Zodiak Hari Ini 25 - 30 November 2014


Zodiak Hari Ini 25 - 30 November 2014 - Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu kembali akan menyajikan kepada anda Ramalan zodiak harian terupdate periode atau masa berlaku mulai 25 November 26 November 27 November 28 November 29 November 30 November 2014.  Yup ramalan Bintang atau Ramalan Zodiak ini merupakan sebuah ramalan yang bisa memberikan kepada anda inspirasi dalam setiap langkah dan karya anda. Fungsi Ramalan Zodiak itu pada dasarnya dapat memberikan kita motivasi hidup, Karena Ramalam Horoskop sebenarnya merupakan sekumpulan artikel yang "menerawang" nasib, kitadalam waktu tertentu berdasarkan rasi atau bintang yang menaungi hidup kita, simaklah selengkapnya:
Ramalan Zodiak November 2014
Zodiak Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
Coba deh lihat bagaimana Anda melihat apa yang di luar diri Anda. Atau belakangan Anda terlalu sibuk dan acuh dengan apa yang terjadi di luar sana? Yuk belajar lebih peduli dengan apa yang orang lain rasakan. Ada baiknya? Tentu. Anda tentu ingin dihormati dan dihargai juga kan? Cuaca sudah membaik, setidaknya di pagi hari Anda masih bisa merasakan udara sejuk. Yuk pakai kesempatan ini untuk jalan pagi. Udara pagi bagus untuk kesehatan Anda. Apalagi Anda juga sering mengeluh sakit di area punggung kan? Mulai lagi kebiasaan hidup sehat.
  • Ramalan Cinta: Single : Perhatian Anda sedang teralihkan. Lho, bagaimana gebetan bisa tahu apa yang Anda mau kalau Anda tidak mengatakannya. Atau setidaknya Anda memberi kode yang jelas. Minggu ini, hubungan Anda dengan gebetan sedang kacau, perbaiki yuk! Berpasangan : Pasangan sedang menggoda Anda, apakah Anda akan langsung marah? Jangan dong. Dalam sebuah hubungan, jokes atau becandaan memang penting. Serius tapi menyenangkan. Coba deh ajak pasangan melakukan hal konyol.
  • Ramalan Ekonomi: Biasanya, Anda adalah orang yang tidak hanya berbicara tapi juga bertindak. Kemana diri Anda yang seperti itu? Minggu ini Anda banyak mengeluh lho. Ayo hindari, ini bisa membuat mood Anda menjadi negatif. Mulai bersyukur, tarik nafas jika emosi mulai naik. Kadang, ada saja kebutuhan yang mendadak dan Anda tidak bisa menolaknya. Inilah guna uang cadangan atau tabungan. Ayo, sudah kapok harus bokek di akhir bulan dan menunggu saat gajian? Mulai hemat dan pikirkan apa yang benar penting dan tidak.
Zodiak Pisces ( 19 Februari – 20 Maret)
Cobalah sesuatu yang baru minggu ini, banyak hal sih yang bisa Anda lakukan. Tapi, Anda akan mendapatinya lebih mudah jika Anda bersama dengan partner yang pas. Mungkin teman dekat atau juga pasangan. Masalahnya, mau nggak Anda meluangkan waktu untuk melakukan hal ini? Kesedihan tidak hanya membuat hati menjadi galau, tapi kesehatan juga menurun. Mungkin Anda bangga jika berat badan turun karena sedih. Tapi ini tidak sehat lho. Ayo lebih semangat lagi, sedih boleh saja, tapi lampiaskan ke olahraga saja. Lebih baik dan bermanfaat.
  • Ramalan Cinta: Single : Stres sedang ingin sekali dekat dengan Anda. Anda bisa kok menolaknya. Nah, minggu ini, ada atau tidak ada gebetan, lakukan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya, traktir diri Anda nonton ke bioskop atau makan makanan enak dalam satu hari. Ini kado untuk diri sendiri. Berpasangan : Apakah pekerjaan Anda sama sibuknya dengan pasangan? Jarang bertemu tapi tak juga rindu? Awas, bahaya tuh. Jangan sampai keterusan ya? Sibuk boleh saja, tapi perhatian harus ada terus. Bukankah hubungan ini dibangun dengan susah payah?
