Sistem Pengobatan Cina

Sistem Pengobatan Cina – Sahabat Pada kesempatan kali ini, Kata Ilmu ingin sedikit membahas secara umum mengenai sistem pengobatan cina yang konon kabarnya ampuh, mari kita lihat kenapa dikatakan ampuh?. Teknik pengobatan Cina dimulai sejak 5000 tahun yang lalu, dan mulai dibukukan sekitar 2500 tahun yang lalu, yakni kitab Yellow Emperor’s Classics of Internal Medicine. Artinya pengobatan Cina telah diuji dari generasi ke generasi, khasiatnya telah dirasakan dari masa ke masa, dan segala kesalahan sidah diperbaiki satu persatu, kasus per-kasus. Sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa pengobatan Cina, khasiatnya sudah terbukti, keamanannya sudah terjamin karena sudah teruji selama ribuan tahun.
Sejarah pengobatan Cina pada awalnya dikembangkan untuk kesembuhan kaisar. Jika kaisar sakit, para tabib akan mengumpulkan penduduk yang mengalami gejala penyakit yang sama dengan, lalu menciba berbagai alternatif obat. Obat yang manjur kemudian diberikan kepada kaisar, dan selanjutnya dicatat dan dibukukan. Artinya pada resep Cina kuno, kesembuhan menjadi prioritas, sehingga otomatis kualitas menjadi pertimbangan utama, bukan keuntungan.
Satu hal yang paling penting dalam teknik pengobatan Cina adalah adanya falsafah tentang tubuh manusia yang dilihat sebagai bagian dari alam. Tubuh dan alam saling berinteraksi baik dan keseimbangan antara manusia dan lingkungannya menjadi sangat penting. Bila terjadi harmoni dalam interaksi itu, maka terdapat kesehatan, sebaliknya ketidakharmonisan akan mendatangkan penyakit. Pengibatan Cina meyakini semua penyakit tersedia obatnya di alam, hanya saja masih banyak misteri alam yang belum terungkap.
Pada pengibatan modern setiap oenyakit diberikan obat atau terapi untuk melawan kuman atau penyebab penyakit tersebut, sementara pengobatan Cina lebih mengutamakan membahngun kesimbangan tubuh sehingga tubuh mampu melawan penyakit atau kuman.
Ketika ada virus menyerang, maka obat-obatan modern diminum untuk membunuh virus tersebut, yang terkadang secara tidak sengaja juga membunuh sel tubuh (efek samping). Tetapi dengan pengibatan Cina, tubuh diberdayakan untuk mampu melawan virus tersebut. Ibarat dalam sebuah adu jotos, nutrisi Cina mengajarkan bela diri sehingga pada akhirnya bisa selalu menjaga diri sendiri, tetapi pada pengobatan konvensional, obatlah yang mengalahkan musuh sehingga selalu tergantung pada obat karena tidak ada jurus membela diri sendiri.
Perbandingan Pengibatan Cina dan Konvensional
Pengobatan Konvensional
  • Baru ditemukan atau dikembangkan
  • Dikembangkan untuk bisnis
  • uji coba hewan
  • bahan sintesis atau buatan
  • mengatasi secara Parsial
Pengobatan Cina
  • Berkembang sudah beribu-ribu atahun yang lalu
  • Untuk kesehatan Kaisar
  • Uji coba ke manusia
  • Bahan dari alam
  • mengatasi secara integral
Keseimbangan 5 Elemen
Dengan prinsip Yin dan Yan, maka dalam pengobatan Cina, setiap obat bertuuan untuk menciftakan keseimbangan dalam tubuh
  • Api: Penciuman, jantung (Yin), usus halus (Yan), Lidah, kebencian (emosi). tawa (suara).
  • Tanah: Empedu (Yin), lambung (Yan), mulut, urat-urat, termenung (emosi), nyayian (suara).
  • Logam: Paru-paru (yin), usus besar (Yin), hidung, kulit, sedih (emosi), tangis (suara).
  • Air: Ginjal (Yin), Kandung kemih (yan), telinga, tulang, takut(Emosi), merintih (Suara).
  • Kayu: Liver (Yin), urat liver (Yan), mata, tendon, marah (emosi), teriakan (Suara).

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai mengenal sistem pengobatan Cina yang dibahas secara umum, Jika ada yang mau mencoba terapi ala pengobatan Cina, silahkan, tapi harus diingat, pilih-pilih yach obat Cina, soalnya sekarang ini banyak yang membisniskan (mengambul keuntungan) dengan keampuhan pengobatan Cina ini, bahkan ada satu atau dua (tidak usah disebut mereknya), yang menggunakan embel-embel sistem pengobatan Cina hanya dengan bisnis, dan pakai sistem MLM lagi. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan pencerahan kepada kita  semua.[ki].