BLOGILICIOUS FUN MAKASSAR

Blogilicious Fun Makassar – Setelah Menghadiri Event ini, maka saya akan mengulasnya secara sederhana berikut ini. Sesuai Dengan Visi yang diusung oleh Event ini, Maka kita dapat menarik suatu kesimpulan bahwa Event Blogilicious Fun Makassar yang diselenggarakan oleh Idblognetwork.com ini bertujuan mengajak warga Indonesia menjadi blogger yang positif, dalam artian Blogger diharapkan menjadi pelopor atau ujung tombak pemberitaan dan pencitraan demi kemajuan demokrasi Indonesia yang pada akhirnya memberikan hasil positif bagi bangsa dan negara Indonesia, itulah Blogilicious Fun Makassar.
Blogilious Fun Makassar
Event ini digelar di 7 kota besar di Indonesia, antara lain di Surabaya, Makassar, Medan, Yogyakarta, Palembang, Bandung dan Jakarta. Khusus di Kota Anging Mammiri Makassar, Event ini diberi nama Blogilicious Fun Makassar. Sebuah acara funky dan sarat akan manfaat positif sudah digelar, tinggal kita yang mesti menerapkannya dalam aktifitas kita sebagau blogger yang ingin meraih sebutan Blogger yang berkualitas dan blogger yang berorientasi positif dan pada akhirnya kita akan menghasilkan (delicious).
Pemateri Blogilicious Fun Makassar
Blogilicious Fun Makassar (Kronologis Event)
Event ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Sabtu – Minggu, 21-22 Mei 2011, Bertempat di Gedung Pusat kegiatan dan Penelitian (PKP) Unhas Kota Makassar. Pesertanya  161 orang, yang terdiri dari Member Idblognetwork.com, Komunitas Blogger (Anging mamiri, Komunitas Blogger Maros dan Komunitas blogger Gorontalo), Mahasiswa, Pelajar SMA, Kalangan Profesional, Ibu Rumah tangga, dan masyarakat umum.
Acara dibuka dengan pertunjukan Tarian tradisional Bugis Makassar, yakni Tari Paduppa, yang merupakan tari-tarian untuk menyambut tamu kehormatan. Tari Paduppa ini diiringi dengan Musik tradisional yang syahdu.
Kemudian acara di buka oleh Direktur Marketing Idblognetwork.com Mubarika Darmayanti, di lanjutkan dengan materi pertama Tips Blogging yang dibawakan secara apik dan fun oleh Blogger Senior nasional Amril Taufik Gobel yang inti dari materinya adalah mengajarkan kepada peserta cara atau tips blogging yang efektif.
Materi kedua adalah Etika ngeblog yang dibawakan oleh Ajengkol. Materi Etika ngeblog membahas mengenai bagaimana cara seorang blogger menjadi blogger yang beretika,baik beretika kepada pengunjung blognya, kepada sesama blogger, pada masyarakat umum serta kepada peraturan yang berlaku dalam tata hukum repulblik Indonesia, agar blogger tidak terjerat kepada hukum yang berlaku. materi ini dibawakan secara lugas dan jelas oleh pemateri kepada peserta Blogilicious Fun Makassar.
Materi ketiga adalah Mobile Blogging yang dibawakan oleh Setyo Budianto, inti dari materi ini adalah mengajarkan bagaimana caranya nge-blog mobile, setelah mobile blogging, diselingi Ishoma, sesudah itu Berniaga.com mengisi waktu dengan menjelaskan apa itu berniaga.com.
Materi keempat adalah Social media yang dibawakan oleh Irayani Queencyputri yang membahas peran dan fungsi social media (facebook, twitter, my space, plurk, koprol dll), kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi deklariasi Blogger Asean chapter Indonesia yang dibawakan oleh Heru Imam Utomo.
Materi kelima adalah Blogpreneur yang dibawakan oleh Asri Tadda, Founder Asta media, disini intinya yang dibahas, adalah bagaimana cara berwira usaha di dunia digital marketing. Materi ini sekaligus menutup Acara Blogilicious Fun makassar hari pertma.
