Bantimurung Objek Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan

Bantimurung Objek Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan – Jika Anda Belom Ke Bantimurung Lalu meninggal, maka rugilah Anda :D
Air Terjun Bantimurung berada di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan, sebuah nama yang asing di telinga. Di dalam kompleks, tidak jauh dari lokasi Air Terjun Bantimurung, terdapat museum kupu-kupu berukuran kecil, yang koleksinya sudah mulai menua, dengan bangunan serta tempat penyimpanan koleksi terlihat tidak terawat dengan cukup baik. Bagaimanapun pemandangan di Bantimurung sungguh cantik, dengan bukit kapur dan karang raksasa yang mendominasi pemandangan, yang tampak seperti mahakarya instalasi Mahabesar yang diatur dengan cantik di sebuah tanah luas yang datar.

Perbukitan kapur Bantimurung, dengan nama Taman Nasional Bantimurung berukuran besar terpahat pada dindingnya terlihat di latar belakang. Jika sudah melihat tanda ini, maka Air Terjun Bantimurung sudah dekat.
Pada percabangan jalan yang menuju ke Air Terjun Bantimurung, pengunjung disambut dengan sebuah patung kupu-kupu dan monyet dalam ukuran sangat besar. Keduanya adalah merupakan ikon penting Taman Nasional Bantimurung.


Pendar matahari sore di sela dedaunan pohon yang rimbun di dalam Taman Nasional Bantimurung, tidak jauh dari Air Terjun Bantimurung. Taman Nasional Bantimurung, dimana Air Terjun Bantimurung berada, dikelilingi oleh bukit karang tinggi dengan kemiringan curam, dan banyak pepohonan rindang yang tumbuh diantara karangnya. Sebuah ceruk di bawah batu karang kapur raksasa, yang bisa digunakan untuk berteduh ketika hujan jatuh atau saat panas matahari menyengat, di sebelah kiri jalan menuju Air Terjun Bantimurung. Struktur batu karang kapur di Bantimurung memang sangat unik, seperti teronggok begitu saja di atas tanah datar.
Aliran air jernih dengan bentuk sungai indah di tengah kerimbunan pepohonan, yang merupakan kelanjutan dari aliran Air Terjun Bantimurung. Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang lain, pengunjung tidak perlu turun ke lembah untuk melihat Air Terjun Bantimurung. Inilah Air Terjun Bantimurung dengan lintasan air berupa batuan yang lebar, bergelombang, halus dan indah, tempat dimana sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu selain melihat kupu-kupu dan mencari monyet.
Tidak sebagaimana kebanyakan air terjun lain yang membuat palung yang dalam di tempat jatuhnya air, maka Air Terjun Bantimurung yang tingginya 30 meter ini tidak menciptakan palung. Selain karena dasarnya berupa bebatuan keras yang luas, juga karena kontur landai batuan yang menjadi rambatan air terjunnya yang tampaknya mengurangi daya hantam Air Terjun Bantimurung.
Karenanya, dasar Air Terjun Bantimurung merupakan tempat yang sangat digemari para pengunjung untuk merasakan pijatan air terjun yang sejuk dan jernih serta duduk-duduk sambil bercanda dengan teman di sepanjang bebatuan yang datar dan nyaman ditengah deru suara air terjun yang ritmis.
Suasana di dasar Air Terjun Bantimurung diambil dari undakan yang berada di samping Air Terjun Bantimurung. Nama Bantimurung, yang secara harafiah berarti gemuruh suara air, konon diberikan oleh Karaeng Simbang, penguasa Kerajaan Simbang. Air Terjun Bantimurung di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung berada di Kabupaten Maros, berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Makassar, dengan jarak tempuh sekitar satu jam dalam keadaan normal. Air Terjun Bantimurung merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika anda berencana mengunjungi Makassar, baik untuk urusan bisnis dan apalagi jika untuk wisata.[ki]