Daftar Instansi Yang Menggunakan Aplikasi CAT dalam Tes CPNS 2013

Daftar Instansi Yang Menggunakan Aplikasi CAT dalam Tes CPNS 2013 Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai 70 Instansi yang menggunakan Sistem CAT CPNS dalam merekrut calon CPNS - nya. Data Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen BKN mencatat sedikitnya terdapat 70 Instansi akan difasilitasi rekrutmen CPNS-nya menggunakan CAT-BKN. ketujuhpuluh Instansi tersebut terdiri dari 49 Kementerian/Lembaga (K/L), 8 Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/kota. Berikut daftar nama K/L, Pemprov dan Pemkot yang TKD seleksi CPNS-nya menggunakan CAT-BKN: Waka BKN Bima Haria Wibisana (kiri) dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen BKN Aris Windiyanto pada Rakor Pelaksanaan Seleksi TKD-2013 dengan CAT-BKN.
Daftar Instansi Yang Menggunakan Aplikasi CAT dalam Tes CPNS 2013
  • Kementerian: Kemendag, KemenPAN-RB, KemenkoPerekonomian, KemenkopUKM, KemenBAPPENAS, KemenHAM, KemenKKP, Kemendagri, Kemenkopolkam, Kemenhut, Kemenkeu, KemenegLH, Kemeneg PP & PA,  Kemenpera, KemenPU,  Kemensos, Kemenlu, Kemenkokesra, Kemenpora, Kemenparekraf, Kementan, Kemensetkab RI, Kemensetneg, Kemenegpdt, KemenESDM.
  • Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK): ANRI, BAPETEN, BATAN, BAWASLU, BIG, BIN, BKN, BKPM, BMKG, BNN, BNPD, BNP2TKI, BNPT, BPKP, BPPT, BPS, BSN, LAPAN, LKPP, Kanreg I BKN Yogyakarta, Kanreg II BKN Surabaya, Kanreg III BKN Bandung, Kanreg IV BKN Makassar, Kanreg V BKN Jakarta, Kanreg VI BKN Medan, Kanreg VII BKN Palembang , Kanreg VIII BKN Banjarmasin Kanreg X BKN Denpasar, Kanreg XI BKN Manado, Kanreg XII BKN Pekanbaru.
  • Komisi/Lembaga lainnya: Komisi Yudisial, KOMNAS HAM, MA, MK, Ombudsman RI, Setjen DPR, PPATK, BKPP.
  • Pemerintah Provinsi: Pemprov Bengkulu, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Maluku, Pemprov Maluku Utara, Pemprov Sumatera Barat.
  • Pemerintah Kota: Pemkot Banjar Baru, Pemkot Banjarmasin, Pemkot Bengkulu, Pemkot Depok, Pemkot Muara Enim, Pemkot Pekan Baru, Pemkot Salatiga, Pemkot Sawah Lunto, Pemkot Singkawang, Pemkot Surabaya, Pemkot Denpasar, Pemkot Musi Raya.
  • Serta Pemerintah Kabupaten: Pemkab Serang, Pemkab Dharmasraya, Pemkab Sidoarjo, Pemkab Indra Hilir.
Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS  Aris Windiyanto pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) tahun 2013 dengan CAT di Aula BKN Jakarta, Kamis (12/9) menjelaskan bahwa sejak tahun 2008, BKN membangun CAT System dengan melakukan perancangan grand design CAT System dan menggunakannya sejak tahun 2009 untuk seleksi CPNS BKN. Metode tes berbasis komputer ini terbukti mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap instrumen tes kepegawaian  secara transparan, obyektif, cepat, dan dapat dipercaya. Dalam tes berbasiskan komputer ini, para peserta menjawab amat mudah, yakni dengan mengklik (memilih) jawaban soal dengan mouse yang disediakan. Dengan demikian, tidak diperlukan lembar jawaban komputer (LJK) dan pensil khusus untuk komputer.
Sedangkan bagi para peserta tes CPNS, untuk menghemat waktu akses, agar menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu :
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  • Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  • Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  • Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  • Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.
  • Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.
Peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi). Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda.
Anda adalah salah satu peserta Calon CPNS lembaga yang memakai sistem CAT CPNS ??? dan ingin lulus CPNS tahun 2013 ?? silahkan pelajari dan coba pakai Contoh Sofware CAT CPNS 2013:
Demikianlah artikel mengenai Lembaga / Instansi yang menggunakan Sistem CAT CPNS dalam merekrut calon CPNS - nya, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]