgenai Olahraga Tinju. Kata Tinju adalah terjemahan dari kata Inggris "boxing" atau "Pugilism". Kata Pugilism berasal dari kata latin, pugilatus atau pinjaman dari kata yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yang menandakan segala sesuatu yang berbentuk kotak atau "Box" dalam bahasa Inggrisnya. Tinju Manusia, kalau terkepal, berbentuk seperti kotak. Kata Yunani pugno berarti tangan terkepal menjadi tinju, siap untuk pugnos, berkelahi, bertinju. Dalam mitologi, bapak dan Boxing adalah Poliux, saudara kembar dari Castor, putera legendaris dari Jupiter dan Leda.

Tinju Adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.


Pertandingan tinju yang pertama tercatat dalam sejarah adalah antara lain melawan Abel. Kitab mahabrata juga mencatat pertandingan-pertandingan tinju, hal mana mendahului pencatatan cerita-cerita perkelahian di antara bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir. Petinju terkenal pertama berkebangsaan Yunani bernama Theagenes dari Thaos yang menjadi juara Olympic Games 450 Masehi. Ia melakukan pertandingan sebanyak 1.406 kali dengan menggunakan cetus sarung tinju yang terbuat dari besi. Kebanyakan dari lawan-lawan itu tewas ketika bertarung melawannya. Meskipun boxing terkenal berabad-abad lamanya sebagai suatu bentuk hiburan, namun seorang Inggris yang bernama James Ping adalah James Broughton, juara britania, yang juga merupakan orang pertama yang menggunakan sarung tinju. Peraturan dan sarung tinju ini di perkenalkan pada tanggal 10 Agustus 1973.

Organisasi tinju Dunia dan internasional

Terdapat beberapa organisasi tinju dunia dan internasional, di antaranya adalah;
  • WBC ( Word boxing council – dewan tinju dunia)
  • WBA ( word boxing association – asosiasi tinju dunia)
  • WBF ( word boxing federation – federasi tinju dunia)
  • WBO ( word boxing  organization -  organisasi tinju dunia)
  • IBF (international boxing federation – federasi tinju internasional)
  • OPBF ( orient and pacific boxing federation – federasi tinju asia pasifik)
Petinju-petinju ternama Indonesia
Indonesia melahirkan beberapa petinju ternama, baik alam dunia tinju amatir maupun juga professional. Para petinju ternama Indonesia tersebut di antaranya;

Petinju amatir
  • Ferry moniaga, prestasi;  juara asia 1980 dan peringkat 5 olimpiade minich taun 1972.
  • Pino bahari, prestasi; perai mendali emas kelas menengah pada asia games 1990 di Beijing, repoblikrakyat cina.
  • Fans van bronkhorst, prestasi; juara aia tahun 1973 kelas welter di Bangkok, Thailand.
  • Syamsul anwar harahap, prestasi; juara pertama piala presiden tahun 1976. Di final syamsul anwar mengalakan petinju muda amerika serikat, Thomas hearns. Thomas hearns kemudian menjadi petinju lagendaris dunia yang mampu merebut juara dunia tinju professional  di lima kelas yang berbeda.

Petinju professional
  • Wongso suseno, prestasi; juara OPBF kelas welter pada tahun 1975. Wongso suseno merupakan petinju professional Indonesia yang berhasil meraih gelar bergensi tingkat internasional.
  • Thomas Amerika, prestasi; juara OBF kelas welter yunor. Tomas Amerika petinju Indonesia pertama yang mencoba merebut juara dunia walter yunior  WBCdari tangan saoul mamby. Dalam perebutan sabuk juara dunia di Jakarta pada tahun 1981, tomas americo kalah angka dari saoul mamby.

  • Ellyas pical, prestasi; juara dunia IBF kelas terbang yunior (19855 – 1989). Ellyas pical merupakan petinju indo nesia pertama yang berhasil  meraih gelar juara dunia.
  • Nico Thomas, prestasi; juara dunia IBF kelas terbang mini (1989)
  • Chris john, prestasi; juara dunia kelas bulu WBA. Chris john merupakan petinju Indonesia yang paling lama memegang gelar juara dunia sejak tahun 2003, tanpa pernah kalah, dan sampai agustus 2007, chris john suda mempertahankan  gelar sebanyak 8 kali. Lawan chris john terakhir adalah petinju jepang, meiki takemoto, yang dimenangkan chris john dengan kemenangan  TKO pada ronde 10 yang dilangsungkan  di kobe, jepang.
  • Muhammad Rachman, prestasi; juara dunia kelas terbang  mini IBF (2004-2007).
Demikianlah artikel mengenai olahraga Tinju, semoga artikel ini dapat memebrikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Penelitian Studi Korelatif

by Amir Al-Maruzy on 03:57
Penelitian Studi Korelatif - Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share mengenai Penelitian Studi korelatif, setelah sebelumnya di share mengenai penelitian studi kasus . Studi korelatif pada hakikatnya merupakan penelahaan hubungan antara dua variabel pada satu situasi atau satu / sekelompok subjek. Hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara satu variabel dengan variabel lain.
Penggunaan Penelitian Korelasi
Teknik korelasi merupakan teknik analisis yang melihat  perubahan pola dalam satu variabel berdasarkan perubahan  pola dalam variabel yang lain. Maksudnya, ketika satu variabel memiliki perubahan untuk naik maka kita melihat perubahan dalam variabel yang lain apakah juga naik atau turun atau tidak menentu. Jika perubahan dalam satu variabel selalu diikuti oleh perubahan dalam variabel lain, kita dapat mengatakan bahwa kedua variabel ini memiliki  hubungan atau korelasi.

Penelitian korelasional bertujuan mengungkapkan  hubungan korelatif antar variabel, Hubungan korelatif  mengacu pada perubahan bahwa variasi suatu variabel diikuti variasi variabel yang lain. Dengan demikian, dalam rancangan penelitian korelasional peneliti melibatkan minimal dua variabel.

Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
  • hipotesis alternatif (H1) yang berbunyi  ”Ada hubungan antara variabel x dan y”  Atau ada hubungan antara perhatian perawat dengan lama waktu sembuh pasien.
  • Hipotesis nol (HO) yang berbunyi ” Tidak ada hubungan antara variabel x dan y”. Atau Tidak ada hubungan antara perhatian perawat  dengan lama waktu sembuh pasien.
  Interpretasi dalam Korelatif

Penilaian dari interpeasi ini adalah :
  • semakin mendekati nilai positif atau negatif satu (-/+ 1) adalah semakin signifikan atau semakin erat  Variabel Y  Variabel hubungannya. Menurut Colton kekuatan hubungan dinyatakan berikut ini; a.  + atau - 0.80 hingga 1.00 korelasi sangat tinggi; b.  0.60 hingga 0.79 korelasi tinggi; c. 0.40 hingga 0.59 korelasi moderat; d.  0.20 hingga 0.39 korelasi rendah; e. 0.01 hingga 0.19 korelasi sangat rendah; f.  0,00 berarti tidak ada hubungan.

