KRONOLOGI AGUSTUS 1945

Kronologi Agustus 1945 – Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini, Blog Amir Al-Maruzy akan share mengenai Kronologi penting Agustus 1945. 

Berikut kronologi lengkapnya:
17 Agustus 1945
 Sukarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
18 Agustus 1945
PPKI bersidang dan  membentuk pemerintah sementara dengan Sukarno sebagai Presiden dan Hatta sebagai Wakil Presiden. Piagam Jakarta (Piagam Jakarta) menyebutkan Islam di antara prinsip-prinsip Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara baru Indonesia.
Republik Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi, yakni: Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil.
22 Agustus 1945
Jepang yang berada di Indonesia, menyatakan menyerah kepada Sekutu. Kemudian mereka di lucuti persenjataannya.
23 Agustus 1945
Sukarno untuk pertamakalinya memberikan pidato radio untuk bangsa.  BKR (Badan Keamanan Rakyat), kekuatan militer pertama Indonesia, mulai mengorganisir diri dan merepukan eks. anggota Peta dan Heiho. Beberapa mantan batalion Peta bergabung.
29 Agustus 1945
Konstitusi yang telah disusun oleh PPKI, dan diumumkan pada tanggal 18, diadopsi (UUD 45). Sukarno dinyatakan sebagai  Presiden, dan Hatta dinyatakan Wakil Presiden. PPKI (awalnya BPUPKI, didirikan semasa pendudukan Jepang pada Maret 1945) kemudian diubah lagi namanya menjadi KNIP, yang merupakan badan legislatif sementara Indonesia.
Demikianlah kronologi Penting Agustus 1945, semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat. [am]