Materi UKG Guru PKn SMA 2014


Materi UKG Guru PKn SMA 2014 Pada kesempatan kali ini akan dibagi mengenai Materi, soal-soal dan kunci jawaban Uji Kompetensi Guru UKG bidang studi Pendidikan kewarganegaraan PKn jenjang pendidikan SMA, simaklah selengkapnya:
Deskripsi
Melalui mata latih Bangsa, Negara, Sikap Keterbukaan dan Keadilan  diharapkan para peserta latihan memperoleh pemahaman tentang hakekat manusia, rakyat, penduduk, bangsa, negara, sikap keterbukaan dan keadilan, serta mampu menyusun materi pelajaran yang terkait dengan materi di atas. Materi latih bangsa, negara, dan sikap keterbukaan dan keadilan akan membekali para peserta latihan kemampuan untuk mengembangkan materi pelajaran sebagaimana yang dimuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA/SMK/MA.
Petunjuk Belajar
 Mata latih Bangsa, Negara, sikap keterbukaan dan Keadilan terdiri atas empat bab dengan rincian sebagai berikut:
  • Bab. I     Pendahuluan
  • Bab. II    Rakyat, Masyarakat, dan Bangsa
  • Bab. III  Negara, dan Bentuk-bentuk Kenegaraan
  • Bab. IV  Sikap Keterbukaan dan Keadilan
Selanjutnya agar anda berhasil dalam mempelajari materi yang tersaji pada mata latih ini, perhatikan beberapa saran sebagai berikut:
  1. Pelajari setiap bab secara bertahap dan berulang-ulang sampai pada tingkat penguasaan sekurang-kurangnya 80%.
  2. Kerjakan setiap latihan dengan tertip dan sungguh-sungguh.
  3. Diskusikan materi yang sulit anda pahami dengan teman teman   sejawat anda.
  4. Tanyakan penyelesaian latihan yang sulit kepada orang lain yang lebih menguasainya.
Kompetensi dan Indikator
Manusia adalah makhluk yang selalu hidup bermasyarakat (zoon politicon), yang selalu ingin hidup bersama-sama dengan manusia lain.  Sebagai makhluk sosial manusia tidak mungkin hidup sendiri. Untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya memang manusi memerlukan manusia lain.  Pada awalnya manusia hidup dalam keluarga, yang kemudian berkembang menjadi masyarakat. Setiap manusia hidup dalam kesatuan-kesatuan sosial yang disebut masyarakat (community) dan bangsa. Setelah mempelajari materi ini, diharapkan anda memiliki kompetensi:
  • Menjelaskan kehidupan dan kebutuhan manusia.
  • Menjelaskan manusia sebagai mahkluk sosial
  • Menjelaskan hakekat masyarakat dan rakyat
  • Menguraikan faktor-faktor pembentukan identitas bangsa
  • Menjelaskan hakekat bangsa
Adapun sebagai indikator nya adalah:
  • Mendeskripsikan  kondisi kehidupan  manusia dalam hubungannya dengan manusia lain. 
  • Menjelaskan berbagai macam kebutuhan manusia.
  • Menguraikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
  • Mendeskripsikan hakekat masyarakat, rakyat/penduduk, dan warganegara..
  • Menjelaskan hakekat bangsa
  • Menjelaskan defenisi bangsa menurut para ahli.
  • Menjelaskan faktor-faktor pembentuk identitas bangsa 2-4  Bangsa, Negara, Sikap Keterbukaan dan Keadilan
Uraian Materi
  • Manusia sebagai makhluk individu dan makhluka sosial Secara sosiologis (empiris) kehidupan manusia  senantiasa berada dalam proses hubungan dengan manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya, berkehidupan bersama dalam suatu masyarakat. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa manusia lain, sebab manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa berhubungan dengan manusia lainnya.  Manusia yang saling ketergantungan satu sama lain di dalam masyarakat, melahirkan nilai sosial dasar yang hidup dan berkembang menjadi dasar kaidah-kaidah yang membentuk budaya masyarakat. Secara kodrati manusia adalah makhlik individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia terdiri dari jiwa (rohani)  dan raga (jasmani). Sebagai makhluk jasmani dan rohani manusia dilengkapi dengan akal budi dan kehendak merdeka. Dengan akal dan budi inilah manusia memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.       Sebagai individu manusia memerlukan sandang, papan, pangan, kasih sayang, harga diri dan lain sebagainya. Hanya sebagian saja dari kebutuhan tersebut yang dapat dipenuhinya sendiri, sedangkan yang lainnya perlu berhubungan dengan sesama untuk memenuhinya. Sudah menjadi kodrat manusia  memiliki berbagai kebutuhan. Kebutuhan manusia ada dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan rokhani. Menurut Soerjono Soekamto, kebutuhan dasar manusia terdiri atas:1. Sandang, papan, dan pangan; 2. perlindungan akan keselamatan jiwa dan harta bendanya; 3. harga diri; 4. kesempatan untuk mengembangkan potensi; 5. kasih sayang  (Soerjono Soekamto, 1984:2).  Bangsa, Negara, Sikap Keterbukaan dan Keadilan  2-5. Abraham Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi lima macam, yaitu: 1.   Kelangsungan hidup (survival). 2.   Keamanan (safety). 3.   Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (loving and love) 4.   Diakui lingkunan (status) 5.   Perwujudan cita-cita (self actuakization). Untuk memenuhi kebutuhan–kebutuhan di atas manusia senantiasa berada dalam proses hubungan dengan manusia lainnya. Manusia perlu bekerja sama dengan manusia lainnya sebab kemampuan manusia sangat terbatas. Status menusia sebagai makhluk sosial melekat pada setiap individu. Aristoteles (384-322 SM) menyebut manusia sebagai Zoon Politicon tau makhluk yang pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengn manusia lainnya. Sebagai makhluk sosial manusia tidak mungkin hidup sendiri. Sejak manusia dilahirkan sudah membutuhkan bantuan orang lain. Tanpa adanya bantuan orang lain mustahil anak manusia dapat hidup tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Setiap individu merupakan bagian dari lingkungan sosial yang lebih luas, seperti lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan bangsa, dan lingkungan negara. Pada mulanya manusia.
Source: Buku Materi PLPG Unnes 2008
Materi diatas belum lengkap, Untuk Memiliki materi diatas secara lengkap, anda bisa unduh gratis buku digitalnya Disini . (password: pustakers).
Demikianlah artikel mengenai materi uji kompetensi PKn SMA 2014, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang membutuhkan.[ki]