  • Korelasi diukur dengan suatu koefisien (r) yang  mengindikasikan seberapa banyak relasi antar dua variabel.
  • Daerah nilai yang mungkin adalah +1.00 sampai -1.00. Dengan +1.00 menyatakan hubungan positif  yang sangat erat, sedangkan -1.00 menyatakan  hubungan negatif yang sangat erat.
  • Nilai ( + 1 ) berarti semakin tinggi nilai variabel x  semakin tinggi Nilai variabel y
  • Nilai ( - 1) berarti kenaikan nilai variabel x menurunkan nilai variabel y nya.
  • Pengambilan keputusan dapat menggunakan angka pembanding t tabel dengan kriteria sebagai berikut: a.  Jika t hitung > t table = H0 ditolak atau Ha diterima; b.  Jika t hitung < t table =H0 diterima atau Ha ditolak.
  • Pengambilan keputusan dapat menggunakan  Taraf signifikansi: a.  pada signifikan 1 %, atau tingkat kesalahan 1%/  kesempatan untuk benar 99% α = 0,01 , signifikan apabila P-value< α; b.  di program hasil spss akan menunjukan nilai sig =0, nilai ini berarti signifikan/ benar; c.  Bidang keperawatan dan kebidanan signifikansi umumnya menggunakan pada α = 5 % , atau  tingkat kesalahan 5% / kesempatan untuk benar  95%, α= 0,05 sinifikan apabila P-value < dari 0,05; d.  Nilai sig =0.000 beranrti signifikan atau α= 0,005.
Analisis dalam Tehnik Korelasi
Teknik yang paling sering digunakan untuk menghitung koefisien korelasi selama ini adalah ;
Teknik Korelasi Product Momen Pearson. 
Pemikiran utama korelasi product momen adalah seperti  ini
  • Jika kenaikan kuantitas dari suatu variabel diikuti dengan kenaikan kuantitas dari variabel lain, maka  dapat kita katakan kedua variabel ini memiliki korelasi yang positif.
  • Jika kenaikan kuantitas dari suatu variabel diikuti dengan penurunan kuantitas dari variabel lain, maka dapat kita katakan kedua variabel ini memiliki  korelasi yang negatif.
Demikianlah artikel mengenai penelitian Studi Korelatif, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Sejarah Kudeta di Indonesia

by Amir Al-Maruzy on 08:36
Sejarah Kudeta di Indonesia - Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Sejarah Kudeta di Indonesia. Yup kadang kita mendengar kata kudeta maka kita akan terbayang pada peristiwa perebutan kekuasaan dari penguasa yang sah, dan cara merebut kekuasaan itu memakai cara kekerasan, baik menggunakan senjata, maupun menggunakan kekuatan massa (orang banyak).
Apakah sebenarnya kudeta itu?? Kata kudeta berasal dari bahasa Perancis, coup d’etat yang bermakna serangan atau pukulan pada negara. Seorang ahli sosial Samuel P. Huntington mengidentifikasi tiga jenis kudeta, yakni:
Breakthrough coup d’etat: Breakthrough coup d’etat terjadi tatkala militer melancarkan revolusi untuk menggulingkan pemerintahan tradisional dan menciptakan elite birokrasi baru.
Guardian coup d’etat: Guardian coup d’etat terjadi tatkala militer melakukan kudeta dengan dalih menegakkan tatanan publik dan sejumlah alasan lain yang telah melekat pada alam pikir militer dan selalu dikaitkan dengan patriotisme.
Veto coup d’etat: Veto coup d’etat terjadi ketika militer memveto atau menolak eksistensi kelompok-kelompok tertentu dalam politik dan berkonfrontasi dengan kekuatan politik oposisi-sipil.
Sejarah Kudeta di Nusantara
Di Indonesia (Nusantara selebelum 17 Agustus 1945) Sudah terjadi ratusan peristiwa perebutan kekuasaan dari penguasa yang sah, dan peristiwa ini bisa dimasukkan dalam kategori kudeta, peristiwa kudeta itu bisa ditulis antara lain:
Kudeta Ken Arok
Sekitar Abad Ke-12 Ken Arok Membunuh Adipati Tumapel: Tunggul Ametung dan merebut istrinya Ken Dedes Serta merebut kekuasaan Tunggul Ametung. Kelak Ken Arok kemudian menjadi pendiri kerajaan Besar SingaShari.
Kudeta Ra Kuti
Pada tahun 1316 dan 1317 Kerajaan Majapahit carut marut karena terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Ra Kuti dan Sengkuni. Kondisi itu memaksa Raja Jayanegara untuk menyelamatkan diri ke desa Bedander dengan pengawalan pasukan Bhayangkara dibawah pimpinan Gajah Mada. Berkat siasat Gajah Mada, Jayanegara berhasil kembali naik tahta dengan selamat. Adapun Kuti dan Sengkuni berhasil diringkus dan kemudian dihukum mati.
Kudeta Aria Penangsang
Pada Abad ke-15 Aria Penangsang berusaha melakukan pembunuhan terhadap sultan Hadiwijaya oleh aria Penangsang dilakukan dengan aneka cara diantaranya setelah perundingan diplomatis, dimana secara diam diam oleh aria Panangsang. Dimana dalam perundingan tersebut mengalami jalan buntu akibat tidak terimanya usul sultan Hadiwijaya memberikan Demak kepada aria Penangsang dan status Demak sebagai kadipaten dibawah kesultanan Pajang.
Sangat beruntung bagi sultan Hadiwijaya, karena seusai perundingan menyimpang dulu ke wilayah gunung Danaraja ,Jepara untuk bertemu dengan Ratu Kalinyamat yang sedang bertapa lukar umbar aurat. Tujuan Sultan Hadiwijaya berkunjung ke Danaraja adalah memenuhi permintaan sunan Kalijaga untuk menghentikan tapa lukar umbar aurat Ratu Kalinyamat. Sultan Hadiwijaya berhasil menghentikan tapa lukar umbar aurat Ratu Kalinyamat. Dan membawa sang Ratu kembali ke Jepara untuk memimpin kabupaten Jepara yang lama kosong ditinggal bertapa. Himbauan Sultan Hadiwijaya kepada Ratu Kalinyamat, menyatakan bahwa jika Jepara dibiarkan kosong, maka dengan mudah aria Penangsang dapat merebut Jepara, serta membiarkan Jipang menjadi lebih kuat. Dalam perjalanan pulang dari Jepara ke Pajang, rombongan sultan Hadiwijaya dihadang oleh Pasukan Jipang. Akan tetapi pasukan ini gagal memerangi sultan Hadiwijaya dan rombonganya. Bahkan seultan Hadiwijaya berhasil menawan sisa pasukan Jipang yang masih hidup. Namun dilepaskan dengan membawa pesan untuk mempermalukan adipati Jipang. Gagalah Usaha perebutan kekuasaan Aria Penangsang.
Kudeta Petani Banten
Pemberontakan di Banten tahun 1888 itu seperti suatu fenomena yang berdiri sendiri. Tetapi peristiwa pemberontakan tahun 1888 di Banten itu bukan suatu tindakan yang tiba-tiba di pihak petani yang tidak tahu apa-apa, yang mengamuk karena fanatik agama, seperti yang hendak dikesankan oleh beberapa laporan. Sejak hari pertama sudah jelas bahwa pemberontakan ini merupakan suatu pemberontakan yang telah dipersiapkan dan direncanakan dan mempunyai lingkup yang jauh melampaui batas-batas kota kecil Cilegon. Peristiwa itu merupakan kulminasi suatu gerakan pemberontakan yang selama bertahun-tahun bergiat secara terang-terangan atau secara rahasia. Usaha para Petani ini ingin menggulingkan kekuasaan Pemerintahan Kolonial Belanda di Banten.
Kudeta Peta di Blitar
Rakyat tidak sanggup lagi menahan penderitaan, lama kelamaan rakyat menjadi berani. Mereka bertekat untuk melawan Jepang. Pada tanggal 14 Februari 1945 terjadilah Pemberontakan Peta di Blitar yang paling menggoncangkan pemerintah militer Jepang, karena pelakunya justru prajurit binaan Jepang. Pemberontakan tersebut dipimpin oleh Supriyadi, karena mempunyai benih-benih, baik yang berasal dari dalam kehidupan Daidan (Komandan Batalyon/Mayor) Blitar itu sendiri maupun keadaan masyarakat yang cukup menderita, akibat penjajahan Jepang yang selalu merugikan rakyat Indonesia. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah: apa yang melatarbelakangi Pemberontakan Peta di Blitar, dan bagaimana bentuk Pemberontakan Peta di Blitar yang di bawah pimpinan Supriyadi.
Pemberontakan PKI Madiun
Peristiwa Madiun adalah sebuah konflik kekerasan yang terjadi di Jawa Timur bulan September – Desember 1948 antara pemberontak komunis PKI dan TNI. Peristiwa ini diawali dengan diproklamasikannya Negara Republik Soviet Indonesia pada tanggal 18 September 1948 di Kota Madiun oleh Muso, seorang tokoh Partai Komunis Indonesia dengan didukung pula oleh Menteri Pertahanan saat itu, Amir Sjarifoeddin. Pada saat itu hingga era Orde Lama peristiwa ini dinamakan Peristiwa Madiun, dan tidak pernah disebut sebagai pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Baru di era Orde Baru peristiwa ini mulai dinamakan Pemberontakan PKI Madiun.Bersamaan dengan itu terjadi penculikan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Madiun,baik itu tokoh sipil maupun militer di pemerintahan ataupun tokoh-tokoh masyarakat dan agama. Masih ada kontroversi mengenai peristiwa ini. Sejumlah pihak merasa tuduhan bahwa PKI yang mendalangi peristiwa ini sebetulnya adalah rekayasa pemerintah Orde Baru (dan sebagian pelaku Orde Lama).
Pemberontakan DI/ TII Jawa Barat Kartosurwirjo
Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat berawal dengan ditandatanganinya Persetujuan Renville pada 17 Januari 1948 .Sekar Marijan Kartosuwiryo mendirikan Darul Islam (DI) bersama pasukannya yang terdiri atas Hizbullah dan Sabillah(kurang lebih sebanyak 4000 orang . Ia menolak untuk membawa pasukannya ke Jawa Tengah dan tidak mengakui lagi keberadaan RI. dan tujuannya juga menentang penjajah Belanda di Indonesia. Akan tetapi, setelah makin kuat, S.M.Kartosuwiryo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) pada tanggal 17 Agustus 1949 di Desa Cisayong,Jawa Barat dan tentaranya dinamakan Tentara Islam Indonesia (TII) saat itu lah tidak sedikit rakyat yang menjadi korban. Upaya pemerintah untuk menghadapi gerakan DI/TII pemerintah bekerja sama dengan rakyat setempat.Dan dijalankan lah taktik dan strategi baru yang disebut Perang Wilayah.Pada 1 April 1962 dilancarkan Operasi Bharatayuda yaitu operasi penumpasan gerakan DI/TII. Dengan taktis Pagar Betis. Pada tanggal 4 juni 1962, S.M.Kartosuwiryo beserta para pengikutnya berhasil ditanggap oleh pasukan Siliwangi di Gunung Geber, Majalaya, Jawa Barat.Ia sempat mengajukan grasi kepada Presiden,tetapi di tolak. Akhirnya S.M.Kartosuwiryo dijatuhi hukuman mati di hadapan regu tembak dari keempat angkatan bersenjata RI 16 Agustus 1962.
Itulah beberapa dari ratusan peristiwa yang bisa digolongkan dalam kategori Kudeta, atau perebutan atau percobaan perebutan Kekuasaan dari penguasa yang sah, baik sejak masa Kerajaan Hindu-Buddha, Masa Kerajaan Islam, Masa pemerintahan Kolonial Belanda, masa pemerintahan Pendudukan Jepang, Masa Kemerdekaan Indonesia.
Demikianlah artikel mengenai Sejarah Kudeta di Indonesia Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Pidato Perpisahan Sekolah

