Pidato Hari Kebangkitan Nasional


Pidato Hari Kebangkitan Nasional Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai Pidato Hari kebangkitan nasional atau HKN atau Harkitnas 2013. Hari Kebangkitan Nasional biasanya diperingati dengan lomba lomba Pidato dan Puisi Harkitnas. Peringatan Hari kebangkitan nasional tahun 2014 ini mengambil tema: Dengan semangat kebangkitan nasional, kita wujudkan demokrasi berdasarkan pancasila dan UUD 1945 menuju Indonesia yang maju dan modern dalam bingkai NKRI. Sub tema : Dengan Semangat Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Kita Sukseskan Penyelenggaraan Pesta Demokrasi yang Adil dan Beradab. Slogan : Indonesia Jaya, Indonesia Maju dan Modern.

Pidato Harkitnas 2014
Adapun contoh Pidato Harkitnas 2014 kali ini dapat disimak sebagai berikut:
Kepada Yang Terhormat bapak kepala sekolah SMA Negeri 13 Maros ,serta guru – guru yang saya hormati tak lupa serta seluruh teman – teman dan adik-adik kelas yang saya sayangi dan kami banggakan.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di lapangan ini dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang “Hari Kebangkitan Nasional” yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Bangsa kita mulai bangkit dari penderitaan panjang dibawah kekuasaan penjajah, pada tanggal 20 Mei 1908. Seratus tahun yang lalu, pemimpin-pemimpin bangsa ini membakar semangat seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah. Peristiwa ini ditandai dengan berdirinya organisasi pemuda yang menumbuhkan semangat nasionalisme yaitu “Budi Utomo” yang diketuai oleh Dr. Wahidin Sudiro Husodo di gedung Stovia.

Para Hadirin Sekalian

Hari ini, setelah 106 tahun peristiwa itu terjadi, dan kita sekarang dapat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan. Bagaimana kita memaknai “kebangkitan nasional” ini? seharusnya kita bangkit untuk membangun semangat nasionalisme agar menjadi bangsa yang maju, bangsa yang berprestasi. Kita juga harus bangkit dengan tidak mengenal kata menyerah untuk bersatu membangun bangsa dan tanah air. Dengan semangat kebangkitan nasional ini, marilah kita bahu membahu dan bersatu untuk belajar, bekerja dan bekerja demi kemajuan dan martabat bangsa.

Salah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa kebangsaan adalah Kebangkitan Nasional, bangkit dari suatu keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan. Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seharusnya Pemerintah memberikan perlakuan yang sama terhadap rakyatnya dari Sabang sampai Marauke, bila rakyat di satu wilayah sejahtera maka selayaknya rakyat di wilayah lainnya sejahtera agar asas Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sebuah Peristiwa Kebangkitan Nasional maka dapat diambil kesimpulan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah hari lahirnya semangat kebangsaan dan kesatuan Indonesia, dimaknai sebagai awareness bangsa yang harus terus berbenah dan memperbaiki diri. Lebih dari itu, ada aktualisasi pergerakan yang lebih berarti guna untuk mengangkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai bangsa yang berdaulat, kita haruslah bisa memberikan kemajuan yang lebih baik dan menunjukkannya kepada bangsa lain. Dengan begitu, barulah kita bisa menjadi bangsa yang memiliki harkat dan martabat. Semoga, momentum Kebangkitan Nasional di tahun ini dapat menjadi pemicu semangat kita untuk berubah menjadi lebih baik dari masa lalu. Saya berharap penjelasan tadi dapat memperkuat semangat kesatuan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi lebih baik.
Sekian yang dapat saya sampaikan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua, ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Demikianlah Contoh Pidato Hari kebangkitan nasional 2014, semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi kita semua.[ki]