Cara Mengetahui Kesuburan

Cara Mengetahui Kesuburan – Sahabat Sekalian, pada kesepatan kali ini Kata Ilmu akan berbagi engenai artikel kesehatan, atau tepatnya artikel tentng cara mengentahui keseburuan pada wanita. Yup kadang wanita yang sudah menikah ingin segera cepat punya momongan atau cepat hamil, makanya mereka akan mencari info mengenai cara mengetahui kesuburan mereka. Untuk itu blog ini akan mengulas sedikit mengenai cara benar untuk mengetahui kesuburan pada wanita.
Menghitung masa subur biasanya dilakukan oleh pasutri yang ingin segera memiliki anak. Masa subur atau ovulasi adalah masa dimana sel telur wanita saat matang dan siap dibuahi, apa bila terjadi hubungan suami istri pada masa subur ini maka kemungkinan besar terjadi kehamilan.
Untuk mengetahui dan menghitung masa subur dapat dengan berbagai cara.
Menghitung Masa Subur: Perubahan Suhu Basal Tubuh
Menghitung masa subur / ovulasi dapat mengukur perubahan suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh adalah suhu paling rendah tubuh kita selama istirahat atau dalam keadaan tertidur. Mengukur suhu basal biasanya dilakukan di pagi hari sebegitu anda bangun tidur, jangan sampai melakukan aktifitas lainnya.
lMeningkatnya suhu basal tubuh pada masa subur dikarenakan peningkatan hormon progesteron. Pengukuran suhu basal tubuh delakukan dengan alat termometer basal. Termometer basal ini biasanya dilakukan secara oral (pada mulut) , melalui dubur atau per vagina dan termometer diletakkan selama 5 menit. Peningkatan suhu basal tubuh pada masa subur biasanya sekitar 0,2-0,5 derajat Celcius, dimulai 1-2 hari setelah ovulasi.
Menghitung Masa Subur: Perubahan Periode Menstruasi
Cara menghitung masa subur melalui metode periode menstruasi adalah Metode yang paling terkenal dan lebih praktis di banding cara-cara sebelumnya dan efektif apabila bagi wanita yang memiliki siklus menstruasinya normal (21-35 hari). Sel telur keluar pada pertengahan siklus menstuasi, sekitar hari ke 14 sampai ke 16 dihitung dari hari pertama menstruasi. Pendapat ahli lainnya berpendapat bahwa ovulasi terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Sedangkan dr. Ogino berpendapat bahwa ovulasi tidak selalu terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi, tetapi dapat terjadi antara 12 hingga 16 hari sebelum menstruasi berikutnya.
Rumus menghitung masa subur sebagai berikut: 
  • pada wanita yang memiliki haid teratur (28 hari), 
  • pertengahan siklusnya hari ke-14 (28:2). 
  • ingat perhitungannya semenjak hari haid pertama bukan hari selesai haid. 
  • Berarti masa suburnya 3 hari sebelum hari ke-14, yaitu hari ke-11 (14-3) dan 3 hari setelah hari ke- 14, yaitu hari ke-17 (14+3). 
  • Jadi, masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari) dari siklus haid wanita normal. 
  • Ahli lain berbendapat bahwa menghiting masa subur hanya selama lima hari yaitu 2 hari sebelum hari ke-14 dan 2 hari setelah hari ke-14 atau dari hari ke12 hingga hari ke-16 dari periode haid.
Menghitung Masa Subur: Perubahan Lendir Servik
Menghitung masa subur wanita dengan cara memperhatikan perubahan lendir servik dapat dilakukan dengan merasakan perubahan rasa pada vulva dari hari pagi hingga malam hari dan memperhatikan langsung lendir pada jam-jam tertentu lalu dicatat di malam harinya. Memeriksa lendir servik dapat dilakukan dengan menggunakan jari tangan atau tisu di luar vagina dan perhatikan perubahan perasaan kering-basah. 
Lendir servik pada masa subur seperti daun pakis.
Namun cara menghitung masa subur dengan perubahan lendir servik memang agak lebih rumit dan juga cara ini juga tidak jelas dengan adanya cairan infeksi vagina, spermisida dan sperma.
Untuk anda yang sudah nerkeluarga, namun sampai saat ini belum dikaruaniai momngan, maka ada baiknya anda mempelajari penyebab dan tentu mencari solusinya pada buku panduan agar cepat hamil karangan dr. Ana. Anda bisa beli online bukunya disini.
Demikianlah artikel kesehatan yang mengupas tentang cara mengetaui kesubutran pada wanita, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.[ki]