Malino HighLands : Sepotong Surga Di kaki Bawakaraeng

Malino HighLands: Sepotong Surga Di kaki Bawakaraeng  Tempat wisata Malino bergengsi ini merupakan tempat ideal bagi anda untuk merasakan ketenangan jiwa di sebuah dataran tinggi yang jau dari hiruk pikuk dunia, yup itulah Malino Highlands objek wisata elit untuk Anda. Dulunya lebih dikenal dengan Nittoh Malino teh atau kebun Teh malino, namun akhirnya dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata unggulan di Sulawesi Selatan atau tempat wisata bergengsi di Indonesia.
Kawasan dataran tinggi Malino yang terletak di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan kini semakin menunjukkan peningkatan kualitas pembangunan pariwisatanya. Salah satu investasi besarnya adalah hadirnya Malino Highland sebagai salah satu pengembangan Agro Wisata berbasis Agrikultur dengan memanfaatkan kondisi alam dan kesuburan tanahnya. Malino Highland yang berada di ketinggian kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut merupakan kawasan wisata alam raya yang terletak di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulsel, berjarak sekitar 7 km dari kota Malino. Kawasannya mulai dikenal sebagai kawasan teh Malino ini mengembangkan perkebunan teh dengan jenis tanaman teh berkualitas tinggi. Luas areanya saat ini yang 200 hektar diperkirakan akan terus dikembangkan hingga mencapai luasan 700 hektar.
Areal perkebunan teh Malino Highland memiliki alam pebukitan dengan pesona yang sangat menawan, udaranya sejuk dengan berbagai kelengkapan fasilitas yang eksklusif.  
Kawasan pengembangannya seluas 200 hektar menjadikan Malino sebagai areal wisata alam terpadu dengan konsep ekowisata ekonomi kreatif yang memberdayakan masyarakat setempat. Di tengah perkebunan teh, berdiri sebuah kafe dengan desain arsitektur  futuristik yang menyajikan menu khas berupa minuman teh sehat berkhasiat yang dijamin tidak akan ditemukan ditempat lain manapun selain di kafe Malino Highland. Teh berkhasiat yang disajikan berupa Green Tea dan Black Tea dari bibit yang didatangkan langsung dari Jepang yang kemudian dipetik dan diolah langsung di tempat ini. Tanaman teh berkhasiatnya juga dijadikan sebagai menu salad yang dicampur pada makanan sejenis sandwich atau roti lapis. Pabrik pengolahan teh juga telah dipersiapkan dengan dukungan alat mutakhir dari Jepang. Kendati akan di produksi dalam skala besar, namun produk tehnya tidak dijual secara umum karena langsung di ekspor ke Jepang. 
Untuk menikmati produk tehnya, tidak ada jalan lain selain kita harus mengunjungi tempat ini. Rencana pengembangan Malino Higland resort adalah memberdayakan penduduk lokal dengan memanfaatkan arealnya untuk mengembangkan pertanian bersifat Agrowisata antara lain pengembangan Markisa khas Malino, Strawberry dan berbagai jenis tanaman sehat lainnya yang direkayasa secara genetik. Selain pengembangan Agrikultur, Kawasan yang berjumlah ratusan hektar di Malino Highland juga akan dikembangkan berbagai fasilitas wisata seperti Resort, penginapan berarsitektur Jepang, Areal jelajah wisata dan sarana buat para petualang penggemar motor cross.
Dengan keindahan alam pegunungan yang mempesona, dukungan investasi yang besar serta penanganan manajemen yang profesional, Malino Highland layak menjadi sebuah kawasan destinasi wisata papan atas di Sulawesi Selatan. Pengembangan pembangunannya merupakan salah satu potensi unggulan yang kini cukup layak diperhitungkan didunia pariwisata nasional dan internasional.
Malino Highland akan memiliki kebun satwa, arena hiking, cottage, villa, restoran, zona outbond dan tak ketinggalan hamparan kebun teh. Hanya saja, kawasan ini kelak hanya diperuntukkan bagi wisatawan kantong tebal. Saat ini saja, karcis masuk ke area itu Rp50.000 per orang. Di dalamnya kita sudah bisa nikmati kebun teh, restoran, air terjun dan arena hiking. Meski demikian, Malino masih punya beragam objek wisata yang lebih murah namun tak kalah indahnya. Berdasarkan data disbudpar. Ayo Kunjungi Tempat wisata kelas elit di Malino Highland.[ki]