  • Ramalan Ekonomi: Anda punya kok waktu untuk lebih santai dan tidak tertekan oleh pekerjaan, tapi Anda terlalu fokus sehingga tidak fokus. Nah lho. Pekerjaan boleh saja menyita waktu, tapi waktu diri sendiri jangan sampai tersita. Istirahat itu penting, jadi pikirkan dengan baik ya. Kesabaran dan kemampuan Anda dalam mengatur keuangan memang tidak bisa diragukan. Namun, ada kalanya manusia juga berbuat salah bukan? Minggu ini, ada baiknya Anda berpikir ulang tentang apa yang akan Anda lakukan. Jika memang belum saatnya untuk mengeluarkan budget, jangan lakukan.
Zodiak Aries (21 Maret – 19 April)
Minggu ini Anda akan banyak dibutuhkan oleh orang lain. Bisa saja, teman atau keluarga sedang dalam kesusahan dan meminta bantuan Anda. Tak apa, minggu ini cukup menyenangkan juga kalau Anda memberi bantuan. Setidaknya, ini bisa jadi pengalihan yang baik dari mood Anda yang tidak tentu. Sibukkan diri, lupakan sejenak emosi. Ada masalah dengan mata Anda? Atau merasa akhir-akhir ini mata terasa buram dan tidak enak. Hati-hati, ini bisa jadi masalah. Coba periksakan ke dokter atau ke optik terdekat. Mungkin Anda terlalu lelah di depan komputer. Yuk cari pemandangan lain.
  • Ramalan Cinta: Single : Tidak semua orang memang percaya karma itu ada, tapi setidaknya bukankah akan ada balasan dari setiap yang kita lakukan? Kalau Anda percaya itu, mulailah tahun ini dengan hal-hal baik saja. Setidaknya lebih baik dari tahun sebelumnya. Percaya deh, pasti ada imbalannya. Berpasangan : Awal tahun biasanya akan super sibuk dengan pekerjaan dan segala resolusi yang ingin dicapai. Boleh saja, asal waktu dengan pasangan juga tidak dilupakan. Bahkan, kalau perlu, buat satu resolusi khusus untuk Anda dan pasangan. Mau seperti apa hubungan Anda berjalan tahun ini, tentukan.
  • Ramalan Ekonomi: Rasanya minggu ini banyak sekali pekerjaan yang belum selesai. Bahkan beberapa proyek terasa begitu membingungkan. Tapi, jangan terburu-buru untuk menyelesaikan semua dalam sekejap. Anda butuh proses dan proses butuh waktu. Bersabarlah, semua masalah akan selesai pada waktu yang tepat. Awal bulan ya? Sudah bokek atau masih berharap bisa bertahan hingga akhir bulan nih? Minggu ini memang akan baik-baik saja, dalam arti Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam hal pengeluaran. Tapi ingat, jangan kebablasan. Masih ada beberapa minggu yang harus dilewati.

Zodiak Taurus  (20 April – 20 Mei)
Coba jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk diri sendiri minggu ini. Coba deh ikut hang out atau cari hobi baru. Setidaknya, jangan mengurung diri saja di dalam kegiatan yang itu-itu saja. Tenang saja, beberapa hal akan jadi lebih baik minggu ini. Jika kamu bisa menemukan jalan, maka usaha adalah jembatannya. Kalau energi tidak ada, bagaimana Anda bisa bersemangat. Ayo tetap beri tubuh Anda masukan agar bisa beraktivitas dan tetap sehat. Sehat adalah modal penting untuk tetap bisa melakukan banyak hal. Minggu ini, yuk makan makanan sehat. Tambahan gula bisa jadi alternatif yang oke.
  • Ramalan Cinta: Single : Pernah dengar kalau nasihat dari seseorang yang single adalah yang terbaik? Seorang teman sedang butuh nasihat Anda. Buka telinga dan usahakan untuk tidak terlalu menjudge karena terbawa emosi. Cara terbaik untuk membantu adalah dengan meyakinkan dia untuk percaya apa yang hatinya inginkan. Berpasangan : Kalau belakangan Anda dan pasangan jarang sekali bertemu, minggu ini waktunya reuni. Memang Anda tidak menyimpan rasa rindu? Kalau pasangan sibuk, tanyakan apakah Anda bisa mampir sekedar untuk makan siang. Setidaknya, kalian memang harus bertemu.
