Spesifikasi BlackBerry 10

Spesifikasi BlackBerry 10 – Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan menginformasikan mengenai spesifikasi Blackberry 10 . Produsen perangkat BlackBerry resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya yang memakai sistem operasi BlackBerry 10 di New York, AS, Rabu (30 Januari 2013). Satu model layar sentuh penuh, dan satu lagi model papan ketik fisik format QWERTY. BlackBerry Z10 adalah yang mengusung model layar sentuh penuh seluas 4,2 inci, dengan kerapatan pixel 356 pixel per inci (ppi). CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan, ponsel ini menggunakan layar dengan teknologi terkini. Sementara BlackBerry Q10, adalah ponsel yang mengusung model papan ketik fisik format QWERTY. "Kami tahu ada banyak pecinta ponsel dengan keyboard fisik di luar sana," tambah Heins. Hingga pukul 23.00 WIB, acara peluncuran BlackBerry 10 masih berlangsung. Pihak BlackBerry belum mengumumkan spesifikasi rinci perangkat keras pada kedua ponsel terbarunya. Pada kesempatan yang sama, pihak Research In Motion (RIM) juga mengumumkan bahwa perusahaan itu telah berganti nama menjadi BlackBerry. 
Perubahan nama ini juga termasuk perubahan pada kode saham mereka di lantai bursa. Perusahaan itu akan dikenal dengan nama BBRY di NASDAQ dan BB di Toronto Stock Exchange.
Spesifikasi Blakberry Aristo
Meski saat ini tren ponsel pintar adalah layar sentuh penuh, BlackBerry tetap percaya diri merilis ponsel keypad fisik. Pihak Blackberry mengklaim BlackBerry 10 akan memberi pengalaman mengetik terbaik. Namun, ia baru akan dilepas ke pasar sekitar Maret atau April 2013. Ponsel ini menggunakan jenis layar Super AMOLED seluas 3,1 inci resolusi 720 x 720 pixel. Meski disertai keypad fisik, layar BlackBerry Q10 mendukung navigasi layar sentuh. Namun, ia tak lagi dibekali trackpad. Soal desain, BlackBerry 10 punya ketebalan 10,3mm dan bobot 139 gram. Panel belakangnya terbuat dari materi sejenis kaca yang disebut glass weave material. "Anda tak akan menemukan bahan ini di perangkat lain. Ia lebih tipis, lebih ringan, dan lebih kuat dari plastik," jelas Heins. Komponen BlackBerry Q10 diperkuat dengan prosesor TI OMAP 4470 Cortex-A9 1,5GHz dual-core yang dikombinasikan dengan RAM 2GB.
Perusahaan belum merilis spesifikasi lengkap BlackBerry 10, termasuk sensor pada kamera depan dan belakang. Yang jelas, ia mendukung jaringan nirkabel 3G, bluetooth, NFC, dan memiliki slot MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan data.[ki]