• Subscribe via RSS

Kisi Kisi Soal CPNS 2014

Kisi Kisi Soal CPNS 2014 Sahabat sekalian, pada kesempatan kal ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai kisi kisi Soal CPNS 2014. Mulai bulan Juli 2014 akan dilakukan secara serentak tes CPNS untuk honorer kategori 2 dan juga untuk tes tertulis CPNS Formasi Umum untuk seluruh instansi dan pemerintah daerah se Indonesia.
Dari informasi yang dihimpun, Pemerintah akan membuat kisi-kisi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk soal tes bagi tenaga honorer kategori dua (K II). Pembuatan soal yang mengacu pada kisi-kisi tersebut dan pengolahan nilai peserta dilakukan oleh konsorsium sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN). Pembuatan soal dan pengolahan hasil ujian Tes Kompetensi Dasar dilakukan oleh konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dibentuk oleh  Menpan dan RB dan Mendiknas. Untuk pelaksanaan tes ini akan dilakukan pemeriksaaan kelengkapan administrasi, dan untuk dapat diangkat menjadi CPNS para tenaga honorer harus lulus ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer K II. Pelaksanaan ujian tertulis dilingkungan instansi pusat dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing, sedangkan untuk provinsi dikoordinasikan oleh gubernur selaku wakil pemerintah di wilayah provinsinya.

Penentuan kelulusan ditetapkan berdasarkan nilai ambang batas kelulusan (passing grade) yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi (KeMenPAN RB). Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian dapat diangkat menjadi CPNS berdasarkan jumlah dan kualifikasi formasi sampai dengan tahun 2014.  Tenaga honorer yang lulus ujian namun kemudian diketahui tidak memenuhi persyaratan administratif tidak dapat dapat diangkat atau dibatalkan menjadi CPNS.

Kisi Kisi Soal CPNS 2014

Adapun kisi kisi soal CPNS 2014 memuat antara lain:
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB) diperuntukkan bagi formasi tertentu atau pekerjaan tertentu yang meliputi: Tes Praktek; Tes Wawancara; Tes tertulis; Tes Psikotes lanjutan.

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi soal cpns: Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika; UUD 1945; Tata Negara Indonesia; Kebijakan Pemerintah; Sejarah Indonesia; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Pengetahuan Umum.

  • Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi soal cpns tes kemampuan, analisa verbal; analisa numerik; berpikir logis dan analitis.

  • Tes Karakteriktik Pribadi (TKP) yang meliputi penilaian atas: integrasi diri; semangat berprestasi; berorientasi pada pelayanan; kemampuan beradaptasi; mengendalikan diri; bekerja mandiri dan tuntas; belajar berkelanjutan; bekerja sama dalam kelompok; kemampuan menggerakkan; mengkoordinir orang lain.

  • Buat anda yang akan bersaing memperebutkan kursi 1 CPNS, baik untuk kategori cpns Kategori 2 maupun kategori cpns formasi umum, silahkan mendapatkan contoh soal cpns dan prediksi soal cpns 2013 lengkap, kunjungi Web resminya, Klik :

Penyebab Tidak Lolos CPNS 2014
  • Kurang berlatih soal tes cpns. Adakalanya peserta ujian kurang memiliki waktu persiapan yang cukup atau bahkan menyepelekan ujian CPNS sehingga tidak berlatih soal-soal CPNS sebagaimana mestinya. Akibatnya adalah kurang familier dengan soal-soal CPNS 2014 sehingga kaget menghadapi soal yang diujikan.
  • Tidak menguasai bentuk Pola Soal CPNS 2013 Yang sering muncul sehingga bingung dalam menentukan jawaban yang benar.
  • Tidak direstui orangtua untuk menjadi PNS. Faktor non teknis ini terkadang sangat menentukan. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar CPNS, mintalah doa restu orangtua terlebih dulu.
  • Jika anda sudah banyak berlatih soal. Dan sudah menguasai Pola Soal Yang sering muncul. Serta mendapat restu dari orangtua, namun tetap gagal juga, coba lagi tahun-tahun berikutnya. Jika masih gagal juga, terimalah dengan lapang dada. Berarti Allah menyiapkan untuk anda, profesi yang lebih baik, Insya Allah.
Demikianlah artikel mengenai kisi kisi soal cpns 2014, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]
Description: Kisi Kisi Soal CPNS 2014 Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: Kisi Kisi Soal CPNS 2014
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous