Menemukan Gagasan Utama atau Ide Pokok

Menemukan Gagasan Utama atau Ide Pokok -  Gagasan Utama merupakan suatu materi yang sangat penting untuk diketahui. Bahkan materi ini selalu ada di setiap ujian mulai tingkat SD, SMP, SMA, bahkan ketika SNMPTN atau CPNS. Nama lain dari gagasan utama adalah ide pokok, gagasan pokok, atau ide sentral. Untuk materi bahasan memahami Ide Pokok, bisa dibilang mudah-mudah sukar (sekilas terlihat mudah tapi jika tidak memahami secara benar akan sangat sulit untuk menemukan ide pokok tersebut) ataupun sukar-sukar mudah (Materi soal ini semakin tinggi jenjangnya, tingkat kesulitan dan pemahamannya pun semakin tinggi dan sukar. Tetapi jika memahami dengan saksama, gagasan utama akan bisa ditemukan).

Sebelum membahas gagasan utama secara lebih mendalam, perlu diingat bagian-bagian paragraf. Setiap paragraf tersusun atas:
  • Kalimat Utama: Kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembangan sebuah paragraf
  • Kalimat Penjelas: Kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama
Perlu diperhatikan di sini adalah kalimat kunci atau kalimat utama. Di dalam kalimat utama itulah ide pokok berada. Biasanya, ide pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan utama dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang bagian yang tidak penting. Untuk lebih memudahkan dalam memahami penjelasan tersebut, saya akan memberikan contohnya.

Perhatikan teks wacana berikut.
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri Jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot hingga tingkat hunian hotel di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manager Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas, ketika dihubungi Kompas di Batam.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan
B. Penyebaran virus SARS dari negeri Jiran (Singapura).
C. Virus SARS mengancam bisnis perhotelan di Singapura.
D. Dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di BATAM
E. Dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh para pengusaha.
(Contoh tipe soal Ujian Nasional)

Dari teks wacana tersebut, terlihat bahwa kalimat utama sebagai kalimat kunci paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama. Cara menganalisis sebagai berikut. Kata “Jumlah tamu, .............. merosot hingga tingkat hunian .............. berkurang hingga sepuluh persen” (kalimat 2) adalah sebagai bentuk “Dampak” dari merebaknya penyebaran virus (kalimat 1). Dengan kata lain, kalimat kedua menjelaskan kalimat pertama. Oleh karena itu, kalimat utama PASTI terletak pada kalimat pertama.

Ide pokok dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama dan dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang bagian yang tidak penting. “Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri Jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam.” Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah dampak penyebaran virus SARS mengancam bisnis perhotelan. (A).
Demikianlah artikel mengenai Menemukan Gagasan Utama atau Ide Pokok, semoga artike ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]