  • Ramalan Cinta: Sedang tidak fokus karena banyak sekali pekerjaan yang belum selesai? Atau sedang dapat limpahan pekerjaan dari atasan? Kalau memang ini melewati batas, ajukan komplain. Bekerja keras boleh saja, asal tahu waktu dan tidak lupa kehidupan Anda yang lain. Awal tahun nih, harus pintar lagi dalam keuangan ya. Jangan sampai pengeluaran lebih besar tahun ini, setidaknya bulan ini. Bulan ini memang tidak akan seboros bulan lalu, tapi tetap saja, Anda harus berhati-hati. Belanja bulanan selalu sediakan list.
Zodiak Gemini (21 Mei – 20 Juni)
Berpikirlah sebelum menanyakan atau memberi orang lain pendapat Anda. Bisa jadi, apa yang akan Anda katakan malah tidak tersampaikan dengan baik. Lihat lagi siapa lawan bicara Anda. Nggak akan susah kok kalau Anda ingin berusaha dan mencoba. Ingatlah, apa yang Anda tanam, itulah yang Anda panen nantinya. Kalau dari sekarang saja sudah tidak peduli dengan apa yang Anda makan, bagaimana nantinya? Penyakit bisa saja datang, karenanya mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk perhatikan kesehatan dari sekarang.
  • Ramalan Cinta. Single : Jangan kecewa kalau Anda sering keluar, jalan-jalan seorang diri. Wanita juga butuh me time, setidaknya ini harus Anda lakukan juga demi kepentingan Anda sendiri. Tapi, terlalu lama melakukan me time juga tidak baik. Anda harus tahu bagaimana mengontrol diri. Berpasangan : Jangan salah sangka dulu kalau pasangan mulai jarang komunikasi. Tidak selamanya ini berarti dia sedang ada yang lain. Mungkin Anda harus lebih intens dalam perhatian, tapi jangan sampai pasangan mengira Anda posesif. Bicarakan dengan baik ketika sama-sama luang.
  • Ramalan Ekonomi: Terlalu banyak yang Anda ketahui, ini membuat Anda pusing. Tentu saja, maksud hati mungkin ingin bertindak netral dan tidak memihak. Tapi salah paham tidak terhindarkan. Hati-hati, Anda mungkin harus step back dan pikir ulang apa yang akan Anda lakukan dan katakan. Sedang memiliki satu keinginan besar dan ingin segera mencapainya? Boleh saja, terlebih minggu ini banyak pendapatan yang Anda dapatkan. Waktu yang tepat jika Anda ingin melakukan pengeluaran. Masih diikuti dengan energi positif, jadi tidak ada salahnya kok.

Zodiak Cancer (21 Juni – 22 Juli)
Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja? Ayolah, tahun sudah berganti masa Anda tetap saja melakukan hal yang itu saja. Coba keluar dan cari hobi baru. Waktunya untuk mengeksplor diri lebih jauh dan dalam. Ada perlu mengenali diri Anda sendiri lebih banyak. Kalau tidak berhati-hati, tentu celaka bisa terjadi. Sakit sebenarnya tidak hanya terjadi karena cuaca atau faktor lain dari luar. Kalau dari dalam diri sendiri saja kurang diperhatikan, sudah wajar kalau Anda mudah terserang sakit. Selalu lakukan pencegahan ya? Minum vitamin atau susu jika perlu.
  • Ramalan Cinta:  Single : Asyik, insting Anda sedang bekerja secara maksimal. Sedang ada gebetan? Cari tahu lebih banyak. Atau sedang ingin sendiri? Boleh saja. Semua keputusan memang ada di tangan Anda. Jadi tentukan dengan baik apa yang ingin Anda lakukan. Berpasangan : Antara sensitif dan ada yang disembunyikan pasti ada bedanya lho. Kalau memang pasangan sedang bertingkah aneh, Anda harus tahu mengapa dia melakukan itu. Asal, jangan berburuk sangka, ini hanya akan memperkeruh suasana. Mending Anda tanyakan dengan baik tanpa emosi.
  • Ramalan Ekonomi: Hindari dulu melakukan deal dengan orang lain. Kalau urusannya dengan pekerjaan apalagi, tunda dulu. Butuh banyak pertimbangan daripada Anda menyesal dengan resiko yang ada di dalamnya. Coba lebih fokus pada yang Anda kerjakan sekarang. Sering lupa kemana recehan pergi? Ingat lagi, apa Anda benar tidak menghabiskan semua atau memberinya pada orang lain. Bisa jadi masalah kalau Anda menyepelekan ini. Karena ini tandanya Anda mulai ceroboh. Yuk, lebih teliti dan aware lagi.
Zodiak Leo (23 Juli – 22 Agustus)
Tidak semua yang Anda lihat seindah yang Anda bayangkan. Ini namanya harapan dan harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Cobalah untuk lebih realistis dan tidak mudah terbuai. Nggak ada salahnya kok melihat dengan mata dan hati terbuka. Anda juga tidak perlu sinis tentang segala hal kecil yang mungkin menyebalkan. Belakangan semakin malas dan tidak ingin olahraga? Mana semangat yang dulu Anda buat? Janji pada diri sendiri memang lebih susah untuk ditepati. Tapi tidak berarti tidak bisa ditepati lagi kan? Minggu ini, yuk start over semua kebiasaan sehat.
  • Ramalan Cinta: Single : Penasaran dengan gebetan? Nggak harus selalu stalking socmed dia lho. Anda bisa dekati teman dekatnya dan mencari tahu dari sana. Dengan begitu Anda bisa bertanya apa minat dan kesukaan gebetan. PDKT jadi semakin lancar deh. Berpasangan : Tidak selamanya Anda harus menunggu untuk dipuji oleh pasangan. Terkadang, Anda harus melakukannya sendiri. Minggu ini, pasangan sedang cuek, mungkin dia lelah. Tanyakan saja, bicarakan dengan baik. Tanpa emosi ya?
  • Ramalan Ekonomi: Minggu ini banyak yang harus dimulai kembali. Tata kembali mood Anda, rapikan meja kantor dan kembali bekerja. Akan butuh banyak energi memang, tapi dengan begitu pekerjaan juga akan segera selesai. Secara umum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Yang paling penting adalah semangat. Segala sesuatu memerlukan pertimbangan. Begitu juga dengan keuangan Anda, harus malah. Hindari memberikan orang lain kesenangan dengan materi. Karena ini toh tidak akan bertahan lama. Minggu ini, perketat dompet yuk. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi lho.

Zodiak Virgo (23 Agustus – 22 September)
Orang-orang di sekitar Anda terlihat seperti sedang 'hilang' dan Anda bisa membuat mereka bersatu lagi. Ada banyak pekerjaan yang Anda akan kerjakan minggu ini, tapi intinya ini tentang kehidupan sosial Anda. Apakah Anda masih bisa perhatian dengan mereka. Butuh banyak kesabaran. Hati-hati, Anda sedang beresiko cidera karena hal kecil. Kalau merasa tidak enak badan, lebih baik ijin dan tidak dulu berkendara. Atau Anda bisa cari alternatif lain. Lihat juga apa di sekitar Anda. Awasi setiap langkah Anda berjalan. Jangan sampai hilang fokus. Anda butuh istirahat.
  • Ramalan Cinta: Single : Baru PDKT saja sudah sering beda pendapat, hayo apa Anda sudah belajar untuk kompromi? Tidak selalu gebetan harus menjawab sesuai yang Anda inginkan. Ini juga jadi pembelajaran untuk diri Anda. Bahwa kadang tidak semua yang Anda inginkan bisa Anda dapatkan. Berpasangan : Minggu ini memang Anda tidak seperti minggu sebelumnya. Merasa ada yang berubah dari sisi Anda? Coba deh cari tahu. Mungkin ada omongan orang lain yang membuat Anda terlalu berpikir. Apakah semua itu benar? Tanyakan pasangan.
