Sejarah Bola Voli : Penjelasan, Teknik Bermain, dan Aturannya

0

Sejarah bola voli di awali dengan penciptaan game ini awal kali diciptakan oleh William Gram Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Game ini dahulu bernama minitonette serta tumbuh jadi Volley Ball ataupun Bola Voli. Bola voli merupakan berolahraga yang lumayan popular baik di Indonesia ataupun di kancah internasional, game ini dimainkan oleh 2 tim yang tiap grupnya terdiri dari 6 orang pemain. Nah gimana sejarah pertumbuhan berolahraga bola voli ini sehingga digandrungi banyak orang serta semacam apa sih peraturan di game bola vola, buat lebih jelasnya lanjut ke ulasan berikut ya.

Game bola voli awal kali diciptakan oleh William Gram Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat, dahulu bernama minitonette serta bersamaan berkembangnya era berganti nama jadi Volley Ball ataupun Bola Voli yang mana masih kita gunakan saat ini ini. Pada awal mulanya Morgan berjumpa dengan James Naismith( Penemu Berolahraga Basket), sebab termotivasi oleh james Naismith kesimpulannya Morgan menghasilkan berolahraga bola voli ini, jika kita amati temuan bola voli itu terhitung sehabis 4 tahun terdapatnya game bola basket.

Berolahraga bola voli sendiri berdiri di dasar arahan Federasi Internationale de Volleyball( FIVB) yang ialah induk organisasi berolahraga voli internasional. Jika di Indonesia berolahraga bola voli dibawahi oleh naungan Persatuan Bola Voli Segala Indonesia( PBVSI).

Sedikit uraian menimpa pergantian nama bola voli, pada mulanya minitonette diciptakan spesial anggota YMCA buat umur berusia. Pergantian nama jadi Volley Ball( Bola voli) terjalin pada tahun 1896, tepatnya di pertandingan awal kegiatan internasioanl YMCA Training School. Morgan menarangkan teknis game bola voli kepada seluruh instruktur pembelajaran jasmani, dimana teknisnya game ini diiringi oleh 2 tim yang tiap- tiap tim terdiri dari 5 orang. Tidak hanya itu, game bola voli pula dapat dicoba di dalam maupun di luar lapangan terdapat pula bisa dimainakan oleh banyak orang.

Game bola voli di Indonesia masuk kala massa penjajahan belanda dekat tahun 1928. Hendak namun, tempo dahulu game ini tidak lumayan merakyat sebab cuma dimainkan oleh para bangsawan serta orang- orang belanda.

Mulanya pertumbuhan bola voli di Indonesia di pelopori oleh guru- guru pembelajaran jasmani dari belanda, serta setelah itu bersamaan berkembangnya waktu, bola voli juga dimainkan para tentara dikala melaksanakan latihan di lapangan terbuka, mereka juga pula kerap mengadakan pertandingan antar tim.

Bola voli tumbuh sangat pesat, banyak klub- klub bermunculan dari kota- kota besar yang setelah itu melahirkan persatuan bola voli segala Indonesia tepatnya pada bertepatan pada 22 Januari 1955.

Berbeda dengan game yang lain, game bola voli tidak mempunyai batas waktu. Regu pemenang merupakan regu yang terlebih dulu sanggup mengumpulkan 25 poin/ angka ataupun sudah menggapai rally point.

Metode bermain bola voli

Peraturan game bola voli lumayan gampang dimengerti. Aturannya lumayan mempertahankan bola supaya tidak jatuh di daerah sendiri serta mempertahankan bola supaya senantiasa bergerak melewati net dengan optimal sentuhan sebanyak 3 kali.

 

Game bola voli dimulai dengan servis, servis merupakan serbuan awal yang dicoba oleh regu/ tim dalam game bola voli, servis ini terdiri dari 2 ialah servis tangan dasar serta servis tangan atas.

Sistem pertandingan bola voli

Tiap tim terdiri dari 10 pemain dengan 6 pemain inti serta 4 pemain cadangan

Sangat tidak minimun terdapat 4 pemain yang dimainkan di lapangan

Bila jumlah pemain kurang dari 4 orang hingga otomatis regu dinyatakan gugur

Pergantian pemain tidak terdapat batasanya

Pertandingan berlangsung 3 babak( 2 kemenangan) ataupun 5 babak( 3 kemenangan).

Larangan game bola voli

Pemain memegang net ataupun melewari batasan tengah lapangan

Dikala serve dilarang melewati garis ataupun menginjaknya

Tidak diperbolehkan menangkap serta melontarkan bola voli, memegang bola wajib lewat pantulan

Tiap tim cuma diperbolehkan melaksanakan satu kali timeout dalam satu babak

Dimensi lapangan bola voli

Dimensi lapangan bola voli biasanya merupakan 9 meter x 18 meter, dengan lebar garis batasan serbu terletak di balik dekat 3 meter dari garis tengah.

Besar net 2, 43 meter buat pemain putera serta 2, 24 meter buat pemain puteri, cocok peraturan yang terdapat lebar net merupakan 1 meter serta jarak tiang ke garis tepi lapangan berjarak 0, 5– 1 meter.

Dimensi Bola voli

Dimensi bola voli yang sudah diresmikan secara internasional ialah mempunyai keliling 65- 67 centimeter dengan beratnya dekat 260- 280 gr serta mempunyai tekanan hawa standar ialah 0, 30- 0, 325 kilogram/ cm2.

Demikian uraian menimpa sejarah lengkap pertumbuhan bola voli di kancah internasional ataupun di Indonesia beserta metode permainannya, mudah- mudahan bisa dipahami ya. mudah- mudahan berguna![ki]