Makanan Alami Untuk Kelinci

Makanan Alami Untuk Kelinci – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai makanan alami untuk ternak kelinci. Makhluk hidup memerlukan makanan untuk bertahan hidup, begitu juga dengan kelinci memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Ada berbagai macam jenis pakan kelinci saat ini yaitu pelet, sayuran, ketela, daunan, dan rumputan. Dalam habitat alaminya kelinci akan mencari makanan sesuai dengan kebutuhan hidupnya, dengan instingnya. Langsung saja pada kali ini akan kami jelaskan mengenai jenis pakan alami kelinci, sebagai berikut :
  • Daun Rambanan. Jenis ini tumbuh dengan cara merambat seperti tanaman kacang-kacangan atau gulma-gulma yang merambat pada pohon-pohonan, pakan ini lumayan baik untuk kelinci karena memiliki kandungan air yang tidak banyak.
  • Daun Ketela Pohon. Kita kenal daun ini biasa di gunakan untuk di sayur atau buat lalapan, kelinci juga doyan jenis pakan ini, tapi tidak begitu suka diberikan sebagai selingan atau campuran saja (saran kami hanya sebagai selingan dengan porsi sedikit, karena menurut master kami daun ini bisa membuat kembung).
  • Daun Kangkung. Kandungan air dalam kangkung lumayan banyak, sehingga apabila di berikan dalam jumlah banyak harus dilayukan terlebih dahulu gunanya untuk mengurangi kandungan air dalam daun kangkung karena kalau tidak dilayunkan dahulu dapat mengakibatkan mencret pada kelinci dan pakan ini jangan sering di berikan karena air kencingnya akan bau pesing. Akan tetapi daun ini juga bisa untuk dijadian hay kok, dengan di jemur sampai hampir kering .
  • Daun Lontop (daun ubi jalar). Daun umbi jalar memiliki kandungan air yang lumayan banyak, tapi lebih banyak dari daunkangkung. Biasanya kelinci suka banget dengan pakan ini, tapi jangan terlalu banyak karena mengandung air yang lumayan banyak, namun demikian apabila di berikan dalam jumlah banyak terlebih dahulu harus di layukan agar kandungan airnya sedikit berkurang.
  • Rumputan. Biasa di temukan area persawahan, jenis pakan ini tersedia sangat melimpah akan tetapi kelinci tidak begitu suka namun demikian bisa dijadikan sebagai makanan selingan saja
  • Wortel. Wortel sangat baik diberikan untuk semua usia kelinci karena mengandung banyak gizi, sebaiknya wortel dibelah atau di iris agak tipis, untuk segala jenis sayuran dan hijauan sebelum diberikanterlebih dahulu dilayukan untuk mengurangi kadar air dan mempertinggi seratnya.
  • Rumput Timothy. Rumput timothy adalah pakan terbaik untuk kelinci. Timothy adalah sejenis rumput lapangan yang pada bagian atasnya mempunyai ekor kucing pada saat berbunga. Serat rumput timothy cukup baik sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Rumput jenis lain, termasuk jerami juga bisa, namun harus dalam kondisi layu, terutama pada musim hujan rumput harus dijemur sampai kering. Takaran rumput perhari, sebesar badan kelinci dapat diberikan pada sore hari.
  • Daun Pepaya (Carica papaya L.). Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5-10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam. Daun Pepaya ini mempunyai manfaat yang penting untuk mengobati kelinci yang susah makan atau juga baik untuk regenerasi pertumbuahan tulang khususnya ketika kelinci yang masih umur 1 bulan sampe 3 bulan, jadi apabila kelinci mengalami kelumpuhan disebabkan karena kekurangan zat besi, dengan dikasih pakan daun pepaya ini nantinya akan mengisi kekurangan zat besi tersebut.
  • Daun Legetan. Daun ini biasanya tumbuh di kebun-kebun atau tegalan, dimana tanahnya sudah diolah terlebihdahulu apalagi kalau tanah tersebut ditanami ketela pohon atau jagung. Jenis pakan ini sangat baik untuk makanan kelinci karena kalau kita cium aromanya wangi. Apabila pakan ini di kasihkan dalam jumlah banyak tidak akan menimbulkan masalah buat kelinci, justru kesukaan adalah daun legetan ini.
  • Daun pisang. Khususnya adalah daun pisang saba yang dijadikan pakan kelinci, pakan ini biasa diberikan apabila kelinci kekurangan serat, yang mengakibatkan kelinci mencret. Akan tetapi jangan terlalu banyak dalam memberi pakan, diberikan untuk campuran saja, bisa dipetik pada pagi hari kemudian diberikan pada sore harinya.
Demikianlah artikel mengenai makanan alami untuk kelinci, semoga artikel ini tentunya dapat memebrikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]