• Subscribe via RSS

SEJARAH PALESTINA

Sejarah Palestina – Sahabat Sekalian, pada kesempatan kali ini Blog Amir al-Maruzy akan berbagi artikel yang membahas secara sederhana dan singkat Sejarah palestina. Negeri Palestina sebelum keadaannya yang sekarang ini, memiliki sejarah yang panjang. Berbagai bangsa pernah masuk dan menduduki wilayah Palestina. Sejak tahun 1.000 SM sampai 135 M, Palestina menjadi tanah air bangsa Israel. Pada tahun 1.000 SM Nabi Daud bersama dengan Raja Thalut mengalahkan bangsa Ammonit dan Philistine di negeri Palestina. Setelah itu, maka Daud dan keturunannya menjadi raja-raja di sana. Namun, dalam rentang waktu yang lama itu, beberapa bangsa seperti Asyiria, Babilonia), Persia, Mesir, Asia Kecil serta Romawi pernah berkuasa di sana secara silih berganti.
Bangsa Romawi yang memerintah Palestina mengambil kebijakan melarang orang Yahudi tinggal dan menetap di sana setelah Pemberontakan Barcocheba (132-135 M). Mulai saat itu, orang –orang Yahudi tersebar ke seluruh dunia.
Sejak tahun 135 M sampai dengan abad ke-7 M, Palestina tetap di bawah kekuasaan Kekaisaran Romawi. Akhirnya pasukan Islam berhasil mengalahkan tentara Romawi tahun 636 M, di bawah pimpinan Khalifah Umar. Selanjutnya, secara berturut-turut Palestina dibawah kendali kekuasaan Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Fatthimiyah, serta Turki Usmani.
Turki Usmani menguasai tanah Palestina selama empat abad, dimulai dari tahun 1516 , ketika Sultan Turki Salim I menaklukkan penguasa mamaluk dari Mesir sampai dengan berakhirnya Perang Dunia I, tahun 1918 . Selanjutnya, Inggris mengambil alih pemerintahan Palestina sampai pasca Perang Dunia II tahun 1948. [am]
Description: SEJARAH PALESTINA Rating: 5.0 Reviewer: Amir Al-Maruzy ItemReviewed: SEJARAH PALESTINA
Komentar Anda Adalah Sumbangsih Yang Tak Ternilai Untuk Kata Ilmu
previous previous