Contoh Kata Pengantar makalah Yang baik dn Benar


Contoh Kata Pengantar makalah Yang baik dn Benar - Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel yang membahas mengenai contoh kata pengantar. kata pengantar mutlak diperlukan dalam sebuah karya tulis, misalnya makalah, laporan atau skripsi. Untuk membuat kata  pengatar yang benar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh kata pengantar.

Unsur Kata Pengantar
Unsur-unsur kata pengantar itu ada beberapa yang harus terpenuhi, diantaranya, kata pengantar dimulai menjelaskan tentang makalah atau skripsi yang kita tulis, trus tujuan ditulisnya makalah atau skripsi tersebut. selanjutnya yang mesti ada adalah ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang andil dalam pembuatan makalah atau skripsi tersebut.
Contoh Kata pengatar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya selama ini, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang berjudul Kristenisasi di Parigi Kabupaten Gowa (1960 - 2006). Penulis sudah berusaha untuk menampilkan yang terbaik, namun penulis sadar sebagai manusia biasa pasti terdapat kekeliruan di sana-sini. Penulisan skripsi ini merupakan salah satu persyaratan akhir guna mencapai gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Negeri makassar.
Penulis menyadari bahwa selama dalam proses penelitian dan penyusunan hingga terselesainya skripsi ini, penulis banyak mendapat bantuan yang sangat berharga dari berbagai pihak. Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
  • Rektor Universitas Negeri makassar, Prof. Dr. HM. Idris Arief, MS, Yang telah membina lembaga (tempat) penulis menimba ilmu pengetahuan selama ini.
  • Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS), Drs. Amiruddin, M.Pd dan para Pembantu Dekan (I, II, dan III) serta staf administrasi FEIS UNM yang telah memberikan bantuan (moril maupun materil) selama proses studi kami di UNM.
  • Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FEIS UNM, Drs. Muh. Rasyid Ridha, M. Hum dan sekretaris Jurusan Pendidikan Sejarah FEIS UNM Drs. Najamuddin, M. Hum yang telah memberikan bimbingan dan motivasi kepada penulis selama menuntut ilmu terutama pada Jurusan Pendidikan Sejarah.
  • Dosen Pembimbing (I dan II) masing-masing Ayahanda Drs. Najamuddin, M. Hum dan Ayahanda Dr. H. Mustari Bosra, M.Ag yang telah banyak meluangkan waktu guna memberikan arahan kepada penulis selama proses penelitian dan penulisan skripsi ini.
  • Bapak dan Ibu Dosen Jurusan pendidikan Sejarah yang telah memberikan wawasan kesejarahan pada penulis selama menimba ilmu pengetahuan di Jurusan Pendidikan Sejarah FEIS UNM.
  • Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA)  Propinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah kabupaten Gowa beserta jajarannya, yang telah memberikan izin dan rekomendasi penelitian kepada penulis.
  • Salam sujud penulis kepada Ibunda  Maemunah dan Ayahanda Massa yang telah banyak berkorban bagi penulis selama menempuh Studi di Makassar. Demikian pula kepada saudara-saudaraku (St. Sapiah, Hartati, Sutarni), kemenakan penulis: Putri Anisah Mentari yang senantiasa menghiburku; serta seluruh keluargaku. Tanpa mereka semua agaknya kurang lengkap proses penyelesaian skripsi ini. 
  • Dinda Rhya tersayang (Istri Penulis)  yang menjadi spirit baru dalam bahtera kehidupanku. Demikian pula untuk Daeng Sempo. S dan Daeng Nia’ Sanja yang telah banyak membantuku selama proses pengerjaan skripsi ini, serta  Kanda Muhammad  Sabir yang telah banyak membantuku selama proses pengerjaan skripsi ini.
  • Rekan-rekan mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah FEIS UNM (angkatan 2003) seperjuanganku (Alim Syach, Uc-hu, Kr. Ilho, Acha, Rusli, Tahir, Yudhi, Ullax, Suaib, Irha, Inha, Nhorya , Herda, dan yang lainnya yang tidak sempat disebutkan namanya).
Akhir kata semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak, lebih-lebih bagi penulis sendiri dalam memahami berbagai hal yang telah terjadi dalam sejarah Republik ini.
Butta Mangkasara’,  8 Nopember  2007
P e n u l i s