Cara Mengerjakan Verval NUPTK Sampai Bintang 4

Cara Mengerjakan Verval NUPTK Sampai Bintang 4 Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Cara Detail mengerjakan atau Verifikasi danValidasi NUPTK bagi PTK sampai aktif 2013 atau bintang 4. Bagi Seluruh PTK atau Pendidik dan tenaga Kependidikan di seluruh Tanah Air, wajib mengerjakan NUPTKnya atau dalam artian Memverifikasi dan Memverifikasi NUPTKnya sampai aktif 2013, kenapa wajib ???, karena Jika tidak verval sampai tanggal 30 September 2013, maka NUPTK akan dianggap tidak aktif.
Alur VERVAL NUPTK Bintang 2 Hingga Bintang 4 Setelah PTK yang memiliki NUPTK memperoleh Surat Aktivasi Akun PTK (S02) dari Operator sekolah seperti yang dijelaskan pada tahapan Alur Verval Nuptk Hingga Bintang Satu sebelumnya, selanjutnya PTK harus melakukan aktifasi akun PTK melalui sistem PADAMU NEGERI. Aktifasi akun ini WAJIB dilakukan. Tanpa proses aktifasi ini, maka PTK yang bersangkutan tidak akan bisa melanjutkan proses VERVAL NUPTK hingga tuntas dan dinyatakan sebagai NUPTK AKTIF. Dokumen S02 adalah dokumen yang menyatakan bahwa PTK yang bersangkutan telah TERDAFTAR SEMENTARA pada sistem SIAP PADAMU NEGERI. Didalam dokumen S02 tersebut, juga terdapat Peg ID serta Kode Aktifasi yang dapat digunakan oleh PTK untuk mengaktifasi Akun Login PTK beserta kata sandi/password. Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan alur verval NUPTK bintang 2 hingga bintang 4 seperti gambar dibawah ini :
Dari gambar alur diatas, dapat kita jelaskan alur prosesnya sebagai berikut :
AKTIFASI AKUN PTK. Buka URL http://padamu.siap.web.id. Pilih tombol Aktifasi Akun PTK seperti gambar dibawah ini :
aktivasi akun ptk Apabila tombol Aktivasi Akun PTK ini diklik, maka akan ditampilkan halaman yang meminta PTK untuk memasukkan NUPTK/Peg ID beserta kode aktifasi seperti gambar berikut ini :
Aktivasi Peg ID dan Kode aktifasi ini dapat ditemukan pada dokumen S02. Silahkan memasukkan Peg ID dan Kode Aktifasi dan diakhiri dengan menekan tombol lanjut. Sistem juga akan meminta password baru yang akan menjadi kata sandi setiap kali guru masuk ke sistem PADAMU NEGERI melalui tombol LOGIN PTK.
ISI DATA DASAR, ANGKET EDS DAN DATA RINCI. Setelah menyelesaikan proses Aktifasi Akun diatas, selanjutnya sistem akan menampilkan formulir pengisian data dasar, angket EDS dan data rinci seperti gambar berikut ini :
Silahkan lakukan pengisian Data Dasar, Angket EDS dan Data Rinci. Jika ada data dasar yang salah, PTK dapat melakukan perbaikan, demikian juga data rinci, tetapi untuk Angket EDS, jika sudah diselesaikan, tidak bisa lagi dilakukan perbaikan. Jadi pengisian kuisioner EDS harus diisi dengan data yang sebenarnya. Jika data dasar sudah diisi, maka lingkaran angka satu akan diubah menjadi tanda checklist, jika angket eds sudah diselesaikan, maka lingkaran angka dua akan berubah menjadi tanda checklist, demikian juga data rinci. Jika lingkaran angka tiga sudah berubah menjadi tanda checklist, maka berarti data VERVAL NUPTK yang bersangkutan telah berubah menjadi BINTANG DUA.
CETAK TANDA BUKTI VERVAL LV.2. Setelah menyelesaikan pengisian data Rinci, tahap keempat yang paling kanan adalah PTK mencetak tanda bukti verval lv.2 (S03). PTK harus melengkapi berkas-berkas yang menjadi syarat kelengkapan untuk kemudian diserahkan kepada operator sekolah. Dokumen S03 beserta berkas lampiran yang diajukan PTK ini akan diverifikasi oleh operator sekolah, dan operator sekolah akan mencetak Dokumen S04 yang merupakan surat tanda bukti pemeriksaan berkas serta dokumen S07 yang merupakan pakta integritas. Sampai tahap ini, secara sistem data verval ptk SUDAH MENJADI BINTANG TIGA. Dokumen S04 dan dokumen S07 diserahkan kepada PTK.
MENANDA TANGANI PAKTA INTEGRITAS (S07). Setelah menerima dokumen S04 dan S07 dari operator sekolah, selanjutnya PTK menyimpan dokumen S04 dan menanda tangani S07 dengan diberi materai 6000. Pakta integritas ini harus ditanda tangani oleh Kepala sekolah. Dokumen S07 yang sudah diberi materai dan ditanda tangani oleh PTK bersangkutan dan kepala sekolah, selanjutnya dokumen ini diserahkan kepada Operator Dinas. Operator dinas akan melakukan pemeriksaan dan menerbitkan Dokumen S08 dari sitem PADAMU. Sampai disini data verval NUPTK bersangkutan SUDAH BERBINTANG EMPAT. Dokumen S08 ini dikembalikan kepada PTK.
Jika dokumen S08 ini telah dicetak dan diserahkan kepada PTK, artinya data NUPTK tersebut sudah dinyatakan sebagai NUPTK AKTIF 2013 dan berbintang jenderal atau bintang 4[ki].