Panduan Merawat Velg dan Ban Mobil



Panduan Merawat Velg dan Ban Mobil - Mobil yang hadir saat ini tentunya sudah dirancang mulai dari kenyaman dan keamanannya. Ditambah desain interior dan eksterior yang semakin modern membuat anda nyaman ketika mengendarai mobil setiap hari. Hal tersebut membuat banyak orang yang tertarik dan memutuskan untuk membeli mobil untuk aktivitas setiap hari. Saat mempunyai mobil, anda tidak boleh lupa untuk melakuakn perawatan mobil secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar mobil selalu siap dikendarai kemanapun tanpa ada masalah sehingga membuat anda menyetir dengan nyaman. Disamping itu, perawatan mobil secara berkala membuat umur mobil menjadi lebih lama. Jadi mulai sekarang anda harus melakukan perawatan yang benar untuk mobil milik anda.

Bagian velg dan ban mobil merupakan bagian yang juga harus dilakukan perawatan karena velg dan ban mobil merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil. Velg memiliki fungsi sebagai penopang ban serta menjalankan mobil, jadi selalu cek dan lakukan perawatan agar velg mobil bisa bekerja dengan baik ketika mobil berjalan. Berikut ini adalah panduan merawat velg beserta ban mobil yang benar.
Panduan Merawat Velg Mobil
  1. Selalu Cek Kondisi Velg
Hal pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah selalu melakukan cek kondisi velg secara berkala misalkan seminggu atau sebulan sekali. Jika terjadi penyok sedikit pada velg, seperti tidak perlu perbaikan karena belum mengganggu kinerja mobil. Tetapi jika penyok yang ditemukan terlalu besar dan mengganggu kinerja mobil saat berjalan cepat, maka harus cepat diperbaiki agar tidak membahayakan anda.
  1. Bawa Mobil ke Bengkel
Bagi anda yang kesulitan untuk memperbaiki velg mobil sendiri, sebaiknya jangan ragu untuk langsung membawa mobil ke bengkel agar masalah pada velg cepat teratasi. Hal ini dikarenakan memperbaiki velg tidak mudah dan membutuhkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Banyak cara yang dilakukan oleh bengkel mulai dari diketok, atau dipanaskan, bahkan ada teknologi terbaru untuk memperbaiki velg yaitu dengan mesin canggih dimana velg cukup dipress saja.
  1. Hindari Jalan Berlubang Atau Rusak
Agar velg mobil tidak cepat rusak atau penyok, sebaiknya hindari jalan berlubang atau rusak. Hal tersebut dikarenakan jika velg mobil keseringan berbenturan dengan lubang, maka kemungkinan besar velg tersebut akan penyok. Apabila penyok yang terjadi cukup besar, maka bisa mengganggu kinerja dari velg sehingga bisa membahayakan anda.
  1. Rawat Velg Mobil Secara Rutin
Sama halnya dengan bagian yang lain, rawatlah bagian velg mobil secara rutin. Apalagi saat musim hujan, dianjurkan untuk anda selalu cek tekanan angin pada ban mobil di bengkel. Hal tersebut dikarenakan saat pergantian cuaca dari panas ke hujan, akan terjadi perubahan tekanan angin yang bisa mempengaruhi kinerja ban mobil anda.

Panduan Merawat Ban Mobil
  1. Jangan Menunggu Ban Rusak
Panduan pertama sebagai cara perawatan ban mobil adalah jangan menunggu ban rusak baru diganti dengan yang baru. Jadi ganti ban mobil sebelum rusak parah karena bisa mengganggu perjalanan anda.
  1. Tekanan Ban Harus Ideal
Anda harus mengetahui tekanan ban yang ideal dan standar karena tekanan yang pas akan membuat anda nyaman berkendara dan perjalanan lancar. Jika anda tidak tahu tekanan ban ideal, anda bisa lihat pada stiker yang ada di pintu atau buku petunjuk kendaraan.
  1. Lakukan Pemeriksaan Berkala
Minimal sebulan sekali, anda harus melakukan pemeriksaan ban mobil secara berkala agar tekanan ban selalu pada batasan yang ideal. Pemeriksaan berkala ini akan membuat mobil anda selalu siap digunakan kapan saja.

Itulah beberapa panduan cara merawat velg dan ban mobil milik anda agar tetap bisa digunakan setiap hari. Dengan melakukan perawatan mobil, itu artinya anda sudah memberikan kenyamanan pada diri anda sendiri saat berkendara mobil. Jika dirasa ban ataupun velg mobil Anda sudah saatnya diganti, Anda bisa membelinya di MatahariMall.com. semua jenis ban dan velg mobil telah tersedia di MatahariMall.[ki]