by Amir Al-Maruzy on 09:10
Pidato Perpisahan Sekolah Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Terbaru. Sebentar lagi Kelas VI SD, kelas IX SMP dan kelas XII SMA akan tamat, karena sudah selesai menyenyam pendidikan, Jadi biasanya pada pada acara penamatan sekolah akan ada pidato perpisahan sekolah yang terbagi menjadi 2 macam, yakni pidato adik kelas yang ditinggalkan dan pidato kakak kelas yang lulus. Untuk lebih mempermantap dalam berpidato pada perpisahan atau penamatan sekolah, berikut ini kata ilmu akan share contoh pidato perpisahan Sekolah.
Pidato Adik Kelas Yang ditinggalkan
Marilah pertama-tama selaku insan yang beriman dan bertaqwa, tak henti-hentinya kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini

Kakak kakak sekalian yang kami sayangi...

Selanjutnya, pada kesempatan ini, ijinkanlah saya mewakili siswa SMA Negeri Kata Ilmu kelas X dan kelas XI untuk menyampaikan kata kata perpisahan, kesan maupun pesan berkenaan dengan berakhirnya kegiatan studi kakak-kakak siswa kelas XII di SMA Negeri Kata Ilmu ini.

Rasanya habis untaian kata yang telah saya siapkan sebelumnya untuk saya sajikan dihadapan kakak-kakak sekalian yang akan meninggalkan kami semua untuk menuju ke tempat atau jenjang pendidikan yang baru. Dan sungguh berat rasanya kami menghadapi perpisahan ini.

Hari-hari berkumpul bersama, bercengkrama yang telah kita lalui selama di Sekolah ini rasanya begitu singkat dan alangkah bahagianya jika seandainya kita senantiasa dapat bergaul, dan bersama dalam kebersamaan untuk menuntut ilmu dalam alamamater yang sama ini, dan tentunya dibawah payung SMA Negeri Kata Ilmu yang kita cintai ini. Namun apalah daya, sebab waktu jualah yang memisahkan kita dan mengharuskan untuk mengakhiri semuanya, sebab tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap ada pertemuan pasti akan ada perpisahan. Akan tetapi perpisahan ini hendaknya kita interpretasikan atau kita pahami dalam arti kata sebagai pisah raga dalam masa saja, namun hati kita tetaplah menyatu untuk selamanya.

Kakak kakak sekalian yang kami cintai...

Tentu tidak pernah bisa kita lupakan, masa - masa selama di sekolah ini yang kita lalui untuk bergaul dengan akrab dengan kakak sekalian, yang sekaligus juga telah banyak memberikan motoivasi, kontribusi dan juga pengalaman-pengalaman yang bermanfaat bagi kami selama dalam kebersamaan tersebut. Karena pada hakekatnya seorang kakak ialah seorang yang tidak ingin merugikan adik-adiknya dan senantiasa memberikan hal-hal yang berguna dan bermanfaat untuk kemajuannya kedepan. Maka dari itulah kami mengucapkan terima kasih itu semua.

Kakak kakak sekalian yang kami banggakan...

Kiranya selama ini didalam pergaulan dan kebersamaan. Kita tidak mampu melepas diri dari rasa salah dan khilaf. Untuk itu maafkanlah kami baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dan atas kekhilafan yang talah diperbuat itu, anggaplah oleh kakak-kakak sekalian hal-hal biasa dalam pergaulan antara kakak dan adiknya. Dan mungkin sebaliknya, jika seandianya terdapat kesalahan kakak terhadap kami, adik-adikmu, semua terlebih dahulu kami maafkan.

Demikanlah yang dapat saya sampaikan, selamat jalan kakak-kakakku tercinta, selamat berpisah...untuk bersua kembali. Semoga Tuhan YME meridhai kita semua...

Pidato Kakak Kelas Yang Meninggalkan

Marilah pertama-tama selaku insan yang beriman dan bertaqwa, tak henti-hentinya kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini

Hadirin yang berbahagia...

Ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini. Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok. Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Hadirin Yang Saya Banggakan...

Tak lupa juga kami sangat berterima kasih mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang ini untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya mereka membimbing kami. Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Hadiran Yang Berbahagia...

Kejarlah cita-citamu teman !! agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien. Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Tuhan YME.

Demikanlah artikel mengenai Contoh Pidato Perpisahan Sekolah, semoga artikel diatas dapat memberikan inspirasi bagi kita semua.[ki]

Penelitian Studi Kasus

by Amir Al-Maruzy on 21:19
Penelitian Studi Kasus Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai Penelitian Studi Kasus. Studi kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Mengadakan studi kasus dengan cara meneliti suatu permasalahan melalui suatu kasus yang terdiri dari unit tunggal.
Definisi lain yang sering anggap sama atau mirip adalah laporan kasus dan tinjauan kasus. Kata majemuk tersebut sama sekali berbeda dengan studi kasus. Tinjauan kasus lebih menekankan pada review atau melakukan tinjauan ulang secara kritis suatu laporan kasus. Di dalamnya terdapat analisis dan opini argumentatif dari sudut pandang tertentu. Sedang laporan kasus lebih merupakan deskripsi pelapor yang bersumber langsung dari kejadian atau fenomena. Pendapat lain tentang laporan kasus menurut Bromley (Zucker, 2001) berarti ringkasan suatu kasus atau dokumen yang melaporkan suatu kasus sedang tinjauan kasus berarti penilaian kritis terhadap suatu kasus. Sedang studi kasus berbeda dari dua hal tersebut di atas karena digunakannya metode memperoleh pengetahuan secara ilmiah dan temuan-temuannya ditujukan untuk penggunan profesional.
Tinjauan Leksikal Studi Kasus
Istilah ‘studi kasus’ berasal dari bahasa inggris dari frase “case study’ (=studi kasus). Jika di urai kata ‘case’ dan ‘study; mempunyai arti dan makna sendiri. Case, Kamus Oxford (1991) memaknai sebagai : example of the occurrence of something; set of facts; matter being investigated by the police, yang dapat dapat diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berturut-turut : contoh kejadian sesuatu; serangkaian kenyataan-kenyataan; perihal yang sedang di periksa polisi. Sedang kata ‘study’ dimaknai oleh Kamus tersebut antara lain : process of learning something;book etc, resulting from research;give time and attention to learning something; examine carefully; yang dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai serangkaian kegiatan mempelajari sesuatu; buku dll hasil penelitian; mencurahkan waktu dan perhatian untuk mempelajari sesuatu; memeriksa dengan seksama. Mencermati makna kamus diatas dapat diartikan bahwa studi kasus mengandung makna serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan penuh perhatian terhadap sesuatu fenomena aktual yang menjadi fokus perhatian.
Data yang dikumpulkan bukan hanya tentang saat ini saja tetapi juga kejadian / peristiwa / proses yang terjadi masa lalu yang mungkin berkaitan dengan saat saat ini. Proses sistematik yang ditujukan untuk mengembangkan temuan-temuan yang didasarkan atas bukti yang tidak diragukan menjadi sesuatu hasil akhir kejadian atau hasil-hasil akhir yang saling berkaitan yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena.
Definisi teknis Studi Kasus
Definisi dan penjelasan di atas bagi beberapa orang mungkin abstrak dan membutuhkan definisi teknis. Definisi yang lebih teknis dikemukakan Yin (1996) yang menyatakan bahwa studi kasus adalah pencarian pengetahuan secara empiris yang : menyelidiki fenomena dalam konteks kehidupan nyata, bilamana : batas-batas antara fenomena dan konteks tidak tampak dengan tegas; dan dimana multisumber bukti digunakan.
Studi Kasus Menurut Ahli
Pendapat Pollit & Hungler (1999) memperjelas lagi tentang esensi studi kasus:”…karena harus tepat untuk analisis yang intensif, maka fokus studi kasus khususnya adalah pada penentuan dinamika mengapa seseorang berpikir, berperilaku, atau mengembangkan diri dan bukan pada apa statusnya, kemajuannya, tindakannya atau pikirannya. Apakah suatu penelitian merupakan kuasi eksperimental ataupun eksperimental, pengumpulan data dan metode analisis dimahfumi menyembunyikan banyak rincian atau detail (Stake, 1995) Studi kasus dirancang untuk memperjelas detail dari sudut pandang partisipan melalui multi sumber yang mungkin. Umumnya penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif inti dari penyeledikan adalah variabel atau beberapa variabel tertentu, berbeda dalam studi kasus yang menjadi pusat adalah kasus itu sendiri.
Unit analisis pada penelitian studi kasus merupakan hal lain kritikal. Unit analisis studi kasus bukanlah individu atau lembaga itu sendiri tapi lebih khas kepada sistem tindakan (Tellis, 1997). Unit analisis tersebut bisa bervariasi dari sistem tindakan yang dihasilkan oleh individu atau individu-individu sampai dengan suatu lembaga. Walaupun ada yang menerapkannya secara retrospektif tetapi studi kasus paling sering diterapkan secara prospektif. Data- data diperoleh dari dokumen-dokumen, arsip (baik digital maupun konvensional: pen), wawancara, observasi langsung, observasi partisipatif, dan artefak fisik (Yin, 1994).
Aziz S.R. (2003) menyatakan bahawa penelitian yang terinci tentang seseorang (individu) atau sesuatu unit sosial selama kurun waktu tertentu disebut studi kasus. Lebih tegas Aziz menambahkan bahwa penelitian studi kasus adalah penelitian terhadap fenomena dalam konteks kehidupan nyata, bilamana batas-batas antara fenomena dan konteks tak tampak dengan tegas; dan dimana: multi sumber bukti dimanfaatkan.
Untuk memahami lebih jauh tentang studi kasus dengan lugas Feagin, Orum, & Sjoberg (1991) dalam Tellis (1997) menyatakan bahwa studi kasus merupakan penelitian yang melakukan analisis dari berbagai sudut pandang (multi-perspectival analyses). Artinya bahwa peneliti tidak saja memperhatikan suara dan perspektive dari aktor saja, tapi juga kelompok dari aktor-aktor yang relevan dan interaksi antara mereka. Aspek ini merupakan titik yang menonjol dan penting yang merupakan ciri-ciri yang dipunyai studi kasus. Studi kasus memberi kepada yang powerless dan voiceless.
Sedangkan studi kasus menurut Kumar (1999) adalah suatu pendekatan untuk meneliti fenomena sosial melalui analisis kasus individual secara lengkap dan teliti, serta memberikan suatu analisis yang intensif dari banyak rincian khusus yang sering terlewatkan oleh metode penelitian lain. Pollit & Hungler (1999) memaknai studi kasus sebagai metode penelitian yang menggunakan analisis mendalam, yang dilakukan secara lengkap dan teliti terhadap seorang individu, keluarga, kelompok, lembaga, atau unit sosial lain.
Kapan studi kasus digunakan
Yin (1994) dalam Tellis (1997) mengajukan paling tidak 4 aplikasi model studi kasus :
  • Untuk menjelaskan tautan sebab-akibat yang rumit (complex causal links) dalam intervensi kehidupan nyata
  • Untuk menggambarkan konteks kehidupan-nyata yang mana intervensi tersebut terjadi
  • Untuk menggambarkan intervensi itu sendiri
  • untuk mengeksplorasi situasi-situasi tersebut yang mana intervensi-intervensi yang sedang dievaluasi tidak mempunyai set outcomes yang jelas
Studi kasus keperawatan dan kedokteran misalnya yang dilakukan pada pasien tunggal sebagai unit analisis maka untuk memperoleh pemahaman yang kaya akan fokus studi ini penelitian studi kasus menggali data dari partisipan dan informan utama dengan wawancara mendalam, menggali dari rekam medik pasien, dan pengamatan bahkan buku harian/ agenda pasien atau coretan-coretan dinding (misalnya pada pasien psikosa) merupakan sumber yang memperkaya informasi dalam suatu studi kasus. Sebagai misal penelitian dengan unit analisis pasien Gagal Ginjal Kronis, maka konteksnya adalah keluarganya, orang berarti di sekeliling pasien, perawat, atau dokter . Jadi konteksnya adalah orang lain dan sumber informasi diluar kasus itu sendiri.
Kelebihan studi kasus :
  • Analisis intensif yang dilewatkan tidakdilakukan oleh metode lain
  • Menghasilkan ilmu pengetahuan pada kasus khusus
  • Cara yang tepat untuk mengeksplorasi fenomena yang belum secara detail diteliti
  • Sering menghasilkan kesadaran pengetahuan baru
  • Informasi yang dihasilkan dalam suatu studi kasus dapat sangat bermanfaat dalam menghasilkan hipotesis yang diuji lebih ketat, rinci, dan seteliti mungkin pada penelitian berikutnya. Studi kasus yang bagus (well designed) merupakan sumber informasi deskriptif yang baik dan dapat digunakan sebagai bukti untuk suatu pengembangan teori atau menyanggah teori (Burns & Grove, 1997).
Demikianlah artikel mengenai Penelitian Studi Kasus semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]

