CARA MEMILIH ASURANSI YANG BAIK

Cara Memilih Asuransi Yang Baik – Asuransi adalah sebuah kata yang pemting sepenting arti asuransi itu sendiri, karena secara sederhana arti asuransi adalah sebuah jaminan / subtitusi  bila kita atau harta milik kita ada yang mengalami sesuatu yang tidak di inginkan, dengan arti lain asuransi akan menjamin dan memberikan kita pengganti atau sutitusi bila kita atau barang kita di asuransikan.
Asuransi Untuk Anda
Asuransi sebenarnya teramat penting bagi kehidupan kita, nah karena pemtingnya asuransi, maka pada kesempatan kali ini, blog ini akan share mengenai cara memilih auransi yang baik. Penyedia atau perusahaan asuransi begitu banyak di Indonesia, akibat terlalu banyaknya, maka kadang kita sulit memilih penyedia atau perusahaan asuransi mana yang terbaik, atau Asuransi terbaik di Indonesia apa???.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk memilih asuransi yang terbaik untuk kita pilih, dengan syarat-syarat sebagai berikut:
Usia Perusahaan Asuransi
Walaupun sepertinya terlalu klise, tapi harus diakui usia cukup berpengaruh. Sebuah perusahaan asuransi yang berusia lebih tua dari pada perusahaan lainnya bisa diartikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki modal yang cukup kuat sehingga sampai dengan usia yang cukup tinggi tetap eksis. Selain itu juga menggambarkan bagaimana cara manajemen mengelola dana nasabahnya. Dengan makin tua usianya, dapat diartikan bahwa si perusahaan mampu mengelola dana tersebut dengan optimal. Baik itu untuk mendapatkan hasil bagi pengembangan perusahaan maupun manajemen risiko yang terukur untuk menjamin hak-hak nasabahnya. Sebab secara logika saja, mana mungkin dia bisa bertahan lama bila tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik.
Keuangan Perusahaan Asuransi
Kalau bicara tentang perusahaan keuangan, tidak lengkap kalau tidak berbicara tentang keuangannya. Dalam perbankan kita sudah sangat awam dengan pengukuran kesehatan bank yang namanya CAR. Dan di asuransi tingkat kesehatan keuangannya biasa diukur dengan RBC atau Risk Based Capital. Tingkat RBC yang bisa dibilang sehat adalah bila RBC-nya lebih besar dari 120%. Tapi tentu saja, makin besar pasti makin baik. Bandingkan hal ini dalam memilih perusahaan asuransi karena RBC ini mengambarkan bagaimana si perusahaan mengelola keuangannya sebaik dan seaman mungkin. Sebab harus diingat, bila kita mengambil asuransi berarti kita akan berbicara mengenai kontrak jangka panjang.
Nasabah Perusahaan Asuransi Tersebut
Hal ketiga yang bisa dijadikan acuan adalah nasabah. Barapa besar sih basis nasabah yang mereka miliki? Ukurannya adalah makin banyak nasabah maka makin baik-lah perusahaan asuransi itu. Kenapa demikian ? karena makin banyaknya nasabah akan memperlihatkan bagaimana tingkat pelayanan yang telah dilakukan si perusahaan. Hal ini dapat berarti bagaimana perhatiannya terhadap nasabah, kemudahan klaim dan tentu saja keamanan dana yang dipercayakan.
Reasuransi Perusahaan Asuransi
Reasuransi secara gampang bisa diartikan sebagai perusahaan asuransi-nya perusahaan asuransi. Artinya perusahaan asuransi dalam kegiatan operasionalnya; untuk mengurangi resiko yang juga bisa terjadi padanya, mengasuransikan juga risiko tersebut kepada perusahaan asuransi lainnya. Dan biasanya perusahaannya lebih besar. Jadi perhatikan hal ini, tanyakan apakah perusahaan asuransi yang akan Anda ambil memiliki perusahaan reasuransi. Ini penting bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap perusahaan asuransi pilihan Anda, ada perusahaan lain yaitu perusahaan reasuransi tadi yang menjamin kelangsungan baik itu hak anda atas proteksi maupun kewajiban pembayaran premi Anda. Ini juga pentingnya Anda harus mengenal pihak manajemen perusahaan agar bila terjadi sesuatu, informasinya tetap bisa Anda dapatkan.
Nah iitulah 4 topik untuk memilih penyedia atau perusahaan asuransi yang mesti diperhatikan untuk memilih penyedia atau perusahaan asuransi yang baik, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua. [am]