  • Ramalan Ekonomi: Sayangnya Anda tidak bisa mengatur apa yang akan orang lain lakukan dan katakan. Memang, Anda hanya bisa melihat dan memberi pendapat. Sebenarnya ini baik karena Anda juga akan belajar untuk bisa menghargai orang lain. Coba deh fokus dengan proyek sendiri. Pengeluaran sedang banyak sedangkan pemasukan tidak sesuai harapan. Beberapa tabungan di masa lalu belum juga membuat beban keuangan Anda berkurang. Jangan malu untuk meminta saran dari orang yang Anda percaya. Ini akan sedikit membantu.
Zodiak Libra ( 23 September – 22 Oktober)
Cobalah untuk tidak terlalu khawatir dengan segala hal yang terjadi. Berhubungan dengan orang lain memang tidak mudah, dalam hal apapun, pekerjaan ataupun cinta. Tapi, acuh pun tidak bisa jadi jawaban yang tepat. Beberapa hal akan berubah, bersiaplah. Menjaga kesehatan memang tidak pernah mudah, setidaknya jika Anda tidak melakukan apa-apa. Butuh perjuangan dan usaha kalau Anda ingin selalu sehat. Kurangi makanan berminyak dan berlemak. Lanjutkan gaya hidup sehat dengan makan makanan yang tidak cepat saji. Perhatikan juga jam tidur.
  • Ramalan Cinta: Single : Pekerjaan di rumah dan di kantor sedang menumpuk. Yuk segera selesaikan. Kalau sudah begitu kan bisa memfokuskan diri ke hal lain. Jodoh misalnya.Jangan berdiam diri saja, Anda harus keluar dari comfort zone dan get a life. Berpasangan : Emosi itu mudah, mengedepankan ego juga mudah. Yang sulit memang bersabar dan tidak bertindak sembarangan. Pasangan bisa saja mengerti, bisa juga tidak. Anda harus tahu bahwa setiap hubungan memang selalu ada naik dan turun, pahami dan kompromi.
  • Ramalan Ekonomi: Terlalu banyak proyek yang sedang dikerjakan, bersyukurlah. Dengan begitu Anda akan bekerja dengan senang hati dan tidak terburu-buru. Ini adalah sebuah proses yang panjang untuk Anda yang ingin mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Nah, jika Anda memiliki masalah, katakan saja dengan senior. Minggu ini Anda sedang beruntung. Bergerak di bidang apapun Anda sekarang, akan ada bonus dan pendapatan yang lumayan. Wah, senang dong. Ini tentu akan jadi kesempatan lebih baik. Ada juga peluang Anda akan mendapatkan promosi. Jadi, manfaatkan dengan baik.

Zodiak Scorpio ( 23 Oktober – 21 November)
Minggu ini Anda sedang kreatif sekali. Ide banyak yang bermunculan, untunglah memang sedang dibutuhkan. Ini juga jadi pelajaran untuk Anda agar lebih teliti dan lebih kreatif. Nah, hindari terlalu berbangga hati ya. Pandangan orang lain bisa saja berbeda. Tetap hormati. Ada baiknya perhatian dengan kesehatan sendiri. Karena siapa lagi yang bisa menjaga kalau bukan Anda. Cuaca sedang tidak tentu, jadi jaga dengan baik. Akan ada banyak aktivitas yang harus Anda lakukan, jadi kesehatan adalah modal utama Anda.
  • Ramalan CInta: Single : Tersirat firasat atau memimpikan sesuatu? Bisa jadi ini adalah pertanda atau juga peringatan. Jangan terlalu digubris tapi juga jangan terlalu diabaikan. Minggu ini Anda harus benar-benar teliti dengan detail kecil. Berpasangan : Kadang, feeling memang dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Kalau memang Anda merasa ada yang aneh dengan pasangan, tanyakan saja. Jangan tunggu. Ini hanya akan memperlambat datangnya solusi. Apa Anda mau terus menerus tidak menentu seperti ini?
  • Ramalan Ekonomi: Minggu yang baik untuk memulai sesuatu yang baik. Pekerjaan sedang lancar, bahkan akan ada proyek baru yang menguntungkan. Kelihatannya, pekerjaan Anda sudah dapat perhatian Anda. Kehidupan pribadi apa kabar? Jangan lupakan itu ya. Dalam hidup, selalu sediakan cadangan. Apalagi untuk keuangan, simpanan adalah hal yang penting. Anda kadang masih susah banget menjaga diri untuk tidak boros. Yang akhirnya selalu bokek di akhir bulan. Nah, yuk belajar lebih hemat lagi.
