Yuk Mengisi Masa Menganggur dengan Berbagai Aktivitas Produktif!

Yuk Mengisi Masa Menganggur dengan Berbagai Aktivitas Produktif! - Pengangguran identik dengan pemalas yang minim aktivitas. Tidur dan bersantai memang kegiatan mengasyikkan ketika berlibur. Namun jangan sampai kita melakukannya secara berlebihan. Karena kita harus tetap mempertahankan semangat dan produktivitas sebelum mendapatkan pekerjaan baru.
Bukan hanya info lowongan kerja terbaru yang wajib kita cari setiap hari saat menganggur. Ragam aktivitas berikut ini juga akan membuat kita lebih bersemangat dan pantang bermalas-malasan sewaktu menganggur:
Bangun Pagi dan Berolahraga
Jangan sampai perut mudah membuncit akibat tak pernah olahraga. Bangunlah lebih pagi agar punya kesempatan menghirup udara segar. Olahraga ringan di sekitar rumah bisa kita lakukan secara rutin. Kalau hal ini sudah menjadi kebiasaan, pasti kita tak akan kesulitan memulainya setiap pagi. Sesekali, nikmati olahraga permainan yang lebih variatif seperti futsal, bulutangkis, atau tenis bersama teman-teman.

Menjadi Relawan Kegiatan Sosial
Menjadi relawan kegiatan sosial ternyata sangat mengasyikkan. Kita bisa mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Selain mempelajari banyak hal tentang berbagai bidang, kita juga berkesempatan mengenal teman-teman baru. Siapa tahu kesempatan kerja justru berawal dari perkenalan di kegiatan sosial atau ruang lingkup baru lainnya.
Mengikuti Kursus yang Potensial
Kalau masih punya uang tabungan yang mencukupi, tak ada salahnya menggunakan uang tersebut untuk kursus. Pengetahuan dan keterampilan kita akan bertambah kalau kita memilih kursus yang potensial. Ada banyak kursus yang menarik dan tak butuh waktu lama, misalnya kursus pajak, kursus menyetir mobil, kursus membuat kue, dan variasi kursus lainnya. Kita wajib memilih kursus sesuai minat supaya kita lebih bersemangat mengikuti setiap sesinya.
Merintis Bisnis Online
Semua orang bisa menjalankan bisnis online, termasuk kita. Kalaupun belum memiliki modal, kita bisa merintis bisnis dengan sistem dropship. Pilihlah supplier besar yang terpercaya dan punya varian produk beragam. Nanti kita tinggal memanfaatkan media sosial untuk memulai bisnis online. Siapa tahu bisnis online ini dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan di masa mendatang.
Mengisi Waktu dengan Menjadi Freelancer
Pekerjaan sebagai freelancer kini semakin digandrungi masyarakat modern. Karena waktu kerjanya lebih fleksibel dan bisa diatur sesuai kondisi diri sendiri. Asalkan pekerjaan selalu selesai tepat waktu dan sesuai dengan petunjuk, kita bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Freelancer harus memiliki minat dan bakat yang besar terhadap suatu bidang. Misalnya di bidang desain, penulisan, penerjemahan, dan sejumlah bidang jasa lainnya.
Pendapatan yang diperoleh freelancer akan berbanding lurus dengan konsistensi kerjanya. Bahkan tak jarang para freelancer memiliki nominal gaji yang lebih besar dibandingkan para karyawan tetap.

Kunci sukses ketika berada dalam masa menganggur adalah berpikir positif dan mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat. Buktikan kalau kita tak lantas terpuruk dengan status sebagai pengangguran. Kita bisa mengembangkan potensi diri sendiri sebagai bekal kehidupan di masa depan.[ki]