Wakil Presiden Republik Indonesia

by Amir Al-Maruzy on 10:48
Wakil Presiden Republik Indonesia - Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai daftar wapres Indonesia dari masa Ke Masa, langsung saja disimak.
Drs. Mohammad Hatta (1945 – 1956)
Mohammad Hatta dilahirkan di Aur Tajungkang Mandianin, Bukittinggi, Sumatra Barat, Pada tanggal 12 Agustus 1902. Puncak karier  politik Mohammad Hatta terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika ia bersama Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian, 18 Agustus 1945 mohammad hatta dilantik menjadi wakil presiden.  Dengan hati dan pikiran jernih Mohammad Hatta mendapati perang wakil Presiden tidak terlalu berpungsi dalam undang-undang dasar 1950 hingga dengan kejujuran dan keberaniannya ia menyatakan mundur dari jabatan wakil presiden pada tanggal 1 desember 1956.  Mohammad Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 maret 1980. Jenazanya dimakamkan ditaman pemakaman umum tanah kusir, Jakarta Selatan.
Sri Sultan Hamengku Buwono IX (1973 – 1978)
Nama kecilnya adalah Raden Mas Dorojatun. Dilahirkan diyogyakarta pada tanggal 12 April 1912. Ayahnya adalah Sri Sultan Hamengku Buwono VIII sedangkan ibunya adalah Gusti Raden Ayu Adipat Anom. Pada tahun 1939 ia dinobatkan menjadi putra mahkota kesultanan Yogyakarta dan setahun kemudian, ia diangkat menjadi sultan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ketika Indonesia merdeka, ia langsung menyatakan bahwa kesultanan Yogyakarta merupakan bagian tidak terpisahkan dan Negara kesatuan republik Indonesia. Ia menjadi mengagas “serangan umum” diyogyakarta gagasan itu kemudian disampaikannya kepada Letnan Kolonel Soeharto. Tanggal 1 Maret 1949 terjadi serangan umum yang membuat tentara nasional indonesi mampu menduduki Yogyakarta, Sekalipun hanya dalam waktu 6 jam saja. Sri Sultan Hamengku Buwono IX terlibat secara aktif dalam pemerintahan republik Indonesia. Berbagai jabatan tinggi dipemerintahan Indonesia pernah dipercayakan padanya di antaranya:
  • Menteri pertahanan dan keamanan dalam kabinet Hatta II (4 Agustus 1948 – 13 Juli 1949).
  • Menteri pertahanan dan keamanan dalam kabinet republik Indonesia serikat (20 desember 1949 – 6 September 1950).
  • Menteri pertahanan dan keamanan dalam kabinet Wilopo (3 April 1952 – 30 Juli 1953).
  • Wakil perdana menteri kabinet Muhammad Natsir (6 September 1950 – 27 April 1951).
Sultan Hamengku Buwono IX ditunjuk menjadi wakil presiden pada kabinet pembangunan II (28 Maret 1973 – 29 April 1978) mendampingi presiden Soeharto. Sultan Hamengku Buwono IX wafat dirumah sakit George Washington University Medical Centre, Amerika Serikat, pada tanggal 2 Oktober 1988. Jenazahnya dimakamkan dikompleks pemakaman raja, di Imogiri, Yogyakarta. Jutaan orang mengantar dan mengiringi jenazah Sultan Yogya yang dikenal sangat merakyat tersebut.
Adam Malik (1978 – 1983)
Adam Malik dilahirkan dikampung keeling, pematang siantar, tanggal 22 Juli 1917. Ayahnya adalah Haji Abdul Malik dan ibunya bernama Salamah. Sekalipun pendidikan formulanya hanya SMP, namun reputasinya selaku politisi dan diplomat ulang diakui dunia internasional. Sejak berusia remaja, Adam Malik telah berkiprah dalam politik Indonesia. Ia pernah mendirikan cabang partai Indonesia di medan dan kemudia dia ditunjuk sebagai ketua. Selain aktif berpolitik, Adam Malik juga berkiprah dalam dunia jurnalistik. Bersama pandu Kartawiguna, Albert Manumpak Sipahutar, dan Mr. Sumanang, Adam Malik mendirikan kantor berita antara pada tahun 1937. Setelah indonsia merdeka, peran dan jasa Adam Malik bagi Indonesia amat besar, Beberapa peran yang disandang Adam Malik adalah:
  • Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Indonesia untuk Uni Soviet dan Polandia pada tahun 1959.
  • Ketua delegasi Indonesia dalam perundingan dengan delegasi belanda di Virginia, Amerika Serikat. Perjanjian New York akhirnya ditandatangani 15 agustus 1962 hingga menyebabkan irian barat kembali kepangkuan Indonesia.
  • Wakil Indonesia yang ditunjuk untuk memulihkan keanggotan Indonesia di perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1967.
  • Pemrakarsa berdirinya ASEAN (Association South East Asian Nations) pada tanggal 9 agustus 1967.
  • Menteri luar negeri selama lima periode berturut-turut, sejak kabinet dwikora II (28 Maret 1966 – 29 Maret 1978)
  • Ketua majelis umum PBB ke-26 pada tahun 1974.
Adam Malik ditunjuk menjadi wakil presiden pada kabinet pembangunan III (29 Maret 1978 – 19 Maret 1983) mendampingi presiden Soeharto. Adam Malik wafat di Bandung pada tanggal 5 September 1984. Jenazahnya ddimakamkan ditaman makam pahlawan kalibata, Jakarta.
Umar Wirahadikusumah (1983 – 1988)
Umar Wirahadikusumah lahir di situraja, Semedang,Jawa Barat, pada tanggal 1 Oktober 1924. Sejak remaja ia telah berkiprah dan berkarier dalam dunia militer hingga akhirnya mencapai pangkat tertinggi dalam kemiliteran sebagai jenderal. Ketika meletus pemberontakan G30S/PKI, ia yang ketika itu berpangkat mayor jenderal, Bahu membahu dengan pangkostrad, mayor jenderal Soeharto, untuk menumpas pemberontakan yang di pimping oleh letnan kolonel untung. Selepas dari dinas militer, Umar Wirahadikusumah dipercaya menjadi ketua badan pemeriksaan keuangan (BPK) hingga tahun 1983. Umar Wirahadikusumah ditunjuk menjadi wakil presiden pada kabinet pembangunan IV (19 Maret 1983 – 21 Maret 1988) mendampingi presiden Soeharto. Umar Wirahadikusumah wafat di Jakarta pada tanggal 21 Maret 2003. Jenazahnya dimakamkan di taman makam pahlawan kalibata, Jakarta.
Sudharmono, S.H. (1988 – 1993)
Sudharmono lahir di crème, gresik, jawa timur, pada tanggal 12 Maret 1927. Pendidikan hukumnya diselesaikan di fakultas hukum Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1962. Beberapa jabatan penting yang pernah disandangnya diantarannya adalah:
  • Jaksa tentara tertinggi di Medang, Sumatra Utara.
  • Jaksa tentara merangkap perwira staf penguasa perang tertinggi.
  • Menteri/Sekretaris Negara pada kabinet pembangunan III (29 Maret 1978 – 19 Maret 1983).
  • Menteri/ Sekretaris Negara pada kabinet pembangunan IV (19 Maret 1983 – 21 Maret 1988).
Sudharmono, S.H. ditunjuk menjadi wakil presiden pada kabinet pembangunan V (21 Maret 1988 – 117 Maret 1993) mendampingi presiden Soeharto. Sudharmono, S.H. Wafat pada bulan januari 2006.
Try Sutrisno (1993 – 1998)