Zodiak Sagitarius ( 22 November – 21 Desember )
Hidup kadang memberimu batu, sekarang semua ada di tanganmu. Akan membuat batu sebagai tembok atau jembatan. Masalah memang akan selalu ada dalam hidup, tapi semangat dan usaha jangan pernah hilang ya. Ingat, untuk siapa Anda melakukannya. Minggu ini Anda butuh sekali refleksi dan banyak istirahat. Lihat saja, badan sudah mulai tidak enak. Walaupun mood sebenarnya sedang asyik banget. Tetap jaga kesehatan, atur makan dan jam istirahat. Sibuk boleh saja, asal tahu waktu.
  • Ramalan Cinta: Single : Merasa sedang senang saja dengan keadaan yang sekarang? Belum ingin memulai komitmen? Cinta memang tidak bisa dipaksakan, hati apalagi. Nggak apa-apa kok. Anda memang masih butuh banyak me time dan tidak lagi overworried. Berpasangan : Sepertinya hubungan yang sedang Anda jalani sedang banyak sekali konflik. Entah karena tidak ada yang ingin saling mendengarkan dan sikap acuh yang Anda miliki. Apakah ini terbaik untuk hubungan Anda? Coba deh pikirkan lagi.
  • Ramalan Ekonomi: Tergoda untuk melakukan pekerjaan baru minggu ini? Tidakkah ini akan semakin menyita waktu Anda? Coba deh untuk fokus dulu di pekerjaan yang sekarang Anda kerjakan. Kalau sudah mantap, baru tambahkan beban di pundak Anda. Jangan paksakan. Keuangan memang tidak selalu lancar, kadang Anda harus banyak bersabar. Tapi Anda tentu percaya kalau kerja keras akan membuat Anda memanen hasil yang memuaskan juga kan? Jangan kalah dengan keadaan, selama Anda ingin dan bisa survive, Anda pasti bisa.
Zodiak Capricorn (22 Desember – 19 Januari)
Waktu yang tepat nih untuk reuni dan berkumpul dengan teman lama. Mumpung masih suasana tahun baru juga, siapa tahu dapat koneksi baru dari teman lama. Atau mungkin jodoh baru. Yuk cek-cek lagi phonebook Anda, hubungi satu per satu. Minggu ini bakal keren. Cari deh apa sih akar dari permasalahan yang sedang Anda hadapi sekarang ini? Sampai membuat Anda stres dan lupa dengan kesehatan. Yuk dong perhatikan kesehatan Anda. Ini adalah modal utama lho. Minum air putih sebanyaknya, makan sehat, tidur cukup dan bila sempat, lakukan juga olahraga rutin.
  • Ramalan Cinta:  Single : Terdesak dengan deadline dari luar? Orang tua atau lingkungan sekitar? Well, ini saatnya Anda sadar bahwa cinta tidak bisa dipaksa oleh kondisi. Kalau memang hati belum berkehendak memiliki komitmen, maka jangan paksakan. Berpasangan : Untungnya, feeling Anda menyelamatkan Anda dari konflik dengan pasangan. Coba ikuti kata hati, tanyakan pada pasangan apa yang sedang terjadi. Masalah bisa saja datang, tapi bukan berarti Anda harus menghindar dan diam saja kan?
  • Ramalan Ekonomi: Berpikirkan out of the box, setidaknya ini juga akan penting untuk Anda sendiri. Kadang, memang harus keluar dari zona nyaman agar bisa berpikir lebih terbuka. Anda butuh sesuatu yang baru dan mencerahkan pikiran. Jangan terpuruk dengan satu hal saja. Berbicara tentang keuangan memang kadang membuat konflik batin. Maksudnya ingin membeli, tapi dompet sedang diet. Ayo belajar untuk lebih bijak dan ikhlas. Kalau memang tidak terlalu penting, mengapa harus disesali karena tidak beli?
Demikialah artikel yang membahas mengenai Ramalan Zodiak Harian Terupdate, semoga artikel ramalan ini tentunya dapat memberikan inspirasi positif bagi kita semua.[ki].