Fungsi Lembaga Pembiayaan Perumahan

Fungsi Lembaga Pembiayaan Perumahan - Diperlukan sebuah lembaga pembiayaan rumah yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan susahnya memperoleh rumah yang layak bagi masyarakat. Dengan adanya lembaga tersebut, maka masyarakat khususnya kalangan ekonomi bawah akan bisa memperoleh rumah yang mereka inginkan selama ini dengan cukup mudah karena mereka tidak harus berhubungan langsung dengan pihak bank yang notabene selalu bertele – tele ketika kita akan mengajukan kredit apapun termasuk kredit rumah.


Memiliki rumah merupakan dambaan dan impian setiap orang. Bagaimana tidak ? rumah merupakan tempat kita berlindung dari panasnya matahari, hujan serta tempat berkumpul serta membuat rencana tentang apa – apa yang akan kita dan keluarga perbuat dimasa yang akan datang. Selain itu, rumah juga merupakan tempat melakukan pendidikan terhadap anak – anak kita agar mereka memiliki kemampuan dalam menjalani kehidupannya kelak di masa remaja dan masa tuanya. Intinya, sangat banyak fungsi rumah tersebut sehingga orang senantiasa mendambakan untuk memiliki rumah hunian yang layak bagi dia dan keluarganya. Namun, yang menjadi permasalahan saat ini adalah bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli rumah baik secara tunai maupun secara kredit. Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah begitu sangat rumit dan sulit. Baik dari segi pemenuhan uang muka dan cicilan, hingga rumitnya persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Diperlukan sebuah lembaga pembiayaan rumah yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan adanya lembaga tersebut, maka masyarakat khususnya kalangan ekonomi bawah akan bisa memperoleh rumah yang mereka inginkan selama ini dengan cukup mudah karena mereka tidak harus berhubungan langsung dengan pihak bank yang notabene selalu bertele – tele ketika kita akan mengajukan kredit apapun termasuk kredit rumah.
Lembaga pembiayaan rumah tersebut memiliki fungsi yang cukup besar baik bagi masyarakat maupun bagi pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang digenjot oleh pemerintah. Adapun fungsi lembaga pembiayaan rumah tersebut adalah sebagai berikut :
  • Bagi masyarakat : fungsi lembaga pembiayaan rumah yang paling utama ialah membantu masyarakat dengan ekonomi lemah agar terbebas dari ketentuan bank yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi.
  • Bagi pembangunan infrastruktur : fungsi lembaga pembiayaan rumah tidak hanya berguna untuk masyarakat dengan ekonomi lemah, dalam dunia bisnis termasuk pengembangan infrastruktur,  keberadaan lembaga pembiayaan rumah juga sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan tidak semua pengembang infrastruktur dan pelaku bisnis juga memiliki biaya besar untuk tujuan mereka. Melalui lembaga pembiayaan rumah, mereka bisa mendapatkan berbagai dana pinjaman seperti pinjaman dana talangan, dana proyek, dan lain-lain.[ki]