Try Sutrisno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 15 November 1935. Karier militernya dimulai setelah ia lulus akademi militer angkatan darat (Atekad) yang dimasukinya pada tahun 1955. Ia turut berjasa dalam mempertahankan keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia  dari berbagi pemberontakan ditanah air, diantaranya:
  • Pemberontakan darul islam / tentara islam Indonesia (DI/TII) di Aceh pada tahun 1957.
  • Pembebasan Irian Barat pada tahun 1962.
  • Pemberontakan gerakan 30 September / partai komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965.
Karier militernya yang cemerlang membuatnya menjadi ajudan presiden Soeharto pada tahun 1974 hingga tahun 1978 dan akhirnya menjabat Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pangab) dengan pangkat jenderal pada tahun 1988 menggantikan jenderal Leonardus Beni Moerdani. Try Sutrisno ditunjuk menjadi wakil presiden pada kabinet pembangunan VI (1993 – 1997) mendampingi presiden Soeharto.
Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie (Maret 1988 – Mei 1998)
Bachruddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-pare pada tanggal 25 juni 1936. Dalam kabiet pembangunan VII, ia dilantik menjadi wakil presiden pada bulan maret 1998. Namun hanya berselang dua bulan kemudian, 21 Mei 1998, ia menerimah penyerahan kekuasaan selaku presiden menggantikan Soeharto yang terpaksa mundur akibat desakan rakyat yang diawali dengan adanya krisis ekonomis, krisis politik, dan kerusuhan massal.
Megawati Soekarnoputri (1999 – 2001)
Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 23 januari 1947. Pada pemilihan umum (Pemilu) pada tanggal 7 juli 1999, partai demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) yang dipimpingnya memperoleh kemenangan (34%), namun ia tidak serta merta dapat menjadi presiden. Ia kalahkan suara dibandingkan K. H. Abdurrahman Wahid dalam pemilihan langsung menjadi presiden oleh anggota majelis permusyawaratan rakyat. Sehari kemudian ia terpilih menjadi wakil presiden mengalahkan Hamza Haz dalam pemilihan langsung oleh anggota MPR.
Hamzah Haz (2001 – 2004)
Hamzah Haz dilahirkan di desa pesaguang, molahilir, ketapang, Kalimantan barat pada tanggal  15 Februari 1940. Ayahnya bernama Abdullah Ahmad, seorang guru sekolah rakyat yang kemudian menjabat sebagai kepala desa, dan ibunya adalah Zaenab. Setelah menamatkan pendidikan dasar dan menengah, ia melanjutkan pendidikanya kesekolah menengah ekonomi atas (SMEA) Pontianak. Pemerintah daerah ketapan, kemudian mengirimkannya untuk belajar ke Akademi Perbankan di Bandung, Jawa Barat. Kemudian, ia kembali dikirimkan untuk belajar dan mendalami masalah perkoperasian di Yogyakarta. Sekembalinya ke Pontianak, Hanzah Haz berkiprah sebagai wartawan. Ia juga menjadi guru di SMA ketapang sekaligus mendirikan Koran dengan nama Surat Kabar Berita Pawan. Ia melanjutkan kuliah di fakultas ekonomi tanjung pura hingga tingkat IV. Ia kemudian menjadi anggota DPRD Kalimantan barat pada tahun 1968. Selanjutnya, ia menjadi anggota DPR mewakili partai nahdatul ulama (NU) Kalimatan barat.
Berbagai jabatan pernah disandang Hamzah Haz, diantaranya :
  • Ketua umum partai persatuan pembangunan (PPP) periode 1998-2003.
  • Menteri Negara investasi / kepala BKPM dalam kabinet Reformasi pembangunan (mei 1998 – 1999).
  • Menteri koordinator kesejahteraan rakyat dan pengentasan kemiskinan (Menko Kesra dan Taskin) pada kabinet persatuan nasional (1999 – 2001).
Hamzah Haz menjadi wakil presiden (1999 – 2004) setelah menang suara dalam pemilihan langsung wakil persiden oleh anggota MPR mengalahkan Akbar Tandjung, Susilo Bambang Yudhoyono, Agung Gumelar, dan Siswono Yudho Husodo.
Muhammad Jusuf Kalla (2004-2009)
Muhammad Jusuf Kalla dilahirkan di watampone, Bone, Sulawesi Selatan, pada tanggal 19 mei 1942. Muhammad Jusuf Kalla menempuh pendidikan dasar di watampone, SMP dan SMA dikota Makassar dan kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di fakultas ekonomi universitas hasanuddin (UNHAS) hingga lulus dan meneruskan studi bisnis di Prancis. Muhammad Jusuf Kalla kemudian menjadi pengusaha, aktif dalam organisasi dan juga politik. Dalam bidang usaha, PT Bukaka teknik utama (BTU) memproduksi produk berskala dunia, diantaranya membuat “belalai gajah” atau ramp way, yakni peralatan yang digunakan penumpang saat turun dan naik kedalam pesawat terbang.
Dalam bidang organisasi, Muhammad Jusuf Kalla pernah menjabat sebagai :
  • Ketua alumni universitas hasanuddin.
  • Ketua ikatan sarjana ekonomi Indonesia.
  • Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Sulawesi selatan.
  • Ketua dewan pertimbangan kamar dagang dan industri (Kadin).
Dalam bidang politik, Muhammad Jusuf Kalla pernah tercatat sebagai :
  • Anggota majelis permusyawaratan rakyat (MPR) selam 5 periode (1982 – 2001).
  • Menteri perindustrian dan perdagangan pada kabinet persatuan nasional (1999 – 2001).
  • Menteri koordinator kesejahteraan rakyat (Menko kesra) pada kabiet gotong royong (10 agustus 2001 – 2004).
Muhammad Jusuf Kalla menjadi wakil presiden sejaki tahun 2004 setelah ia bersama Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono terpilih dalam pemilihan langsung oleh rakyat.
Prof. Dr. Boediono(2009 - 2014 )
Boediono dilahirkan di Blitar, Jawa Timur, tanggal 25 Februari 1943. Gelar kesarjanaannya didapatkan di University Of Western Australia tahun 1967, dilanjutkan gelar Masternya di Monash University,Melbourne, Australia pada 1972. Sementara gelar Doktornya di dapat di Wharton School University Of Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 1979. Boediono juga berpengalaman sebagai dosen Fakultas Ekonomi, UGM Yogyakarta. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur III bank Indonesia urusan pengawasan BPR (1986 – 1997), Direktur I bank Indonesia urusan operasi dan pengendalian moneter (1997 – 1998), menteri Negara perencanaan pembangunan nasional/ketua Bappenas kabinet repormasi pembangunan (1998-1999), menteri keuangan kabinet gotong royong (2001-2004), dan menteri coordinator perekonomian kabinet indonesia bersatu (2005-2009). Boediono terpilih menjadi wakil presiden dalam pemilu legislatif, april 2009 mendamping Susilo Bambang Yudhoyono.[ki]

Tips Hamil Terbaru

by Amir Al-Maruzy on 23:16
Tips Hamil Terbaru Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Tips Hamil cepat. Panduan Tips Hamil ini tentunya banyak dicari oleh pasangan suami istri (pasutri) yang sementara ini Lagi melakukan program Hamil.

Anak merupakan penyambung generasi kita, yang akan memikul tanggung jawab kita selanjutnya dalam kehidupan ini, peran anak atau keturunan juga sebagai pengemban cita-cita kita tentunya. Nah sebagaimana fitrahnya, sebuah keluarga kita ciftakan dengan tujuan utama melahirkan anak tentunya, namun harapan tidak semulus dengan kenyataan dan timbul masalah, yakni sebuah keluarga sudah beberapa waktu menikah atau membentuk keluarga, namun sampai saat ini belum dikaruniai Momongan.

Namun dibalik masalah itu, kita sebagai mahluk yang diberi Tuhan pemikiran dan akal, tentu mesti berusaha untuk keluar dari masalah diatas, yakni sampai saat ini belum mempunyai anak. Ada banyak cara yang boleh dilakukan untuk keluar dari masalah ini, kongkritnya dengan memperhatikan nutrisi dan pola hidup sehat, agar pasutri dapat dan mampu menghasilkan keturunan, disamping itu sebagai yang berpendidikan, maka kita mesti mendiaknosa penyebab tidak hamil kita atau istri kita lewat cara ilmiah atau lewat diaknosa kedokteran. hal yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah selalu menggantungkan pengharapan dan doa kepada Tuhan, agar mendapatkan keturunan atau diberi amanah daru Tuhan untuk mengandung, melahirkan dan merawat anak.

Ada satu buku yang telah ditulis oleh ahlinya mengenai kiat-kiat agar cepat hamil, buku ini merupakan buku hasil karangan dari dr. Ana, yang tentunya mengupas secara detail dan menyeluruh mengenai tips agar cepat dapat momongan. Buku ini telah banyak dibeli oleh para pasutri yang beluim dikaruniai anak, dan alhamdulillah dengan pertolongan Tuhan dan tentu usaha yang telaten dan tanpa mengenal lelah, pasutri yang semula belum mendapatkan anak, kini telah dikarunia anak tentunya.

Kapan saya hamil, atau kapan istri saya mengandung. merupakan sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan di tempat praktik maupun di rumah sakit.  Masalah susah hamil ini bukanlah masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan gampang. Dokter spesialis harus memberikan banyak tips secara lengkap agar semuanya jelas. Dari kendala inilah timbul ide dari seorang dokter yang peduli untuk menulis sebuah buku yang mengupas tuntas tentang masalah ketidaksuburan ini. Dengan merangkum semua informasi dan tips dalam satu buku, pasien-pasiennya bisa lebih mengerti apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan agar bisa segera hamil.

Pada bulan Agustus 2011, buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 10 kali (edisi terbaru / edisi 10 Maret 2013). Sejak buku dr. Ana diterbitkan, Dia telah menolong RIBUAN pasangan suami istri di seluruh Indonesia dan bahkan pasangan suami istri asal Indonesia yang bermukim di Australia, Malaysia, Singapura dan Hong Kong.

Syukur alhamdulillah sudah banyak sekali Ibu yang berhasil hamil setelah membaca dan mengikuti semua petunjuk dari buku dr. Ana. Beberapa ibu bahkan berkenan untuk berbagi kisah sukses hamilnya.  Buku tips hamil ini juga telah dibaca oleh bapak dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS dan beliau mendukung hadirnya buku ini.

Inti dari Buku Tips Hamil Terbaru dr. Ana:
Dalam buku ini, dijelaskan semua hal yang PENTING untuk Anda dan pasangan Anda ketahui. Diantaranya adalah:
  • Anda akan diajak mempelajari, faktor apa yang membuat Anda sulit hamil dan memberikan solusi berdasarkan faktor masalah tersebut
  • Anda akan diperlihatkan faktor apa saja yang bisa membuat suami tidak subur. Ini penting karena ketidaksuburan bukan hanya dialami istri saja
  • Anda akan diberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu agar Anda bisa cepat hamil
  • Anda juga akan diberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya DIHINDARI
  • Anda akan mendapatkan Rahasia Tips Rahasia Cepat Hamil yang telah terbukti secara medis mampu meningkatkan peluang hamil
  • Anda akan diajarkan cara menghitung masa subur dengan akurat (Ingat!! Sangatlah penting untuk menghitung masa subur dengan tepat!)
  • Anda akan diberikan tips-tips dalam berhubungan seks, untuk menjawab pertanyaan: "Gaya bercinta manakah yang memperbesar peluang hamil?"
  • Anda akan dibagikan tips bagaimana memperbesar peluang Anda mendapatkan anak dengan jenis kelamin yang Anda harapkan
  • Bagi Anda yang mengalami kegemukan (obesitas), buku ini akan memuat tips-tips yang membantu Anda bagaimana meningkatkan peluang hamil (disertai Tips Diet lengkap!)
  • Anda akan mendapatkan penjelasan tentang obat-obatan penyubur.
  • Anda akan diberikan petunjuk kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan serangkaian tes.
  • Anda akan dijelaskan jenis-jenis pemeriksaan dan terapi yang biasa dilakukan untuk mempercepat kehamilan.
  • Dan masih banyak lagi 'RAHASIA' lain yang selama ini menjadi pertanyaan-pertanyaan Anda dan pasangan Anda.
Buku tips hamil karangan dr. Ana ini tidak dijual konvensional di toko-toko buku, melainkan dijual online langsung dari website resminya, jadi jika anda ingin memiliku buku tips hamil dari dr. Ana, silahkan langsung mempelajari dan membelinya lewat portal resminya pada link: KLIK DISINI.

Demikianlah artikel mengenai Tips Hamil terbaru, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.[ki]

Kata Mutiara Terbaru

by Amir Al-Maruzy on 21:46
Kata Mutiara Terbaru - Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai Kata Mutiara Terbaru hari ini, Yup Kata Kata Mutiara memang menjadi sebuah mantera inspirasi jiwa agar nantinya kita selalu berada pada jalur positif. Makanya Kata Ilmu akan share kumpulan kata kata mutiara terbaru hari ini.

Kata Mutiara Terbaru
Anda tidak harus tinggal dalam sebuah pekerjaan seumur hidup Anda karena jika Anda tidak menyukainya, Anda tidak bisa akan sukses di dalamnya.

Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaanlah kunci menuju sukses. Jika anda mencintai apa yang anda kerjakan, Anda akan menjadi orang sukses.

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, tapi sebaliknya kebahagiaan adalah kunci kesuksesan.

Setiap kegagalan yang Anda buat adalah anak tangga Anda menuju puncak, yaitu sukses. Setiap kegagalan yang Anda temukan, memberikan arah yang jelas menuju sukses.

Diantara ribuan peluang dan kesempatan, di sana ada kesuksesan, namun dikelilingi dengan kegagalan. Ambil kesempatan dan peluang tersebut, biarkan Anda gagal dalam proses menemukan kesuksesan tersebut.

Sukses yang sudah Anda alami di masa lalu akan membantu untuk memotivasi Anda di masa yang akan datang.

