Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai contoh surat lamaran Pekerjaan. Salah satu syarat mutlak agar bisa mendapatkan pekerjaan adalah menulis lamaran kerja yang baik dan benar. Betapa tidak surat lamaran kerja ini merupakan sebuah media yang menberitahukan keahlian calon pegawai atau karyawan kepada lembaga ata tempat bekerja. Jadi seyogyanya Surat lamaran kerja itu mesti ditulis lengkap dan benar.

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang lengkap dan benar itu, maka mesti diperhatikan hal-hal hal berikut ini: Jika pengalaman profesional kita minim, manfaatkanlah berbagai pengalaman berorganisasi yang kita ikuti semasa kuliah. Jangan hanya mencantumkan pengalaman-pengalaman itu sebagai daftar di curriculum vitae (CV), tetapi jelaskan juga apa yang kita lakukan dan apa kontribusi kita dalam tim. Pastikan kita menjelaskan apa yang sudah kita pelajari dari kehidupan berorganisasi, dan bagaimana pengalaman itu membedakan kita dengan kandidat lainnya.
Semua orang yang melamar pekerjaan pasti menginginkan atau membutuhkan pekerjaan tersebut. Perusahaan tidak tertarik pada siapa yang paling membutuhkan atau menginginkan pekerjaan yang mereka tawarkan. Karenanya, dalam surat lamaran kerja, kita harus menggarisbawahi mengapa perusahaan harus menginginkan kita sebagai karyawan mereka. Caranya, ketimbang memohon waktu untuk sesi wawancara, lebih baik tekankan aspek pengalaman kerja yang menjadikan kita kandidat kuat pada posisi lowong yang ditawarkan perusahaan.

Surat lamaran kerja sangat berguna untuk memperlihatkan versi terbaik dari diri kita pada posisi yang ditawarkan. Ketika manajer HRD membaca surat lamaran kerja kita, seharusnya mereka enggak perlu mencari tahu lagi apa pengalaman kerja yang kita miliki dan apakah pengalaman itu berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kita lamar. Hemat waktu mereka dengan menjelaskan hal itu dalam surat lamaran kerja yang kita buat.

Contoh Surat Lamaran kerja

Berikut ini redaksi dan susunan kata kata dalam surat lamaran kerja yang lengkap dan benar:

Contoh 1

Kepada Yth :

Bapak / Ibu Pimpinan

Toko Mas Jaya TBK

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya tamatan SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :



  • Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar

  • Pas Photo 4 x 6 1 Lembar

  • Foto Copy KTP 1 Lembar

  • Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Mickey Donald

Contoh 2

Makassar, 07 April 2013

Kepada yth :

Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Kata Ilmu

di -

Makassar

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,



  • Nama : Muhammad Yogie M

  • Tempat,tgl lahir : Kandang Menjangan, 12 Januari 1995

  • Jenis kelamin : Laki - laki

  • Agama : Islam

  • Pendidikan/Jurusan : S-1 Fakultas pendidikan Universitas Selalu Dihati

  • Alamat : Jl. Teripang No. 1 Makassar

  • Nomor telepon/HP : 0812 1234 5678

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat  diterima menjadi Guru Bidang Studi Ilmu Seo pada Sekolah Bapak.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :



  • Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar,

  • Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar,

  • Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Yogie M

Demikianlah artikel mengenai contoh Surat lamaran pekerjaan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]