Pressure Gauge - Seluk Beluk Pressure Gauge

Pressure Gauge - Seluk Beluk Pressure Gauge   Kali ini Kata Ilmu akan mengupas seluk beluk pressure gauge. Sebenarnya saya merasa judul tulisan di atas terlalu berlebihan, karena saya pribadi baru mengetahui pressure gauge dan sama sekali belum mengerti tentang dunia alat-alat ukur yang termasuk di dalamnya temperature gauge dan pressure gauge. Kali ini saya membatasi pembahasan ini hanya sampai alat pressure gauge. Berawal dari kekaguman saya pada sebuah alat ukur yang digunakan dalam industry farmasi dan bioteknologi, akhirnya saya bertanya dan memburu informasi seputar pressure gauge melalui mesin pencari. Dan berikut ini adalah hasil perburuan saya mengenai pressure gauge.
Secara sederhana dapat dirumuskan bahwa pressure gauge merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk mebaca tekanan melalui pengamatan secara langsung. Dalam bahasa keilmuan, pressure gauge didefinisikan dengan suatu field instrument yang digunakan untuk mengukur pressure (Psig, bar) melalui pengamatan direct reading measurement type.
Lalu bagaimana cara kerja pressure gauge? Pada umumnya pressure gauge mempergunakan elemen sensing yang berupa bourdon tube. Pressure atau tekanan masuk melalui bourdon tube yang selanjutnya memutar searah jarum jam secara mekanik pada alat pressure gauge tersebut.

Ternyata untuk memperoleh alat-alat instrumentasi ini tidak bisa dibeli disembarang tempat, ada perusahaan khusus yang manangani penyediaan alat-alat sensor instrumentasi tersebut. Salah satu diantaranya adalah PT. Momentous Instrumindo. Perusahaan instrumentasi ini menyediakan beraneka ragam alat-alat instrumentasi dengan berbagai tipe. Untuk alat pressure gauge sendiri, PT. Momentous Instrumindo menyediakan beberapa pilihan yang mencakup: Wika 212.53, Dwyer DPG Series, Wika 232.50, Wika 212.54, Wika 111. 10, Wika 232. 34, Aschcroft 45-12 59 SD – 04 L, Aschcroft 45 1279 SS – 0 4 L, Aschcroft 4008, Aschcroft 4009, dan masih banyak lagi jenis pressure gauge lain yang dihadirkan PT. Momentous Instrumindo.[ki]