Riwayat Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik
Riwayat Sunan Gresik – Sahabat Sekalian, Pada kesempatan ini, Kata Ilmu ingin share sedikit tentang riwayat Sunan Gresik. Sunan Gresik boleh dikatakan adalah penghulunya Walisanga. Sunan Gresik hanya merupakan gelaran beliau, nama sebenarnya beliau adalah Maulana Malik Ibrahim atau Makdum Ibrahim, sering disebut pula Maulana maghribi, dan juga orang menyebutnya dengan kakek bantal. Maulana Malik Ibrahim adalah orang pertama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa.  
Ia bersaudara dengan malik Ishak, ulama terkenal di Samudera Pasai, sekaligus ayah dari Sunan Giri atau Raden Paku. Dari beberapa sumber, ada yang menyebut beliau berasal dari Persia, ada juga sumber yang menyebutkan beliau berasal dari Gujarat India. Tetapi pendapat yang lebih kuat menyebutkan ia berasal dari Arab, tepatnya Maroko.
Maulana Malik Ibrahim pernah bermukim di Campa kamboja. Ia menikahi putri Campa dan dikarunia dua orang putera, yaitu raden Rahmat ( Sunan Ampel) dan Sayyid Ali Murthada alias Raden Santri. Merasa cukup menjalankan misi dakwahnya di negeri itu, pada tahun 1329 Masehi. Beliau pindah atau berhijrah ke pulau Jawa.
Daerah pertama yang dituju adalah Desa Sembalo (saat ini Desa Sembalo adalah daerah Leran, Kecamatan Manyar, 9 Km dari utara Gresik), daerah yang masih berada dibawah kekuasaan kerajaan Majapahit.
Meskipun sunan gresik bukan orang jawa, namanya terkenal dikalangan masyarakat jawa, sebab beliau menjadi pelopor penyebaran Islam di pulau jawa dengan psat kegiatannya di Gresik, dekat Surabaya. Dalam proses dakwahnya kepada masyarakat jawa, Sunan Gresik melakukan dengan penuh kehati-hatian, bijaksana dan mengadakan pendekatan personal kepada masyarakat Jawa yang dikenal kukuh dalam menganut budaya aslinya.
Kepercayaan sebelumnya yang dipegang masyarakat jawa tidak ditentang begitu saja. Sunan Gresik memperkenalkan budi pekerti yang diajarkan Islam dengan tutur kata yang sopan, lemah lembut (bandingkan dengan pendekatan FPI saat ini) sehingga banyak penduduk Jawa yang jatuh cinta dan kemudian tertarik untuk menerima Islamsebagai agamanya. Maulana malik Ibrahim wafat pada tanggal 12 Rabiul Awal 822 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 9 April 1419 masehi dan jasad beliau dimakamkan di Gresik.
Demikianlah artikel tentang Riwayat Sunan Gresik, semoga artikel sederhana ini menambah wawasan kesejarahan bagi kita semua. [ki]