Kuliah Kerja Nyata KKN


Kuliah Kerja Nyata KKN Sahabat Sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mengenai KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan sebuah program pengabdian kepada masyarakat semua Mahasiswa Strata Satu. KKN merupakan mata kuliah wajib yang mesti ditempuh oleh semua Mahasiswa S1. KKN ditempuh pada semester-semester akhir atau jika mahasiswa akan menyelesaikan studinya pada tingkat S1. KKN merupakan mata kuliah yang mesti dijalankan di sebuah wilayah masyarakat, bukan di Kampus.

So KKN itu merupakan sebuah kenangan bagi Semua Mahasiwa S1, solanya pasti setiap Mahasiswa yang telah melaksanakan KKN akan mengenangnya sebagai kenanagan yang unik dan hanya terjadi hanya 1 kali dalam hidup. Betapa tidak Program KKN itu dilaksanakan di sebuah daerah, biasanya di pedesaan, jauh dari kediaman kita. Dan lama KKn itu bisanya 3 bulan, Teknis penyebaran mahasiswa KKn itu biasanya disebar dalam beberapa kecamatan pada sebuah wilayah kabupaten, 1 unit Mahasiswa KKN per kecamatan yang terdiri dari puluhan sampai ratusan Peserta KKN yang dipimpin oleh Korcam (koordinator Kecamatan). Kemudian  akan disebar lagi menjadi unit yang lebih kecil yang disebar ke seluruh desa dalam kecamatan tersebut. Dalam satu desa terdiri dari 4 - 10 mahasiswa KKn yang dipimpin oleh Kordes (Koordinator Desa). Nah dalam setiap KKN satu Posko Desa rata-rata mereka tidak akan saling kenal sebelumnya, karena 1 posko ini beda Jurusan, Jadi teman KKn se posko Kita akan mulai kita kenal jika akan diberangkatkan ke Posko. nah justru karena kita saling kenal ini, maka banyak kisah - kisah seru yang akan kita dapat di lokasi KKN, dan tentu sahabat kita akan bertambah.


Bisanya kita Kita tinggal di rumah kepala desa yang kita tempati KKN, namun tidak tertutup kemungkinan kita tinggal atau mengambil pondokan di rumah selain kepala desa (penulis dulu waktu KKN mengambil posko di rumah Sekdes). Pada Program KKN ini, kita benar-benar akan terjun kemasyaratak dalam mengabdikan ilmu yang selama ini kita dapat dinagku kuliah. dalam Program KKN ini kita akan punya Supervisi (bisanya 1 supervisi per kecamatan, dan supervisi ini dari dosen Perguruan tinggi kita) yang senantiasa tiada lelahnya membimbing kitam dan datang ke posko - posko mahasiswanya diseluruh desa yang di termpati KKN.

Latar Belakang Pelaksanaan KKN
Arah pembangunan sesuai dengan amanat GBHN 1999 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera yang didukung oleh manusia-manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin. Wujud manusia yang dimaksud akan dihasilkan dari pembangunan sektor pendidikan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya. Sistem pendidikan Indonesia berdasarkan Undang-undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang bertanggungjawab.

Perguruan Tinggi (PT) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara formal diserahi tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Bertitik tolak dari hal tersebut, maka pengembangan mahasiswa di perguruan tinggi dilaksanakan melalui jalur intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud pelaksanaan tanggung jawab tersebut, dimana ini mahasiswa ditempatkan langsung ditengah-tengah masyarakat dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara materi kurikulum di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat.

Tujuan Kuliah Kerja Nyata

Adapun tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara umum adalah :

  • Mampu menghasilkan sarjana profesional di bidang pendidikan maupun non kependidikan, sehingga dapat memberikan solusi ilmiah terhadap setiap permasalahan

  • Sebagai upaya pendekatan perguruan tinggi kepada masyarakat, sehingga mampu menyelsaikan dinamika perkembangan dengan konsep pendidikan.

  • Sebagai wadah perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini membantu pemerintah dalam mempercepat dinamika pembangunan di segala bidang.

  • Dapat terlibat langsung dengan masyarakat yang pada gilirannya akan memperoleh pengalaman berharga yang tidak didapatkan di duni kampus.

  • Dengan adanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, maka dapat diberikan ilmu tersebut kepada masyarakat.

  • Menjalin hubungan antara sesama mahasiswa KKN dengan koordinasi dan perpaduan antara disiplin ilmu yang berbeda.

  • Mengkaji kemampuan mensosialisasikan disiplin ilmu sebagai spektrum struktural masyarakat yang sangat kompleks dengan keunggulan teori yang didapat di kampus.

Dasar Kebijakan Kuliah Kerja Nyata

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada hakekatnya adalah pelaksanaan dan merupakan falsafah pendidikan yang berlandaskan pada UUD 1945 dan UU No. 22 tahun 1961 dalam rangka pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian integrasi dikurikulum pendidikan tinggi yang penerapannya berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia yang menganjurkan dan mendorong setiap mahasiswa untuk bekerja membentuk mayarakat, memecahkan persoalan pembangunan sebgai bagian dari kurikulumnya

  • Ketetapan MPR No. 11/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 yaitu tentang garis-garis besar haluan negara (GBHN) yang memuat persoalan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembinaan generasi muda

  • Ketetapan MPR No. 11/MPR/1983 bahwa pendidikan dikembangkan peranannya yang antara lain diarahkan untuk mendidik mahasiswa agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara

  • Amanat Presiden Republik Indonesia tanggal 15 Februari 1975

  • Pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan didalam kebijaksanaan dasar pengembangan pendidikan tinggi tanggal 17 februari 1975 yang isinya antara lain pendidikan tinggi harus menjadi penghubung antara lain pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dengan masyarakat

Program Kerja KKN
Berdasarkan hasil observasi lapangan yang delaksdanakan pada minggu pertama setelah tiba di lokasi KKN atau Posko KKN, maka kita sudah dapat menyusun Program Kerja KKN, program kerja itu contohnya sebagai berikut:

Program kerja non-fisik

  • Membersihkan sarana umum: Pembersihan kantor desa; Pembersihan kantor PKK; Pembersihan Segi Tiga; Pembersihan gedung masyarakat.

  • Program pendidikan: Mengajar Olahraga, Keterampilan dan kesenian, Bahasa Inggris di sekolah-sekolah.

  • Bimbingan belajar di sore hari di sekolah.

Program kerja fisik

  • Penggambaran kartun di PAUD

  • Pembuatan Kaligrafi Masjid

  • Pembuatan papan perbatasan dusun

  • Perbaikan dan pembuatan papan nama jalan Desa

  • Perbaikan papan nama kantor PKK

  • Perbaikan papan 10 program PKK

  • Memperbaharui tugu perbatasan antara Desa

  • Pengecetan kantor desa

Laporan Kuliah kerja Nyata KKN
Jika sudah melaksanakan KKN, kita diharuskan membuat laporan KKN yang berisi program kerja, pekerjaan yang telaksana, faktor pendukung, faktor penghambat, rekapitulasi pendanaan program dll.

Demikianlah artikel mengenai Kuliah Kerja Nyata KKN, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]