Quinoa: Si Kecil yang Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan

Persiapan apa saja yang dilakukan masyarakat modern untuk menjaga kesehatan?
Salah satu yang paling sering dilakukan adalah menyiapkan asuransi kesehatan. Kini pilihan produk asuransi terbaik tak sulit ditemukan. Karena kita bisa mendapatkan aneka produk asuransi kesehatan di Futuready. Supermarket asuransi terpercaya ini sudah menyiapkan beragam produk asuransi dengan premi terjangkau.
Namun selain asuransi kesehatan, kita juga harus memiliki kesadaran untuk hidup sehat. Mengonsumsi makanan bergizi adalah sebuah keharusan agar kondisi tubuh senantiasa prima. Variasi makanan sehat kini semakin beragam dan mudah diolah. Salah satunya adalah quinoa.

Apa Itu Quinoa?
Quinoa masih termasuk ke dalam keluarga tanaman padi-padian. Pada awalnya, tanaman quinoa ditemukan di Pegunungan Andes. Namun kini sudah banyak yang membudidayakan quinoa karena manfaatnya sebagai salah satu alternatif sumber karbohidrat.
Quinoa berbentuk seperti biji-bijian kecil yang bebas kandungan gluten. Sehingga konsumsi bahan makanan yang satu ini sangat aman bagi kita yang alergi gluten. Walaupun bentuknya kecil, quinoa memiliki kandungan gizi yang lengkap. Kita bisa mendapatkan asupan protein, serat, mineral, dan vitamin B kompleks bila mengonsumsi quinoa dengan porsi seimbang.
Ragam Manfaat Sehat yang Ada pada Quinoa
Kandungan serat quinoa yang relatif tinggi akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu sangat baik bagi kita yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. Protein dan asam amino dalam quinoa akan mendukung proses pembentukan otot dan regenerasi sel-sel baru.
Quinoa juga memiliki indeks glikemik yang rendah, hanya berkisar di angka 53. Indeks glikemik yang rendah sangat baik bagi para penderita diabetes. Karena kadar gula darah tak akan meningkat drastis usai menyantap quinoa.
Mengolah Quinoa Ternyata Mudah
Mengolah quinoa ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Kita hanya perlu mencuci quinoa sebanyak 2 hingga 3 kali untuk menghilangkan rasa pahitnya. Kemudian quinoa bisa dimasak dengan air seperti memasak nasi, dengan perbandingan quinoa dan air sebanyak 1:2. Untuk memperkaya rasa, air bisa diganti dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran. Setelah matang, quinoa bisa disantap bersama sayuran dan lauk pauk.
Tertarik mencoba quinoa sebagai alternatif pengganti nasi?

Jangan ragu untuk segera mencobanya. Karena kandungan gizi dalam quinoa akan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Menyantap makanan sehat nan lezat memang menyenangkan.[ki]