Uang NKRI : Uang Rupiah Baru Indonesia 2014

Uang NKRI : Uang Rupiah Baru Indonesia 2014 – Sahabat sekalian, so pasti pada bingun kan gimana sih model, desain, bentuk  dan nominal Uang Negara kesatuan Republik Indonesia NKRI atau Uang Rupiah Baru yang akan dikeluarkan Pemerintah dalam hal ini bank Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 2014. Yup Pemerintah memang akan mengeluarkan Rupiah Baru dan lebih dikenal dengan nama Uang NKRI.
Mulai 17 Agustus 2014 nanti Uang di Negara Indonesia akan berubah bentuk dan Desainnya, yang biasanya uang kita bertuliskan Bank Indonesia kini akan berubah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perbedaan lain akan terlihat pada tanda tangan yang tertera. Semula, yang menandatangani hanya pihak Bank Indonesia. Untuk uang NKRI, Menteri Keuangan juga akan ikut menandatangani
Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan persiapan untuk peluncuran uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah rampung. Persiapan tersebut termasuk menerbitkan peraturan Bank Indonesia untuk uang NKRI ini. Pencetakan uang NKRI, sudah dilakukan dalam jumlah banyak. Ronald juga mengatakan jumlahnya mencapai puluhan juta. Namun ia mengaku tak hafal kisaran jumlah uang yang akan dikeluarkan 17 Agustus nanti.
Uang NKRI yang akan diluncurkan nanti dalam bentuk uang kertas dengan pecahan mulai Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu.

Mengenail Model, Desain, Niminal,  atau bentuk Uang NKRI, mungkin sama seperti gambar dibawah ini (Warning: gambar dibawah ini hanya Ilustrasi):

Ciri Ciri Uang NKRI
Uang rupiah (kertas) yang akan diterbitkan 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, sebagai berikut:

  • Gambar lambang negara 'Garuda Pancasila'
  • Frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia"
  • Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya
  • Tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia
  • Nomor seri pecahan
  • Teks 'DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …'
  • Tahun emisi dan tahun cetak.[ki]