Untuk menjadi sukses, Anda harus memutuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan, tuliskan dan kemudian buatlah sebuah rencana untuk mencapainya.

Semakin besar “Mengapa” Anda akan semakin besar energi yang mendorong Anda untuk meraih sukses.

Jika Anda ditanya rumus apakah yang bisa menjamin kesuksesan seseorang, jawablah dengan mudah: Tambahlah jumlah kegagalan Anda! Mungkin Anda mengira kegagalan merupakan musuh kesuksesan, padahal sama sekali tidak. Anda boleh memilih menjadi binasa karena kegagalan atau memilih belajar dari kegagalan. Majulah dan jangan Anda menghindari kegagalan karena takut gagal. Biasanya kesuksesan Anda temukan di lokasi yang tidak jauh dari tempat Anda gagal.

Saya tahu akan harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan: dedikasi, kerja keras, dan pengabdian yang tak pernah undur untuk sesuatu yang saya inginkan untuk terjadi.

Ketekunan adalah elemen besar untuk sukses. Jika Anda mengetuk cukup lama dan cukup keras di pintu gerbang, pasti anda akan membangunkan seseorang.

Tuhan tidak menuntut kita untuk Sukses, Dia hanya mengharuskan kita Berusaha.

Ide saya untuk menjadi sukses, adalah dengan mengerjakan hal yang terbaik setiap hari. Hanya itu yang dapat anda lakukan.

Pemenang sejati menyadari bahwa saat-saat ia mengalami kesulitan hebat, seringkali menjadi tanda bahwa kesuksesan sudah diambang pintu.

Dalam perjalanan meraih target, adalah alamiah jika Anda menduga bahwa berbagai kesulitan ataupun hambatan akan memunculkan keberadaannya untuk ditaklukkan. Jika hidup tidaklah demikian, kesuksesan akan menjadi terlalu mudah.

Orang yang sukses selalu mencari kesempatan untuk menolong sesama, sedangkan orang yang gagal selalu bertanya, "Apa yang aku dapat dari kesempatan itu."

Orang yang sukses adalah mereka yang memiliki kebiasaan sukses.

Semua orang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki mimpi yang besar. Mereka membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan, kemudian mereka bekerja setiap hari untuk mencapai tujuan yang telah mereka miliki dalam pikiran mereka.

Kunci kesuksesan adalah dengan memusatkan pikiran kita pada apa yang diinginkan dan bukan pada apa yang kita takuti.

Kesuksesan adalah pengoptimalan suatu kelebihan kegagalan adalah akumulasi dari segala kekurangan.

Jika Anda ingin sukses, berpikirlah seperti orang-orang sukses dan jika Anda ingin bahagia berpikirlah seperti orang bahagia.

Ketika Anda melakukan sesuatu dan gagal makna kegagalan itu bukan saja akan membuahkan kesuksesan, tetapi yang pasti kegagalan itu lebih berguna ketimbang Anda tidak melakukan apa pun.

Semua orang menginginkan kesuksesan. Bagi saya, kesuksesan hanya bisa diraih dengan kegagalan dan introspeksi diri.

Seseorang yang sukses adalah seseorang yang dapat meletakkan fondasi yang kokoh dengan bata-bata yang orang lain lemparkan ke arahnya.

Hambatan terbesar untuk sukses adalah takut gagal.

Saya sudah berulang kali mengalami kegagalan dalam hidup dan maka dari itulah saya bisa sukses.

Sukses tampaknya berhubungan dengan tindakan. Orang sukses terus berusaha. Mereka membuat kesalahan, tetapi mereka tidak berhenti berusaha.

Untuk mencapai kesuksesan… Carilah sesuatu untuk dijadikan pegangan, sesuatu yang dapat memotivasi, dan sesuatu yang dapat menginspirasi.

Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda tidak akan pernah berhasil. Tetapi jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan dan selalu menempatkan pelanggan pada urutan pertama, maka kesuksesan akan menjadi milik Anda.

Orang yang sukses adalah individu yang membentuk kebiasaan melakukan apa yang orang gagal tidak suka lakukan

Sukses, adalah tetap menghadapi kekalahan demi kekalahan tanpa kehilangan semangat.

Orang sukses yang saya tahu selalu melakukan yang terbaik dengan kondisi yang ada, bukan menunggu kondisi membaik di tahun depan

Semua orang sukses adalah pemimpi besar. Mereka membayangkan apakah masa depan mereka akan menjadi ideal dari semua segi kebaikan, dan mereka bekerja setiap hari mengarah pada impian mereka yang tinggi yakni cita-cita atau tujuan.

Kesabaran, ketekunan dan keringat membuat kombinasi tak terkalahkan untuk sukses.

Pandanglah setiap rintangan sebagai bagian pembayaran menuju sukses kamu. Gunakan itu untuk memperkuat kamu bukan melemahkan kamu.

Indikator kemenangan/kesuksesan yang tertinggi adalah bukan tidak pernah mengalami kegagalan, namun kemampuan untuk bangkit kembali setiap kali kita gagal.

Raihlah kesuksesan, jangan terpaku pada kesempurnaan. Memiliki kesalahan adalah cara lain untuk mempelajari hal-hal baru dan melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Pada akhirnya, yang mendasari tingkat kesuksesan adalah suatu keyakinan yang mendasar bahwa perubahan itu mungkin sehingga semua orang dapat mengubah perilaku atau keyakinan mereka secara radikal dalam bentuk atau rupa hal yang benar akan dorongan.

Jangan menunggu saja hingga segala sesuatu menjadi benar. Itu tak akan pernah sempurna. Akan selalu ada tantangan, rintangan, dan lebih sedikit daripada kondisi sempurna. Jadi, mulailah sekarang! Dengan setiap langkah yang Anda ambil, Anda akan bertumbuh menjadi semakin lebih kuat, semakin lebih terampil, semakin lebih percaya diri, dan semakin sukses.

Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, namun adalah lebih penting untuk memperhatikan pelajaran atas kegagalan.

Bagaimana kita berpikir dapat dilihat dalam cara kita bertindak. Sikap adalah cerminan dari pikiran karena mereka merefleksikan pikiran. Selalu ada sisi yang baik dari setiap situasi. Kombinasi kesuksesan dalam bisnis adalah mengerjakan apa yang kamu kerjakan dengan baik dan melakukan lebih banyak akan apa yang kamu lakukan. Lakukan apa yang kamu takutkan dan ketakutan akan hilang.

Ingatkan diri Anda selalu bahwa diri Anda lebih baik dari apa yang Anda pikirkan. Orang sukses, bukan manusia super. Dan, tidak ada kesuksesan yang bersifat mistis. Kesuksesan tidak berdasarkan pada keberuntungan. Orang sukses adalah orang-orang biasa yang telah mengembangkan keyakinan dalam dirinya.

Keyakinan besar. Ukuran kesuksesan ditentukan oleh besarnya keyakinan kita. Berpikir kecil, akan mendapatkan hasil yang kecil. Berpikir besar, akan mendapatkan kesuksesan besar. Ingatlah itu! Ide dan rencana yang besar sering lebih mudah pasti tidak terlalu sulit daripada gagasan dan rencana yang kecil.

Sukses adalah mengerjakan hal-hal biasa dengan cara yang luar biasa.

Kesuksesan adalah upaya untuk memaksimalkan kemampuan yang ada dalam diri Anda.

Anda tidak dapat menapak tangga kesuksesan dengan memakai baju kegagalan.

Saya percaya, menjadi sukses berarti menjaga keseimbangan antara kehidupan bisnis dengan kehidupan dalam keluarga.
Demikianlah artikel mengenai Kumpulan kata Mutiara Terbaru, semoga artikel ini dapat memebrikan inspirasi bagi kita semua.[ki]
previous previous