Soal Soal Mapel Sejarah Peminatan Kelas X SMA Tahun 2014

Soal Soal  Mapel Sejarah Peminatan Kelas X SMA Tahun 2014 – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share mengenai Kumpulan Soal Soal Semester Sejarah Peminatan Kelas X Semester Ganjil Tahun 2014 – 2015. Langsung Saja disimak Soal Soal Sejarah Peminatan Kelas X TimgkaT  SMA.

Soal Semester Ganjil Sejarah Peminatan Tahun 2014 - 2015
Bab I Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
  1. Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
  2. Bagaimana secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
  3. Mesir mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-4 sampai ke-5 M. Mengapa demikian?
  4. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman praaksara?
  5. Kita wajib bersyukur karena Tuhan Yang Maha Pencipta yang telah menciptakan bumi kita ini dengan arif dan bijaksana serta penuh kasih sayang kepada makhluk ciptaan-Nya. Coba beri penjelasan, kamu dapat berdiskusi dengan anggota kelompokmu!
  6. Menurut kamu nilai-nilai apa yang dapat dipetik dari proses terbentuknya pulau-pulau di Kepulauan Indonesia?
  7. Hikmah apa yang dapat kita peroleh dengan bertempat tinggal di wilayah yang sering terjadi bencana alam?
  8. Di setiap daerah tentu ada cerita rakyat ataupun dongeng yang berkaitan dengan gempa bumi maupun gunung meletus, coba kamu cari dan tuliskan dalam bentuk cerita 3 – 4 halaman, kemudian diskusikan.
  9. Sebutkan gunung api yang pernah meletus di daerahmu dan di Indonesia!
  10. Sebutkan bencana alam (tektonik) yang pernah terjadi di daerahmu dan di Indonesia
  11. Mengapa para ahli melakukan penelitian manusia purba banyak di bantaran sungai?
  12. Jelaskan ciri dan mengapa hasil penelitian Dubois di Trinil disebut sebagai jenis Pithecanthropus erectus (kera yang berjalan tegak)?
  13. Menurut pendapat kamu, bagaimana manusia purba bisa menyebar ke dalam wilayah Kepulauan Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Kepulauan Indonesia?
  14. Coba buatlah karya ilmiah (2–3 halaman) dengan tajuk, Sangiran Laboratorium Manusia Purba.
  15. Coba kamu inventarisir berbagai situs dan tinggalan manusia purba di daerahmu masing-masing.
  16. Coba kamu diskusikan mengapa manusia purba membuat peralatan dari bebatuan, kayu, dan tulang?
  17. Peralatan yang dibuat oleh manusia purba dari batu dapat digunakan sebagai alat serba guna, coba jelaskan dan beri contoh.
  18. Mengapa manusia purba itu banyak yang tinggal di tepi sungai?
  19. Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba!
  20. Manusia purba juga memasuki fase bertempat tinggal sementara, misalnya di gua mengapa demikian?
  21. Apa kira-kira alasan bagi manusia purba memilih tinggal di tepi pantai!
  22. Pembukaan lahan yang dilakukan oleh nenek moyang kita dengan penebangan pohon sebenarnya termasuk kearifan lokal yang perlu dijadikan pelajaran. Bagaimana pendapat dan sikap kamu tentang pernyataan tersebut? Bagaimana pula pendapat kamu tentang aktivitas pembukaan lahan dengan membakar hutan seperti yang dilakukan sekarang sekarang ini
  23. Buatlah analisis tentang hubungan antara pola tempat tinggal dengan bercocok tanam.
  24. Adalah Buatlah karya tulis dengan judul, “Neolitikum: Sebuah Revolusi Kebudayaan.”
  25. Coba kamu identifikasi alat-alat bercocok tanam pada periode ini
  26. Jelaskan kaitan antara manusia yang sudah bertempat tinggal tetap dengan adanya sistem kepercayaan!
  27. Adakah hubungan antara sistem kepercayaan masyarakat dengan pola mata pencaharian? Jelaskan!
  28. Buatlah sebuah proyek belajar dengan melakukan penelitian tentang tradisi megalitik dan kepercayaan animisme yang sekarang masih tersisa di daerah kamu.
  29. Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah apa yang akan kamu teliti (biasanya dalam bentuk kalimat pertanyaan), seperti di manakah manusia praaksara biasanya tinggal? Pada masa kapan mereka hidup di Indonesia? Bagaimana mereka bisa mempertahankan kehidupannya dan bagaimana ciri-cirinya? Dan lain-lain sebagainya bisa diskusikan dengan teman-temanmu.
  30. Setelah itu carilah sumber-sumber yang menjelaskan tentang permasalahan yang akan diteliti. Caranya dengan mencari sumber dari internet, buku-buku bacaan, kliping koran, fotofoto, ilustrasi dan bisa juga wawancara dengan tokoh masyarakat yang kamu anggap mengetahui permasalahan.
  31. Setelah kamu temukan sumber-sumber tersebut, kamu harus melakukan perbandingan antara sumber yang satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran. Jika dari bacaan yang kamu baca ada dua atau lebih sumber yang menyatakan hal yang sama maka bisa saja kita anggap sumber tersebut mendekati kebenaran.
  32. Apabila di daerah tempat tinggal kamu terdapat peninggalan sejarah yang diduga tinggalan masa praaksara, kamu bersama teman-temanmu dapat mengunjungi situs tersebut untuk meyakinkan pendapat kamu. Setelah itu barulah kamu rumuskan dalam bentuk tulisan yang runtut sekitar 3 – 5 lembar tulisan.[ki]