PEJABAT BERWENANG YANG MELEGALISIR IJAZAH ATAU STTB TERBARU

Pejabat berwenang yang melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB terbaru – Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai siapa-sapa yang biasa disebut pejabat yang berwenang yang berhak mensahkan ijazah atau sttb kita, simaklah detailnya:
  • SD, SLTP, SMU, MA, SMK dan Sederajat Yang mengeluarkan Ijazah dan menandatangi ijazah asli adalah Kepala sekolah yang bersangkutan dan yang mengesahkan atau melegalisir foto copynya adalah Kepala / Kabag / Kasubdin atau yang setingkat dan berkompeten pada dinas pendidikan dan kantor depag setempat.
  • Universitas / Institut yang menegeluarkan Ijazah dan menandatangi ijazah asli adalah Rektor dan Dekan dan yang mengesahkan atau melegalisir foto copynya adalah Rektor / dekan / pembantu dekan bidang akademik.
  • Sekolah Tinggi, yang mengeluarkan ijazah dan menandatangani ijazah asli adalah Ketua dan pembantu ketua bidang akademik, dan yang mengesahkan atau melegalisir foto copynya adalah ketua / pembantu bidang akademik.
  • Akademi dan Politeknik, yang mengelaurkan ijazah dan menandatangani ijazah asli adalah direktur dan pembantu direwktur bidang akademik dan yang mengesahkan atau melegalisir Foto copynya adalah Ditektur / pembantu direktur bidang akademik.
  • Perguruan Tinggi Agama islam, yang mengeluarkan ijazah asli dan menandatanganinya adalah Pimpinan Kopertais dan yang mengesahkan atau melegalisir foto copynya adalah pejabat yang berwenang dan berkompetensi pada kopertais.
  • Perguruan tinggi Agama Hindu / Buddha / Kristen / Katolik yang mengeluarkan dan menandatangani ijazah asli adalah Ketua atau direktur bimas urusan agama yang bersangkutan dan yang mengesahkan dan melegalisir foto copy ijazahnya adalah Kabid Bimas Agama yang bersangkutan pada kanwil agama / kakandep agama kab / kota dan direktur, skertaris ditjen bimas yang bersangkutan.
  • Sekolah / akademi kedinasan, yang mengeluarkan dan menandatangani Ijazah asli adalah Pimpinan sekolah / akademi / PT kedinasan yang bersangkutan dan yang mengesahkan dan melegalisir foto copy ijazahnya adalah kepala sekolah / ketua / direktur akademi atau PT yang bersangkutan, kapusdiklat / kabid yang berkompeten.
  • Untuk ijazah pendidikan dari luar negeri perlu dilampirkan surat penetapan pengakuan sederajat  dari menteri yang bertangung jawab di bidang pendidikan setelah dinilai terlebih dahulu oleh tim penilai ijazah luar negeri di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Menteri Agama/Direktur bagi pendidikan keagamaan.
  • Bagi ijaazah PT. swasta yang belum terakreditasi sebelum berlakunya keputusan Mendiknas nomor : 184/V/2001 tanggal 23 Nopember 2001 harus yang sudah disahkan oleh Kopertis.
  • Ijazah PT. Swasta yang mempunyai civil effect adalah ijazah dari PT. Swasta yang telah mendapat ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional.
Demikianlah artikel mengenai pejabat berwenang yang memandatangi atau melegalisir ijazah atau STTB terbaru, semoga artikel ini dapat memeberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.[pc]