Pada hari kedua, materi pertama yang disajikan adalah Theme Blog yang dibawakan oleh Mustamar Natsir disini Mustamar menjelaskan tehnik memilih thema blog yang disukai oleh manusian dan mesin pencari.
Materi kedua (ini yang paling ditunggu-tunggu) dengan tema “Monetizing Blog” yang dibawakan oleh Founder Idblognetwork.com Kukuh T Wicaksono dan Mubarika Darmayanti, intinya Kedua Founder IBN ini (Sebutan akrab Idblognetwork.com), menjelaskan apa itu IBN, bagaimana caranya bergabung dan tips ngeblog yang positif dan menhghasilkan.
Materi ketiga adalah SEO (Search Engine Optimation) atau kalau di Indonesiakan Optimasi pada mesin telusur atau mesin pencari di google, yahoo, bing dan mesin pencari lainnya. Mas Gempur yang berprofesi Guru (seprofesi dengan Admin Blog ini   ) secara energik menjelaskan bagaimana agar tulisan atau artikel kita disukai oleh mesin telusur dan manusia, tentunya dengan cara legal yang direstui oleh mesin pencari tersebut.
Materi Keempat atau terakhir dibawakan oleh Putra Terren founder segelaskopi.com), Terren adalah memaparkan bagaimana mengamankan blog atau web kita agar aman dari serangan hacker. Pemateri terakhir ini adalah pemateri termuda.
Setelah Materi selesai dibahas, maka ada sesi pembagian Job review 4 buah (2 untuk member dan dua untuk bukan member), kemudian dilanjutkan dengan pengumuman semi Kontes SEO dengan kata Kunci Blogilicious Fun Makassar, yang diikuti baik member IBN maupun bukan IBN yang hadir pada event ini, dibuktikan dengan alamat email yang terdaftar. Dan hadian dari Semi Kontes SEO ini adalah Samsung Galaxi.
Sertifikat Blogilicious Fun Makassar
Blogilicious Fun Makassar (Manfaat)
Banyak sekali manfaat yang saya dapat di acara Blogilicious Fun Makassar ini, antara lain:
  • Teman bertambah (baik teman offline maupun teman online bertambah), terbukti banyak yang add saya di facebook dan twitter;
  • Bertemu langsung (Kopdar) dengan idola-idola didunia maya (Mas Kukuh, Mbak Rika, Daeng Amril, Mbak Ajengkol, Mas Setyo, Mas gempur, Mbak Ira, Mas Terren, dll);
  • Dan yang terpenting adalah mendapatkan ilmu blogging yang positif dan beretika  yang bisa langsung di aplikasikan.
Blogilicious Fun Makassar (Kesan-kesan)
Tiada acara atau event yang tak meninggalkan kesan, begitupun Blogilicious Fun Makassar, Kesan yang pertama yang saya sempat sebutkan diatas, adalah ketemu langsung dengan idola dunia maya, kedua adalah mengingat kembali sewaktu kuliah dulu, dan yang paling berkesan adalah dengan mengikuti event Blogilicious ini, so pasti “ilmu Bloggging” kita bertambah dan bisa diaplikasikan langsung pada aktifitas ngeblog kita.
Peserta Blogilicious Fun Makassar
Blogilicious Fun Makassar (Harapan)
Harapan kami adalah Semoga event ini dilaksanakan Rutin, minimal 1 kali setahun, agar nantinya generasi-genarasi blogger yang beraliran positif bisa bertambah tiap tahunnya.
Tempat pelaksanaan Blogilicious selanjutnya di gilir, misalnya untuk Chapter Celebes (Sulawesi) tahun depan bisa dialaksanakan lagi di Maros, Bone atau Palopo, atau kalo bisa bisa dilaksanakan di Kendari, Manado, Palu atau Gorontalo.
Demikian sedikit ulasan Sederhana saya Tentang Blogilicious Fun Makassar, Semoga Bermanfaat bagi Kita Semua.**
Blogilicious Fun Makassar
Rekaman Video Tarian Paduppa:


Rekaman Video Kuis Berhadiah Job Review: