Manfaat Buah Mentimun

Manfaat Buah Mentimun Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Manfaat buah mentimum, Yup Buah Mentimun sangat mudah ditemukan, soalnya baik di pasar-pasar dekat rumah, maupun penjual sayur keliling selalu membawa buah mentimun untuk di jual.


Buah mentimun dengan nama ilmiahnya adalah Cucumis Sativus. Buah ini biasa juga disebut ketimun atau timun, Buah yang sering kita temukan sebagai pelengkap menu pada lalapan atau sari laut ini ternyata mempunyai banyak manfaat, berikut ini beberapa manfaat mentimun.
Manfaat Mentimun Untuk kesehatan
  • Mentimun Membunuh cacing pita. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

  • Mentimun Mengatasi encok dan rematik . Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

  • Mentimun Mengobati sakit gigi dan gusi. Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

  • Mentimun mengobati Diabetes. Jus mentimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

  • Mentimun Untuk Perawatan ginjal. Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

  • Mentimun Mengurangi nyeri ketika sakit kepala. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur untuk meredakan sakit kepala. Mentimun mengandung gula alami, vitamin gula B dan elektrolit untuk menambah nutrisi penting dan mengurangi intensitas sakit kepala.

  • Mentimun Mampu Mengurangi Dehidrasi. Kandungan air yang terdapat dalam mentimun ini sangat banyak dan air tersebut merupakan air alami bergizi dan sangat berbeda dengan air mineral biasanya. Untuk itu bisa mencegah dan mengurangi dehidrasi yang biasanya anda alami setelah beraktivitas seharian.

  • Mentimun Mampu Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh.  Dengan mengkonsumsi mentimun setiap hari juga mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh yang masuk melalui makanan setiap hari yang anda makan.

  • Mentimun Dapat Mencegah Penyakit Kanker. Bagi anda yang ingin tidak terserang penyakit kanker ada baiknya mencegahnya terlebih dahulu dengan mengkonsumsi mentimun ini. Dar beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol yang ada pada mentimun mampu mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh kita secara efektif.  Seperti  kanker otak , kanker rahim, prostat dan lain-lain.

  • Mentimun Menstabilkan Tekanan Darah. Dengan adanya kandungan potasium, serat, dan magnesium membuat sayuran ini sangat baik dalam mengatur tekanan darah. Khusus penderita tekanan darah rendah ada baiknya jangan terlalu banyak memakan mentimun.

  • Mentimun Membantu Penurunan berat badan dan memperlancar fungsi  pencernaan. Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari.  Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Konsumsi harian mentimun dianggap dapat mengobati sembelit kronis.





Manfaat Mentimun Untuk kecantikan




  • Kandungan serat timun merupakan menu ideal untuk menurunkan berat badan

  • Kandungan vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, silika berguna mengencangkan kulit

  • Jus mentium dicampur wortel, bayam, selada akan membantu penyuburan rambut. Senyawa silika membantu pertumbuhan dan perkembangan rambut

  • Kandungan mentimun dapat mengobati jerawat dengan cara menempelkan irisan mentimun pada daerah yang terserang jerawat

  • Kandungan kulit timun membantu menyembuhkan kulit terbakar sinar matahari

  • Kandungan silika timun mencegah pecah dan rusaknya kuku - kuku di jari kaki dan tangan
Kandungan Buah Mentimun


Secara klinis, mentimun mengandung zat-zat saponin (yang berfungsi mengeluarkan lendir), protein, Fe atau zat besi, sulfur, lemak , kalsium, Vitamin A, B1 dan juga C. Jika memakai pendekatan matematis, maka dalam 100 gram mentimun terdapat 0,7 gram protein, 12 kkl kalori, 0,1 gram lemak, 21 miligram fosfor, 0,3 miligram Fe, 0,3 karbohidrat, 8,0 vitamin C, dan 0,3 miligram Vitamin A dan juga vitamin B1. Berbagai zat ini bersifat porgonik yang disinyalir mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.


Demikianlah artikel mengenai Manfaat Buah Mentimun, semoga artikel ini bermanfaat tentunya.[ki]