• Subscribe via RSS

Manfaat Sawi Putih

Manfaat Sawi Putih Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi artikel mengenai manfaat Sawi Putih. Sawi Putih merupakan tanaman sayuran daun dari keluarga Cruciferae yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan cocok untuk dikembangkan di daerah sub tropis maupun tropis. Petsai diduga berasal dari Tiongkok (Cina) dan Asia Timur. Tanaman ini telah dibudidayakan sejak 2.500 tahun yang lalu, kemudian menyebar ke Philipina dan Taiwan.
Menurut klasifikasi dalam tatanama tumbuhan, petsai termasuk ke dalam : Divisi: Spermatophyta; Kelas : Angiospermae; Sub Kelas: Dicotyledonae; Ordo: Papavorales; Famili: Cruciferae atau Brassicaceae; Genus: Brassica; Spesies: Brassica chinensis L. atau B.campestris var. chinensis.
Tanaman sawi putih termasuk tanaman sayuran cruciferae (kubis-kubisan), yang memiliki ciri daun dan bunga yang berbentuk vas kembang.  Cruciferae berbunga sempurna dengan enam benang sari yang terdapat dalam dua lingkaran. Empat benang sari dalam lingkaran dalam, sisanya dalam lingkaran luar.  Sayuran Cruciferae atau Brassicaceae meliputi beberapa genus, diantaranya ialah kubis (kol), petsai (sawi putih), sawi, dan lobak.
Sawi putih  berbatang pendek hingga hampir tidak terlihat.  Daunnya bulat panjang, kasar, berkerut, rapuh serta berbulu halus dan tajam.  Urat (tulang) daun utamanya lebar dan berwarna putih.  Rasa daun petsai masak lunak, sedangkan yang mentah agak pedas. Pola pertumbuhan daun mirip tanaman kubis.  Daun yang muncul terlebih dahulu menutup daun yang tumbuh kemudian hingga membentuk krop bulat panjang yang berwarna putih.  Susunan dan warna bunganya pun seperti kubis.  Biji petsai berwarna hitam kecoklatan dengan ukuran lebih kecil dari biji kubis
Manfaat Sawi Putih
  • Sawi putih banyak digunakan sebagai campuran masakan, padahal banyak manfaat yang didapatkan.
  • Sawi Putih untuk Mencegah Osteoporosis,mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.
  • Sawi Putih untuk Mencegah penyakit jantung karena mengandung Vitamin E, betakaroten dan vitamin C
  • Sawi Putih untuk Menjaga Kornea Mata Agar Sehat,karena mengandung vitamin A yg mengeluarkan keratin.
  • Sawi Putih untuk Mencegah Anemia karena Mengandung asam folat.
  • Sawi Putih untuk Menghaluskan Kulit dengan Kandungan vitamin E nya.
  • Sawi Putih untuk Menyembuhkan Luka,serta Daya Tahan Tubuh Karena mengandung vitamin C.
  • Sawi Putih untuk Mencegah Diabetes Mellitus,banyak mengandung kalsium
  • Sawi Putih untuk menangkal macam-macam Kanker,Adanya Indol dan Isotiosianat berfungsi mencegah penyebab kanker.
  • Sawi Putih utk Mencegah penyakit gondok,Goitrogen dpt menghambat fungsi kelenjar tiroid, menyebabkan terjadinya goiter gondok.
Demikianlah artikel mengenai Manfaat sawi putih, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]
Description: Manfaat Sawi Putih Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: Manfaat Sawi Putih
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous